14 Penyebab Sakit Pinggang Kanan, Kiri dan Belakang Tengah pada Wanita

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 14 Juli 2020 17:45
14 Penyebab Sakit Pinggang Kanan, Kiri dan Belakang Tengah pada Wanita
Penyebab sakit pinggang nggak melulu karean saraf aja, tapi indikasi penyakit tertentu. Lokasi sakitnya juga bakalan ngasih tau kamu apa penyebabnya lho!

Penyebab sakit pinggang ternyata nggak cuman karena terkilir atau keseleo doang. Bukan cuman karena saraf, tapi bisa juga karena msalaha organ yang berada di lokasi tersebut.

Sakit pinggang kayaknya hampir dialami oleh semua orang. Rasa sakit ini biasanya sangta intens dan merupakan penyebab banyak orang nggak bisa melakukan aktivitas. Untungnya, nyeri ini sering membaik dengan sendirinya. Namun kalau gejaanya terus berlangsung selama lebih dari tiga bulan, maka sakit ini dianggap kronis.

Gejalanya bisa terasa sebagai nyerti yang tumpul hingga sensasi menusuk. Rasa sakitnya mungkin membuat sulit bergerak atau berdiri tegak. Penyebab sakit pinggang ini biasanya karena cedera olahraga atau setelah mengangkat beban berat.

Sakit pinggang sebenarnya punya banyak kemungkinan penyebab. Dan lokasi pasti dari rasa sakit adalah indikator utama dari penyebabnya.

1 dari 4 halaman

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan © Diadona

Mungkin kamu bertanya-tanya kenapa sakit pinggang hanya terjadi pada satu sisi saja. Rasa sakit itu bisa mewakili sesuatu yang minor di bagian tubuh tersebut dan bisa sembuh dengan sendiinya. Tapi juga sangat mungkin mengindikasikan kondisi yang lebih serius.

Nyeri di pinggang sebelah kiri kemungkinan berasl dari otot, sendiri, atau organ lain di daerah panggul. Cedera otot dan sakit ginjal juga mungkin jadi penyebab sakit pinggang ini.

Cidera Otot

Dalam kebanyakan kasus, penyeabb sakit pinggung berasal dari cidera jaringan. Ini bisa melibatkan otot, tulang, dan ligamen di daerah terssebut dan sekitarnya. Cidera di satu area dapat menyebar ke area lain di belakang.

Slipped Disk

Dik kecil melindungi tulang di tulang belakang. Setiap cakram punya tekstur yang keras di luar, dan bisa tergelinsir sehinga menekan saraf. Ini bisa terjadi akibat cedera mendadak atau mungkin berkembag seiring waktu karena aus.

Pankreatitis

Yakni radang pankreas, yang berada di perut bagian ats, di belakang perut. Peradangan ini bisa memunculkan gejala seperti sakit perut bahian aas, sakit perut yang menjalar ke pungung dan pinggang, demam, dan juga mual.

2 dari 4 halaman

Penyebab Sakit Pinggang pada Wanita

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan © Diadona

Wanita dan pria punya risiko yang sama terkena sakit pingang. Namun pada wanita terdapat penyebab sakit pinggang yang nggak mungkin dialami oleh laki-laki, antara lain:

Endometriosis

Tahu nggak sih kalo penyebab sakit pinggang pada wanita bisa kemungkinan karena endometriosis. Rasa sakit dari endometriosis dapat bersifat sporadis dan terjadi di satu sisi punggung bawah. Gejala tambahan termasuk:

  • Kelelahan
  • Sakit perut
  • Nyeri haid yang parah

3 dari 4 halaman

Penyebab Sakit Pinggang sebelah Kanan

Penyebab Sakit Pinggang © Diadona

Penyebab sakit pinggang sebelah kanan ini biasanya dipengaruhi oleh otot, tulang, saraf atau organ. Meski begitu bisa juga sakit penyebab ini juga memunculkan sakit pinggang di sebelah kiri.

