16 Manfaat Chia Seed untuk Bayi, Diet, Ibu Hamil, dan Kulit

Reporter : Sofi
Senin, 10 Februari 2020 11:35
16 Manfaat Chia Seed untuk Bayi, Diet, Ibu Hamil, dan Kulit
Apakah kamu penikmat smoothies bowl yang sedang tren itu? Sudah tau manfaat yang ada di dalamnya? Berikut manfaat chia seed yang harus kamu ketahui.

Chia seed berasal dari tanaman Salvia hispanica yang berasal dari Meksiko dan Guatamela. Chia seed merupakan makanan asli suku Indian Aztec dan Maya. Chia memiliki makna kekuatan dalam bahasa Maya. Chia seed berbeda dengan biji selasih atau basil seed. Sekilas keduanya memang mirip karena besar bijinya hampir sama. Namun basil selasih memiliki warna hitam kelam, sementara chia seed memiliki warna yang lebih bervariasi. Chia seed dikenal memiliki banyak sekali manfaat.

Hal ini dikarenakan di dalam chia seed diketahui kaya akan kandungan serat, asam lemak omega 3, protein, dan beberapa mineral serta antioksidan yang penting. Dilansir dari berbagai sumber, berikut mafnaat chia seed yang mengesankan.

1 dari 4 halaman

Manfaat Chia Seed untuk Bayi

Karena kandungan chia seed yang baik untuk tubuh, manfaat chia seed ini juga bisa untuk bayi juga. Dengan menaruh chia seed pada makanan bayi dan mengonsumsinya, maka bayi akan mendapat nutrisi yang terkandung dalam chia. Berikut manfaat chia seed untuk bayi.

Ilustrasi Bayi TertawaIlustrasi Bayi Tertawa © unsplash.com / The Honest Company

Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat chia seed untuk bayi yang pertama adalah kaya akan antioksidan, yang membantu tubuh untuk melawan penyakit seperti kanker dan mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Baik untuk jantung

Manfaat chia seed untuk bayi selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan jantungnya. Hal ini dikarenakan adanya kandungan asam lemak omega3 yang berperan penting untuk jantung. Lemak omega3 ini mampu menurunkan kolesterol dan memungkinkan kinerja arteri.

Baik untuk tulang dan gigi

Manfaat chia seed untuk bayi dapat menjaga kesehatan gigi dan tulang. Hal ini dikarenakan chia seed memiliki banyak kalisum daripada produk susu. Selain itu, manfaat chia seed juga terdapat kandungan protein, fosfor, magnesium, dan mangan yang sangat penting untuk kesehatan gigi dan tulang.

2 dari 4 halaman

Manfaat Chia Seed untuk Diet

Chia seed ini juga bisa ditambahkan pada menu dietmu. Banyak menu diet yang menambahkan chia seed ini, salah satunya adalah smoothies bowl yang biaanya dimakan bersama buah-buahan lainnya. Berikut manfaat chia seed untuk diet.

ilustrasi dietilustrasi diet © rawpixel.com

Antioksidan

Dengan banyaknya nutrisi yang ada di dalam chia seed, biji-bijian ini juga tinggi antioksidan yang membantu melawan radikal bebas. Beberapa studi menemukan kandungan antioksidan chia seed seperti quercetin, kaempferol dan asam klorogenik ternyata bersifat antiaging dan antikanker yang mampu mencegah kerusakan organ dan sel tubuh.

Lemak sehat

Chia seed juga mengandung asam lemak omega 3 yang menjaga jantung sehat, kulit glowing, fungsi otak sehat dan menjaga imun tubuh terhadap penyakit. Satu sendok teh chia seed saja sudah mampu memenuhi kebutuhan asam lemak omega 3 harian.

Serat

Meski kecil, namun chia seed mengandung serat tinggi (larut dan tidak larut) sehingga bisa menjaga sistem pencernaan dengan baik. Memenuhi kebutuhan serat tubuh juga bisa menurunkan gula darah, risiko kanker usus, perut, penyakit jantung dan diabetes.

Protein

Biji-biji kecil mirip selasih ini ternyata protein tinggi, dan merupakan makanan super karena chia seed mengandung tujuh jenis asam amino berbeda yang bisa memenuhi kebutuhan tubuh. Asam amino sendiri dibutuhkan tubuh untuk diubah menjadi energi, membangun otot, jaringan tubuh dan dibutuhkan di banyak metabolisme tubuh.

3 dari 4 halaman

Manfaat Chia Seed untuk Ibu Hamil

Manfaat chia seed ini juga bagus untuk ibu hamil jika dikonsumsi secara benar dan tidak berlebihan. Apa saja manfaat chia seed untuk ibu hamil? Berikut manfaat chia seed tersebut.

Ilustrasi Ibu HamilIlustrasi Ibu Hamil © 2020 https://rawpixel.com/

Menjaga gula darah selama hamil

Selama hamil, wanita akan cenderung mengalami penumpukan gula darah di dalam tubuhnya. Penumpukan gula darah ini bisa memicu seorang wanita mengalami diabetes gestasional. Diabetes jenis ini sangat berbahaya untuk wanita hamil dan janin yang sedang dikandungnya.

