14 Penyebab Sering Kencing pada Wanita dan Pria dan Cara Mengatasinya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 10 Agustus 2020 23:12
14 Penyebab Sering Kencing pada Wanita dan Pria dan Cara Mengatasinya
Katanya sih penyebab sering kencing karena kira terlalu banyak lompat-lompat. Bener apa enggak hayo?

Setiap orang memang punya jadwal buang air kecilnya sendiri. Normalnya sih, buang air kecil biasanya terjadi sebanyak enam sampai delapan kali selama 24 jam. Tapi kalau lebih dari itu, mungkin ada penyebab sering kencing yang menandakan ada masalah kesehatan.

Sering buang air kecil bisa jadi gejala dari berbagai masalah, mulai dari penyakit ginjal sampai terlalu banyak minum. Kalau disertai dengan demam, nyeri dan rasa nggak nyaman di perut, mungkin saja penyebab sering kencing itu terjadi karena ada infeksi di kandung kemih.

Untuk lebih jelas lagi mengenai apa saja ya penyebab sering kencing, simak ulasan Diadona yang telah dihimpun dari berbagai sumber berikut:

1 dari 4 halaman

Penyebab Sering Kencing pada Wanita

Penyebab Sering Kencing © Diadona

Kebiasaan, kondisi medis atau kondisi lingkungan tertentu bisa jadi penyebab sering kencing pada wanita. Dikutip dari Health Partners, berikut diantaranya:

Terlalu Banyak Cairan

Kalau kamu terus menerus minum, maka tubuh bakalan membuang apa yang nggak digunakannya. Secara alami, akan jadi penyebab sering kencing.

Kebutuhan hidrasi tergantung pada tingkat aktivitas dan lingkungan, jadi kalau kamu merasa tiba-tiba sering kencing nih padahal kayaknya nggak terlalu banyak minum, mungkin tubuh sedang nggak membutuhkan cairan terlalu banyak.

Konsumsi Alkohol, Kafein, dan Diuretik Lainnya

Diuretik adalah bahan makanan yang jadi penyebab sering kencing. Kamu mungkin tahu diuretik yang umum, seperti alkohol atau kafein. Selain itu penyebab sering kencing juga bisa berupa pemanis buatan, atau oat-obatan uang biasanya digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi atau penumpukan cairan di ginjal.

Infeksi Saluran Kemih

Kebanyakan para wanita tuh pernah terkena infeksi saluran kemih beberapa kali dalam hidup mereka. Selain jadi penyebab sering kencing, ISK juga memunculkan gejala rasa panas saat buang air kecil, warna urin berubah dan mungkin ada perasaan nggak nyaman di punggung atau di sekitar panggul.

Vaginitis

Yakni keberadaan infeksi yang membaut vagina atau vulva jadi meradang dan nyeri. Gejal absia beruba rasa sakit dan nggak nyaman, trus rasa terbakar dan gatal saat kencing. Ini juga jadi penyebab sering kencing.

Kandung Kemih Terlalu Aktif

Persis seperti namanya, kondisi ini terjaid ketika kandung kemih lebih sering mengosongkan urin ketimbang biasanya. Dan tentu saja ini jadi penyebab sering kencing.

Ada berbagai alasan mengapa ini bisa terjadi meski banyak juga yang muncul tanpa disertai dengan penyebab sebelumnya.

Sistitis Interstisial (IC)

Sistitis interstisial ini terjadi ketika otot di dalam dan sekitar kandung kemih mengalami iritasi. Penyebab pastinya masih belum diketahui, tetapi memang lebih sering terjadi pada wanita ketimbang pada pria.

Gejalanya bsia hilang dan muncul dengan intensitas yang bervariasi dari orang ke orang, tetapi keluhan yang paling umumnya sih pada sering buang air kecil.

Batu Kandung Kemih

Mirip dengan batu ginjal, batu kandung kemih muncul ketika mineral alami dalam urin bergabung bersama membentuk suatu gumpalan yang kecil dan keras. Selain jadi penyebab sering kencing, penyakit ini juga menimbilkan rasa panas saat sedang buang air, bersamaan dengan rasa nggak nyaman terjadi di daerah perut.

Hamil

Ini sih penyebab sering kencing yang kayaknya udah banyak diketahui orang ya. Rahim yang membesar bakalan memberi tekanan pada kandung kemih, yang akhirnya membuat kandung kemih jadi harus sering kosong.

