15 Penyebab Sering Sakit Kepala Sebelah, Mual, dan Mengantuk

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 13 Agustus 2020 20:13
15 Penyebab Sering Sakit Kepala Sebelah, Mual, dan Mengantuk
Penyebab sering sakit kepala kadang dimulai dari hal-hal super sederhana, misalnya nih karena kamu kurang minum hari ini.

Penyebab sering sakit kepala bisa beragam, mulai dari gejala sakit ringan yang hilang dengan sendirinya atau justru sebagai tanda kondisi medis yang serius.

Sebenarnya nih penyebab sering sakit kepala dikategorikan berdasarkan pada kondisi kesehatan yang mendasarinya. Apakah sakit kepala itu merupakan suatu gejala penyakit atau memang terjadi sesuatu yang melibatkan struktur kepala atau leher.

Dikutip dari berbagai sumber, barangkali penyebab sering sakit kepala yang kamu rasakan ada pada salah satu diantara berikut ini:

1 dari 4 halaman

Penyebab Sering Sakit Kepala dan Mual

Penyebab Sering Sakit Kepala © Diadona

Sebenarnya sakit kepala dan mual adalah gejala yang sangat umum dengan tingkat yang ringan hingga parah. Keduanya kadang terjadi secara bersamaan. Penyebab sering sakit kepala dan mual ini biasanya muncul karena:

Migrain

Dikutip dari Medical News Today, migrain adalah penyebab sering sakit kepala dan mual yang paling umum. Migrain ini kerasa kayak sakit kepala sedang atau parah dengan nyeri berdenyut pada satu sisi kepala. Selama igrain, seseorang juga mungkin mengalami :

  • Mual
  • Muntah
  • Peka terhadap cahaya

Gula Darah Rendah

Ini karena glukosa memberikan energi pada tubuh dengan masuk ke aliran darah. Lalu tubuh bakalan mempertahankan tingkat gula yang tepat dengan memecah glukosa dengan insulin.

Nah, fluktuasi kadar gula dalam darah ini bisa mempengaruhi organ lain, termasuk jadi penyebab sering sakit kepala. Ini juga terkait dengan hormon yang diaktifkan oleh gula darah tersebut.

Dehidrasi

Salah satu penyebab sering sakit kepala bisa jadi karena dehidrasi. Mengapa ini bisa terjadi sih masih belum banyak penelitian yang mempelajari. Meski begitu, sebuah penelitian terhadap 10 orang menyatakan kalau satu diantara mereka pernah mengalami sakit kepala hanya karena kurang minum.

Flu

Gejala flu biasanya muncul sebagai penyeba sakit kepala dan mual. Meskipun begitu, nggak semuanya mengalami sakit kepala kok. Tapi bila itu terjadi, biasanya muncul dengan bentuk sensitif terhadap cahaya, suara, atau bau.

Kalau sakit kepala adalah satu-satunya gejala flu atau tetap berlanjut setelah gejala lain hilang, kemungkinan besar itu bukan flu melainkan jenis sakit kepala lain.

Sakit kepala yang muncul disertai mual ini bisa saja merupakan gejala migrain. Ini biasanya ditandai dengan gangguan visual ataupun sensorik.

2 dari 4 halaman

Apa Penyebab Sering Sakit Kepala

Penyebab Sering Sakit Kepala © Diadona

Ada sebutan medis apabila suatu sakit kepala sering muncul, yaitu sakit kepala cluster. Intensitasnya berlangsung antara 15 menit sampai 3 jam, dan bisa terjadi dpada satu sampai delapan kali sehari.

Sakit kepala ini bisa muncul sering selama 4 sampai 12 minggu lalu menghilang. Mereka cenderung terjadi pada waktu yang hampir sama setiap hari.

Gejalanya bsia berupa:

  • Nyeri singkat tapi parahNyeri di satu mata
  • Mata merah
  • Hidung meler
  • Pupil kecil di satu mata
  • Wajah berkeringat

Melansir Web MD, ada beberapa kemungkinan penyebab sering sakit kepala ini, diantaranya

Stres

Stres memicu otak untuk melepaskan senyawa kimia yang mempengaruhi sirkulasi darah di dalam otak, menjaid penyebab sering sakit kepala. Saat stres melanda, biasanya sakit kepala yang muncul berupa sakit kepala tegang dibarengi dengan rasa kaku di leher.

Kafein

Bila jumlahnya sedikit, kafein tuh sebenarnya bagus lho untuk menekan sakit kepala. Tapi kalau kamu terbiasa mengkonsumsinya dalam jumlah banyak, kepala kamu jadi pusing ketika satu hari saja kamu nggak mencapai jumlah yang biasa kamu minum.