Cara terbaik untuk mencegah kondisi diabetes gestasional adalah dengan mencegah makanan yang masuk ke dalam tubuh. Mengonsumsi chia seed juga salah satu yang bisa dilakukan. Konsumsi setiap hari, campurkan pada jus atau makanan. Oleh karena itu manfaat chia seed untuk ibu hamil adalah menjaga gula darah selama hamil.

Sumber omega 3 selain ikan

Salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh bayi adalah omega 3. Nutrisi itu baik untuk pertumbuhan otak. Selama ini ibu hamil banyak mendapatkan omega 3 dari ikan laut berlemak seperti salmon atau tuna. Namun, kamu juga bisa mendapatkannya dari sumber yang lebih murah seperti chia seeds.

Penuhi kebutuhan omega 3 dengan menggunakan manfaat chia seed dengan mengonsumsinya secara rutin. Imbangi dengan nutrisi yang diberikan dengan dokter kandungan dan sumber omega 3 lainnya agar penyerapan nutrisi bisa maksimal dan janin bisa mendapatkan manfaatnya.

Membuat kenyang lebih lama

Kandungan serat yang dimiliki oleh chia seeds akan membuat wanita hamil tidak mudah lepas. Selama ini wanita hamil memiliki nafsu makan yang cenderung lebih besar. Namun, makan terlalu banyak juga berpotensi sebabkan gangguan pada tubuh seperti obesitas yang berlebihan dan memicu masalah pada janin. Manfaat chia seed ini bisa membuat ibu hamil kenyang lebih lama.

Meningkatkan kekuatan gigi dan tulang janin

Di dalam chia seeds juga terdapat kalsium dalam jumlah yang banyak. Kalsium ini akan membantu ibu hamil dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi. Tidak hanya untuk diri sendiri, tapi juga janin yang sedang dikandung. Jadi, konsumsi chia seeds dalam jumlah yang cukup setiap harinya agar perkembangan janin berjalan lancar.

Meningkatkan produksi sel darah merah

Wanita yang sedang hamil akan rentan mengalami anemia. Apalagi kebutuhan darah juga meningkatkan karena ada janin yang sedang dikandung. Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengonsumsi makanan dengan kandungan zat besi tinggi. Selain itu, ibu hamil juga bisa mengonsumsi chia seeds.

Kalau jumlah darah merah di dalam tubuh meningkat, peredaran sari makanan bisa berjalan dengan lancar. Selain itu ibu hamil juga tidak akan mengalami masalah dengan badan yang sering sekali lemas dan sulit melakukan berbagai jenis aktivitas.

Melancarkan buang air besar

Salah satu masalah yang paling sering dialami oleh wanita hamil adalah sembelit. Tekanan di perut yang cukup besar menyebabkan pencernaan mengalami gangguan. Jika ibu hamil kerap mengalami masalah buang air besar selama hamil, ada baiknya untuk mengonsumsi makanan yang berserat.

Salah satu makanan yang berserat itu adalah chia seeds. Ibu hamil bisa menggunakan manfaat chia seed dengan jumlah yang tepat. Jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit. Pastikan chia seed tidak dalam kondisi segar atau kalau bisa disangrai sebentar saja.

4 dari 4 halaman

Manfaat Chia Seed untuk Kulit

Selain untuk kesehatan tubuh, manfaat chia seed juga bagus untuk kulit. Berikut manfaat chia seed untuk kulit yang harus kamu ketahui.

Ilustrasi Wanita CantikIlustrasi Wanita Cantik © 2019 https://www.diadona.id

Mencegah tanda-tanda penuaan kulit

Menurut studi, biji chia mengandung 30% lebih banyak antioksidan dibandingkan blueberry, yang terbukti sangat baik untuk kulit. Menggunakan manfaat chia seed dapat membantu menghilangkan garis-garis halus dan kerutan pada kulit dengan mudah. Selain itu, manfaat chia seed juga dapat menghilangkan flek hitam.

Membuat kulit tampak bercahaya

Biji Chia adalah salah satu bahan terbaik yang dapat membantu untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya. Minyak biji chia dapat juga digunakan sebagai pengganti serum yang berbahan dasar kimia. Untuk mendapatkan kulit sehat dan bercahaya, coba oleskan minyak biji chia pada wajah. Ambil beberapa tetes minyak biji chia dan pijat wajah secara perlahan. Biarkan semalaman dan cuci dengan air bersih di pagi hari.

Membantu mencegah jerawat

Biji chia mengandung sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat membantu mencegah timbulnya jerawat. Ambil beberapa sendok biji chia dan campurkan dengan yogurt ke dalam blender, lalu haluskan. Kamu dapat menggunakan bahan alami ini sebagai masker dalam dua kali sehari untuk menyingkirkan jerawat dan sel kulit mati. Manfaat chia seed juga mampu membuat kulit wajah tetap lembap.

Bagaimana menurutmu tentang manfaat chia seed di atas? Apakah kamu semakin yakin untuk menambahkan chia seed ini pada menu sehari-harimu? Semoga bermanfaat!

Beri Komentar