Dan tentu aja ini bakalan kembali normal kok beberapa mingu setelah bayi lahir.

Stress

Stres dan cemas ternyata juga mungkin lho jadi penyebab sering kencing. Ini muncul sebagai respon terhadap perasaan khawatir atau gugup. Nggak diketahui kenapa ini bisa terjadi, tapi mungkin melibatkan pertarungan alami tubuh atau reaksi lari dari stres.

Penurunan Estrogen

Estrogen nggak cuman berperan sebagai hormon seks, tapi juga bertindak menopang sis kandung kemih. Makanya, ketika estrogen rendah, misalnya nih saat menopause, maka ini akan jadi penyebab sering kencing pada wanit karena kandung kemih merasa tertekan.

Melemahnya Otot Dasar Panggul

Otot dasar panggul menahan banyak organ di sistem kemih termasuk kandung kemih. Kalau otot ini melemah maka organ bisa keluar dari tempatnya semula. Sudah pasti ini juga jadi penyebab sering kencing.

Pelemahan ini biasanya muncul setelah melahirkan pervaginam, atau penuaan. Tapi sering kali sulit sih mengetahui mengapa otot dasar panggul jadi melemah.

Diabetes

Penyeba sering kencing juga bisa karena menderita penyakit diabets 1 atau diabetes 2. Karena pada kondisi diabetes, tubuh nggak bisa mengatur kadar gula dalam darah dnegan baik. Akibatnya, sering kali ada kelebihan gula dalam sistem tubuh yang sering coba disingkirkan oleh tubuh.

2 dari 4 halaman

Penyebab Sering Kencing pada Pria

Sering kencing atau nyeri saat sedang kencing biasanya terjadi pada pria lanjut usia. Masalahnya berkisar pada infeksi saluran kemih, batu gonjal, dan masalah prostat. Dan kalau sudah disertai denga nyeri, pengobatan medis adalah salah satunya cara.

Berikut penyebab sering kencing lainnya:

Stroke

Kerusakan saraf yang mensuplai kandung kemih dapat menyebabkan masalah pada fungsi kandung kemih, termasuk sering dan tiba-tiba ingin buang air kecil.

Masalah Prostat

Prostat yang membesar bisa menekan uretra, yakni tabung yang membawa urin keluar tubuh. Ini juga mungkin bakalan menghalangi aliran urin.

Akibtanya, dinding kandung kemih jadi mudah tersenggol. Kandung kemih jadi gampang berkontraksi walaupun berisi sedikit urin. Ini lah yang nantinya jadi penyebab sering kencing.

3 dari 4 halaman

Apa Penyebab Sering Kencing?

Penyebab Sering Kencing © Diadona

Kalau kamu yakin bahwa apa penyebab sering kencing kamu terjadi karena kafein, overhidrasi atau hamil, tenang aja, ini nggak berbagaya kok. Tapi kalau frekeunsiya sampai mengganggu kehidupan sehari-hari, hmm, sudah saatnya berkunjung ke dokter ya!

Terlebih kalau buang air kecil disertai dengan nyeri, perasaan kudu segera kencing padahal baru aja kencing, urin berbau atau keruh, kencing berdarah, sakit perut, sakit punggung, demam, menggigil, mual, keputihan atau apapun kondisi medis yang muncul di luar kebiasaan, maka segera berobat ke dokter ya!

4 dari 4 halaman

Penyebab Sering Kencing dan Cara Mengatasinya

Penyebab Sering Kencing © Diadona

Kalau sudah ke doktr, maka dokter bakalan nagsih perawatan yang berkaitan dengan penyebab sering kening tersebut. Namun sebelumnya ada beberapa perubahan gaya hidup yang mungkin boleh kamu coba, yakni:

  • Menghindari minum sebelum tidur
  • Mengurangi alkohol, kafein, pemanis buatan, makanan atau minuman asam.
    Latihan dasar panggul untuk membantu membangun kesehatan panggul
    Mencoba teknik latihan kandung kemih, seperti buang air kecil dengan interval tetap.

Trus dokter juga mungkin meresepkan obat untuk mengobati kondisi ini berdasarkan apa penyebab sering kencing ini.

Apapun penyebab sering kencing, kondiis ini tentu mengganggu kualitas hidup kamu. Jawabannya cuman satu : segera obati!

Beri Komentar