Terkilir atau Cedera

Penyebab sakit pinggang yang utama ini bisa karena terkilir akibat penderita:

  • Mengangkat benda berat atau menggunakan teknik pengangkatan yang tidak tepat
  • Memutar atau menyentak tubuh
  • Tidak melakukan pemanasan dengan benar sebelum berolahraga
  • Jatuh

Gejalanya bisa berupa:

  • Pegel, kakum atau nyeri di punggung bagian abwah
  • Rentang gerak yang terbatas
  • Sulit berdiri atau duduk tegal
  • Nyeri punggung bawah yang menjalar ke pantat
  • Kejang otot di pungung bawah

Stenosis Tulang Belakang

Kemungkinan dari penyebab sakit pinggang di sebelah kanan yakni stenosis tulang belakang adalah penyempitan atau kompresi saluran tulang belakang, yang merupakan area di dalam tulang belakang yang berisi sumsum tulang belakang. Penyempitan ni menekan sumsum tulang belakang, sehingga menyebabkan mati rasa dan nyeri yang menjalar ke punggung bawah, bokong dan juga kaki.

Radang Usus Buntu

Saat usus buntu mengalami peradangan, penderita bakalan ngerasain rasa sakit hebat di sisi kanan perut. Nyeri ini juga bissa menjalan ke sisi kanan belakang, jadi penyebab sakit pinggang.

Infeksi Ginjal

Infeksi bakteri atau virus bisa mempengaruhi saluran kemih, menjadi penyebab sakit pinggang. Kalau dibiarkan, infeksi ini bsia menyebabkan komplikasi yang serius seperti penyakit ginjal kronis , gagal ginjal, atau sepsis

Batu Ginjal

Mineral yang ada di dalam urin bisa menumpuk di ginjal, membentuk endapan keras. Bila bentuknya kecil maka bisa melewati tubuh tanpa menimbulkan gejala. Sedangkan bila ukurannya besar maka menyebabkan rasa sakit yang tajam di satu atau kedua sisi pinggang bawah.

Radang Usus Basar

Sesuai dengan namanya, penyakit ini adalah peradangan pada lapissan usus besar atau usus halus. Salahs atu gejalanya yakni berup akram perut bisa menyebar ke satu atau kedua sisi punggung, menjaid penyebab sakit pinggang.

4 dari 4 halaman

Penyebab Sakit Pinggang Belakang Tengah

Sakit pinggang tengah bisa terjadi di bawah leher dan di atas bagian bawah tukang rusuk. Di lokasi tersbeut ada beberapa tulang, otot, ligamen, dan cakram yang bisa mengiritasi dan jadi penyebab sakit pinggang. Beriktu beberapa penyebabnya:

Postur Tubuh yang Buruk

Tekanan berulang pada tulang belakang dapat menyebabkan nyeri punggung tengah. Dalam beberapa kasus, penyebabnya adalah karena postur yang buruk. Ini karena otot dan ligamen di punggung harus kerja keras buat tetap seimbang saat postur uruk. Dan terlalu banyak bekerja membuat otot-otot ini jadi penyebab sakit pinggang di bagian tengah.

Obesitas

Dalam sebuat penelitian menunjukkan kalau berat badan punya hubungan dengan sakit pinggang. Berat badan meningkat maka risiko terjadinya sakit pianggang juga makin besar

Osteoartritis

Adalah penyakit sendi generatif, yang terjadi ketika tulang rawan menutupi persendian yang rusak.

Penuaan

Proses penuaan secara alami dikenakan pada tubuh, termasuk penipisan tulang, pengurangan massa otot, dan pengurangan cairan di antara sendi di tulang belakang. Semua hal ini dapat jadi penyebab sakit pinggang.

Penyebab sakit pinggang bsia bervariasi termasuk otot hingga adanya penyakit organ di dalamnya. Mengenali gejala lain penting banget ketepatan diagnosa dan pengobatan.

Beri Komentar