11 Ciri-Ciri Hamil Muda dan 1 Minggu setelah Berhubungan

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 18 Februari 2020 15:05
11 Ciri-Ciri Hamil Muda dan 1 Minggu setelah Berhubungan
Nggak cuman ditandai dengan perut yang membesar, ada banyak ciri-ciri hamil yang mungkin menjadi pertanda awal.

Ciri ciri utama kehamilan yakni adanya ketiadaan menstruasi selama dua periode atau lebih, secara berturut-turut. Tapi, banyak wanita mengalami ciri-ciri hamil lainnya sebelum menyadari keterlambatan haid mereka.

Terlebih, nggak menstruasi nggak selalu berkaitan dnegan kehamilan. Adanya penyimpangn jadwal menstruasi ini umum banget terjadi dan punya berbaga penyebab, termasuk diantaranya konsumsi PIL KB< diabetes, atau kondisi sindrom ovarium polikistik, gangguan makan atau konsumsi obat-obatan tertentu.

Nah ciri-ciri hamil ini mungkiin dicari oleh kamu yang nggak yakin tentang hasil testpack, atau belum sempat ambil tes kehamilan. Yuk simak ulasan Diadona berikut!

1 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Orang Hamil

Ilustrasi Ibu Hamil © Diadona

Selain perut yang membesar dan semua perubahan fisik yang terlihat, apa saja ciri-ciri hamil yang erdapat pada seseorang?

Kram Perut Bagian Bawah

Ciri-ciri hamil muda bisa ditandai dengan kebaradan kram di perut bagian bawah. Kamu bisa saja mengira bahwa ini adalah tanda PMS, apalagi, kram perut bagian bawah sebagai ciri-ciri hamil ini kerap terasa pada 10-14 hari usia masa subur atau ovulasi.

Sering Buang Air Kecil

Ciri-ciri kehamilan bisa juga ditandai dari seringnya ke kamar mandi untuk buang air kecil? Mengapa? Ini merupakan akibat dari pembesaran rahim yang mulai menekan kandung kemih. Kandung kemih terasa cepat penuh sehingga akibatnya kamu jadi sering merasa kebelet pipis.

Perubahan Suasana Hati

Perubahan hormon selama kehamilan sering menyebabkan perubahan suasana hati yang tajam, atau disebut juga dengan mood swing. Ini dapat terjadi beberapa minggu setelah pembuahan dan bisa dijadikan informasi mengenai ciri-ciri hamil.

Mual dan Muntah

Mual dan muntah sudah jadi ciri-ciri hamil yang sangat umum.
Gejala ini dapat mulai dari 2 hingga 8 minggu setelah pembuahan dan dapat berlanjut sepanjang kehamilan. Ciri-ciri hamil ini sering disebut dengan " morning sickness," yang sebenarnya bisa terjadi kapan saja di siang hari.

2 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Hamil Muda

Ilustrasi Tes Kehamilan © Diadona

Hamil muda biasanya disebut untuk kondisi hamil di semeseter pertama, yakni tiga bulan awal. Di masa ini perubahan fisik belum terlalu terlihat. 

Kelelahan

Ciri-ciri hamil bisa juga didapat dari kelelahan yang berlebih. Ini karena di awal kehamilan tubuh memproduksi lebih banyak hormon yang disebut progesteron, yang membantu menjaga kehamilan dan mendorong pertumbuhan kelenjar penghasil susu di payudara.

Selain itu, selama kehamilan tubuh memompa lebih banyak darah untuk membawa nutrisi ke janin.

Sakit Kepala

Keberadaan sakit kepala yang mengganggu bisa jadi ciri-ciri hamil. Ini karena peningkatan hormon yang tiba-tiba dapat memicu sakit kepala di awal kehamilan.

Pendarahan

Kalau kamu mengalami pendarahan yang lebih ringan daripada menstruasi, barangkali itu merupakan ciri-ciri hamil. Satu studi menunjukkan sebanyak 25% wanita hamil mengalami sedikit pendarahan atau bercak yang warnanya lebih ringan daripada darah menstruasi normal.

