14 Penyebab Sering Sariawan di Lidah dan Mulut, Karena Kurang Vitamin C?

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 1 September 2020 14:25
14 Penyebab Sering Sariawan di Lidah dan Mulut, Karena Kurang Vitamin C?
Ada beragam penyebab sering sariawan. Tapi, bahaya nggak ya?

Salah satu klaim yang sering beredar di masyarakat bahwa penyebab sering sariawan karena kekurangan vitamin C. Hayo, bener apa nggak tuh?

Sariawan adalah sejenis bisul kecil yang dangkal, yang muncul di lapisan mulut. Sariawan ini emang sakit dan perih banget sampe bikin penderitanya susah buat makan atau ngomong.

Sebagian besar sariawan hilang dengan sendirinya selama satu atau dua minggu. Tapi kalau bentuknya besar banget, nggak segera hilang, seperti kamu harus segera ke dokter deh.

Nah biar nggak etrjaid lagi sariawan yang bikin sebel itu, simak dulu yuk apa aja penyebab sering sariawan dari ulasan Diadona berikut

1 dari 3 halaman

Apa Penyebab Sering Sariawan?

Penyebab Sering Sariawan © Diadona

Secara umum nih, setiap orang kemungkinan bisa terkena sariawan tiga sampai empat kali setahun, dan bertahan kurnag lebih selama seminggu. Bila kemunculannya lebih sering dari itu, kemungkinan ada penyebab lain yang menyertainya.

Secara umum, penyebab sering sariawan secara pasti belum diketahui. Meskipun para peneliti udah menduga nih adanya kombinasi berbagai faktor, bahkan kalau misalnya sariawan itu terjadi pada orang yang sama.

Dikutip dari Mayo Clinic, kemungkinan penyebab sering sariawan antara lain:

Cedera Ringan di Mulut

Ini bisa terjadi saat proses perawatan gigi, menggosok gigi secara berlebihan, atau saat kamu nggak sengaja menggigit lapisan pipi bagian dalam. Kamu pernah mengalami salah satunya, kan?

Sodium Lauryl Sulfate

Bahan ini terkandung pada pasta gigi dan obat kumur

Stres

Masih belum jelas gimana stres bisa jadi penyebab sering sariawan. Namun, dikutip dari Kids Health, sebuah penelitian pada sekelompok mahasiswa menunjukkan kalau mereka lebih sering mengalami sariawan selama waktu-waktu yang menegangkan, misalnya saat mau ujian.

Kepekaan Terhadap Makanan

Misalnya pada cokelat, kopi, strawberry, telur, kacang-kacangan, keju, makanan pedas atau asam

Kekurangan Vitamin B-12

Sebagian besar masalah kulit dan lapisan luar tubuh manusia terjadi karena kekurangan vitamin. Ini jugalah yang jadi penyebab sering sariawan.

Penyebab Sering Sariawan © Diadona

Kekurangan Nutrisi

Sudah dibuktikan dalam berbagai penelitian kalau penyebab sering sariwan, atau yang membuatnya lebih parah, adalah kekurangan asam folat, seng, atau zat besi dalam tubuh manusia.

Kekurangan kalsium juga bisa memunculkan sariawan, meski lebih cenderung memperparah sariawan yang sudah ada.

Buah dan Sayur

Lho, bukannya kedua bahan pangan ini baik untuk tubuh? Dikutip dari Dentistry iQ, ternyata nggak selalu demikian lho.

Meskipun belum akurat, tapi buah-buahan seperti jeruk, lemon atau nanas dapat jadi penyebab sering sariawan. Tapi in hanya terjadi ketika ada tekanan pada jaringan dan permukaan di dalam mulut yang bereaksi dengan sifat asam buah-buahan.

Sistem Kekebalan Buruk

Orang yang punya sistem kekebalan tubuh yang buruk lebih rentan terkena sariawan.  Tapi, belum jelas sih gimana kekebalan ini jadi penyebab sering sariawan. tapi fakta kalau sistem kekebalan nggak bisa mencegah atau menyembuhkannya dengan cepat, cukup dianggap sebagai faktor penyebab.

Helicobakteri Pylori

Adalah bakteri yang sama yang jadi penyebab tukak lambung. Studi terbaru menunjukkan bahwa pengobatan infeksi Helicobacter pylori dapat memperbaiki gejala atau sepenuhnya menghentikan sariawan berulang pada beberapa orang.