Menurut penelitian dari Universitas Johns Hopskin, sakit kepala adalah gejala penarikan kafein yang umum. Buat menghindari biar kamu nggak ketergantungan, bisa dimulai dengan mengurangi jumlah konsumsinya secara bertahap.

Monosodium Glutamat

Yup, ini adalah MSG yang sering disebut sebagai penyebab kebodohan. Padahal lebih tepatnya, MSG adalah penyebab sering sakit kepala pada sebagian orang yang sensitif.

Asap Rokok

Merokok atau menghirup asap rokok adalah penyebab sering sakit kepala. Ini karena nikotin adalah zat yang vasoaktif, yakni bisa mengubah ukuran pembuluh darah di otak, menyebabkan sakit kepala. Asap rokok juga dapat memicu sakit kepala dengan mengiritasi hidung dan tenggorokan atau menyebabkan reaksi alergi.

 

Alkohol

Dikutip dari Everyday Health, semua jenis alkohol bisa menyebabkan pembengkakan pembuluh darah di otak. Dan ya, ini adalah penyebab sering sakit kepala. Misalnya nih, anggur merah yang mengandung tyramine, histamine, dan sulfites yang merupakan zat pemicu sakit kepala.

Perubahan Cuaca

Perubahan cuaca ternyata bisa memicu terjadinya sakit kepala lho. Penelitian membuktikan membuktikan kalau perubahan tekanan yang tiba-tiba akan mempengaruhi alirah darah ke otak.

3 dari 4 halaman

Penyebab Sering Sakit Kepala Sebelah

Penyebab Sakit Kepala Sebelah © Diadona

Sakit kepala sebelah dikenal dengan migrain dengan penyebab yang masih belum diketahui. Meski begitu, ada teori yang menyatakan faktor genetika dan lingkungan berperan sebagai pemicu seringnya penyakit ini kambuh.

Penyebab sering sakit kepala sebelah kemungkinan juga terjadi karena perubahan pada batang otak dan interaksinya dengan saraf trigeminal, jalur nyeri utama. Selain itu ada juga kemungkinan karena ketidakseimbangan bahan kimia di otak, termasuk serotonin, zat yang memabntu engatur rasa sakit dalam sistem saraf.

Beberapa hal yang berkontribusi pada kemunculan migrain, antara lain:

Perubahan Hormon pada Wanita

Fluktuasi estrogen, seperti sebelum atau selama periode menstruasi, kehamilan dan menopause, tampaknya jadi penyebab sering sakit kepala pada wanita.

Ransangan Sensorik

Cahaya terang dan sinar matahari dapat menyebabkan migrain, begitu pula suara keras. Bau yang menyengat - termasuk parfum, pengencer cat, perokok pasif dan lain-lain - memicu migrain pada sebagian orang.

Makanan

Makanan yang asin bisa memicu migrain lho. Selain itu juga mungkin karena kamu sedang berpuasa atau telat makan.

4 dari 4 halaman

Penyebab Sering Ngantuk dan Sakit Kepala

Penyebab Sering Sakit Kepala © Diadona

Penyebab sering sakit kepala dan disertai mengantuk bisa terjadi ketika kamu kurang tidur.

Kurang Tidur

Ada hubungan yang erat antara sakit kepala dengan kurang tidur. Tapi belum diketahui dengan jelas apakah sakit kepaa bikin tidur jadi terganggu atau sakit kepala adalah akibat dari pola tidur yang nggak teratur. Namun umumnya, kurang tidur merupakan penyebab sering sakit kepala dan migrain pada sebagian orang.

Gangguan Tidur

Nggak cukup tidur atau justru terlalu banyak tidur bisa jadi penyebab sering sakit kepala juga lho. Selain itu, gangguan tidur juga bikin kamu sering kena sakit kepala. Ini karena terjadinya kesulitan nafas saat tidur dan penurunan aliran oksigen ke otak.

Penyebab sakit kepala bisa saja merupakan suatu hal yang serius dan perlu bantuan medis segera bila kondisinya sudah berupa:

  • Parah dan mengganggu
  • Terjadi secara teratur
  • Nggak membaik walaupun sudah diobati
  • Terjadi disertai dengan gejala lain seperti demam, perubahan sensorik, atau kaku pada leher

Penyebab sering sakit kepala yang udah diketahui bisa dijadikan informasi penting untuk langkah pengobatan sakit kepala ini. Biar atasi masalah dari sumbernyakan?

Beri Komentar