Ini biasanya terjadi pada saat implantasi sel telur yang dibuahi (sekitar 6 hingga 12 hari setelah pembuahan) tetapi sering terjadi pada 12 minggu pertama kehamilan

3 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Orang Hamil 1 Minggu setelah Berhubungan

Ilustrasi Tes Kehamilan © Diadona

Apa yang terjadi pada kehamilan setelah satu minggu berhubungan? Oke, mungkin ulasan ini sebaiknya kita mulai dengan apa yang terjadi setelah pembuahan.

Jadi, selama pembuahan, sperma menembus sel telur dan membentuk zigot, satu set 46 kromosom - 23 dari pria dan 23 dari wanita. Kromosom inilah yang akan menentukan jenis kelamin bayi. Inilah awal dari janin.

Selama beberapa minggu pertama, zigot berjalan melalui tuba falopi menuju rahim. Pada putaran pertama pembelahan sel yang disebut pembelahan, bola sel, yang disebut morula, terbentuk. Sebuah rongga terbentuk di dalam morula, dan sekarang menjadi blastokista.

Blastokista ini terdiri dari dua bagian - yang nantinya menjadi plasenta dan embrio - dan akhirnya berakhir di rahim. Antara minggu pertama dan kedua konsepsi, blastokista menempel ke lapisan rahim, sehingga memulai tahap embrionik.

Setelah satu minggu berhubungan, belum tentu juga berarti menandai satu minggu pula terjadinya proses pembuahan. Mengapa? Karena bisa saja sperma dapat beristirahat dalam tubuh wanita selama beberapa hari setelah ejakulasi, menunggu sel telur.

Namun dilansir dari livescience.com, ada beberapa ciri-ciri hamil berumur satu minggu yang mungkin terjaid pada kamu. Apa saja?

Ilustrasi Ibu Hamil Nangis © Diadona

Peningkatan Suhu Basal

Selama minggu pertama kehamilan, suhu tubuh basal pagi meningkat. Nah kalau kamu memperhatikan ciri-ciri hamil yang satu ini, maka kamu diminta untuk menghubungi dokter untuk memastikan lebih lanjut.

Dalam waktu tersebut, ada juga ciri-ciri hamil berupa perubahan internal, seperti masalah pencernaan berupa adanya gas, sembelit dan mual. Kamu juga mungkin mengalami ciri-ciri hamil berupa kelelahan yang lebih daripada biasanya, dan suasana hati berubah dengan perubahan hormon.

Payudara atau Puting Membengkak

Ciri-ciri hamil bisa dilihat dari payudara atau puting yang membengkak tersebut, dan bisa dilihat sedini 1 sampai 2 minggu setelah terajidnya pembuahan. Perubahan hormon dapat membuat payudara terasa sakit atau bahkan terasa geli. Payudara terasa lebih penuh atau lebih berat juga

 

4 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Fisik Wanita Hamil

ilustrasi ibu hamil © Diadona

Tubuh wanita mengalami transformsi yang luar biasa ketika hamil. Terlihat dari beberapa perubahan fisik, seperti perut yang membesar dan penambahan berat badan, sementara yang lain diketahui, seperti rahim yang membesar, mual di pagi hari dan sakit punggung. Namun ada banyak pula perubahan fisik lainnya yang menjadi ciri-ciri hamil.

Gusi Berdarah

Gusi berdarah bisa menjadi penambah ciri-ciri hamil dan merupakan keluhan kehamilan yang umum. Ini karena wanita lebih rentan terhadap infeksi selama kehamilan karena sistem kekebalan tubuh menurun.

Rambut dan Kuku

Ciri-ciri hamil lainnya bsia dilihat dari rmabut dan kuku yang lebih panjang dan lebat, karena keberadaan estrogen akan meningkatkan panjang fase pertumbuhan folikel rambut. Nggak cumn rambut di kepala, ciri-ciri hamil lainnya juga ditunjukkan dengan pertumbuhan rambut di tubuhnya - kadang-kadang di tempat yang tidak diinginkan, seperti bibir atas, perut, punggung dan puting

Beri Komentar