Radang Usus

Penyakit radang usus seperti penyakit Crohn dan kolitis ulserativa mungkin juga bisa dikatakan sebagai penyebab sariawan. Karena dalam kasus ini, gimana sariawan berkembang menandakan perkembangan penyakit usus.

Perubahan Hormon

Ternyata ada lho hubungan antara perubahan hormon pada wanita saat menstruasi dengan kesehatan mulut. Hormon tidak hanya memengaruhi suplai darah ke jaringan gusi, tetapi juga memengaruhi cara tubuh merespons racun yang dihasilkan dari penumpukan plak.

Nah, karena perubahan hormonal inilah, wanita jadi punya risiko lebih tinggi terkena penyakit peridontal , selain masalah kesehatan mulut lainnya.

Sistem Kekebalan Tubuh

Bukan cuman sistem kekebalan tubuh yang lemah, namun bisa juga karena sistem kekebalan tubuh yang salah mengidentifikasi sel-sel sehat di mulut sebagai patogen, misalnya virus atau bakteri.

HIV/AIDS

Gimana HIV dan AIDS bisa jadi penyebab sering sariawan ini berkaitan dengan sisitem kekebalan tubuh yang lemah.

Memakai Kawat Behel

Sentuhan antara kawat gigi yang tajam dan bagian dalam mulut kamu bis amenimbulkan luka yang mengarah ke sariawan lho.

2 dari 3 halaman

Penyebab Sering Sariawan di Lidah

Penyebab Sering Sariawan © Diadona

Nggak cuman di bagian dalam pipi, sariawan pun juga bisa muncul di lidah atau bagian bawahnya, bibir, dasar gusi, atau langit-langit lunak. Kamu mungkin bakalan ngerasain seperti sensasi kesemutan atau terbakar satu atau dua hari sebelum luka benar-benar muncul.

Ada beberapa jenis sariawan, yakni sariawan minor, mayor dan herpetiform.

Sariawan Ringan

Ini adalah jenis sariawan yang paling

  • Berukuran kecil
  • Berbentuk lonjong dengan tepi berwarna merah
  • Bisa sembuh dalam satu sampai dua minggu

Sariawan Mayor

  • Sariawan ini lebih jarang terjadi, dan
  • Lebih besar dan dalam ketimbang sariawan ringan
  • Biasanya berbentuk bulan dengan batas yang ditentukan, mungkin punya tepi nggak beraturan kalau berukuran sangat besar
  • Rasanya bisa sakit bangetMembutuhkan waktu sampai enam minggu untuk sembuh

Sariawan Herpetiform

Ini adalah jenis sariawan yang jarang terjadi dan biasanya berkembang di kemudian hari,

  • Seringkali terjadi dalam kelompok beberapa luka, tapi bisa bergabung menjadi satu ulkus besar
  • Punya tepi yang nggak beraturam
  • Sembuh tanpa bekas luka dalam satu sampai dua minggu

3 dari 3 halaman

Penyebab Sering Sariawan di Mulut

Penyebab Sariawan © Diadona

Untuk pencegahan penyebab sering sariawan di mulut, kamu bisa menerapkan beberapa langkah berikut:

Perhatikan Apa yang Kamu Makanan

Coba deh untuk menghindari makanan yang mengiritasi mulut, misalnya buah-buahan asam, rempah tertentu, atau makanan lainnnya.

Pilih Makanan Sehat

Untuk membantu mencegah kekurangan nutris yang bisa jadi penyebab sering sariawan, usahaan untuk banyak makan buah dan sayur ya!

Menjaga Kebersihan Mulut

Menyikat gigi secara teratur setelah makan berfungsi banget untuk menjaga kebersihan mulut. Gunakan juga sikat yang lembut untuk membantu mencegah iritasi pada jaringan di mulut atau lidah.

Lindungi Mulut

Kalau kamu memakai kawat behel,coba konsultasikan ke dokter perawatan apa yang bisa mengurangi atau menutup ujung kawat yang tajam

Kurangi Stres

Kalau penyebab sering sariawan kamu sepertinya berkaitan dengan stres, coba deh pelajari dan gunakan teknik untuk mengurangi stres ini.

Beri Komentar