13 Manfaat Kolang Kaling untuk Kulit, Kesehatan, dan Asam Urat

Reporter : Sofi
Senin, 27 Januari 2020 12:23
13 Manfaat Kolang Kaling untuk Kulit, Kesehatan, dan Asam Urat
Kolang Kaling yang ada di magkuk es buah atau kolak kamu, ternyata menyimpan banyak manfaat, lho! Berikut adalah manfaat kolang kaling yang harus kamu ketahui.

Kolang-kaling ini mungkin sudah sering kamu jumpai dsebgai campuran es buah, dan kolak. Kolang-kaling ini berasal dari biji pohon aren. Buahnya berbentuk pipih dan berwarna putih. Untuk mengeluarkan kolang kaling, buah aren dipanen lalu direbus untuk menghilangkan getah. Setelah direbus, buah dikupas dan diambil bijinya yang berupa kolang kaling.

Lalu dipipihkan dengan alat dan direndam dalam air kapur sirih untuk difermentasi. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah manfaat kolang-kaling yang harus kamu ketahui.

1 dari 3 halaman

Manfaat Buah Kolang Kaling

Buah kecil pipih berwarna putih ini memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Berikut adalah manfaat kolang kaling yang harus kamu ketahui.

Baik untuk kulit

Ilustrasi Wanita Cantik © Diadona

Manfaat kolang kaling yang pertama adalah baik untuk kulitmu. Saat panas menyengat, kolang kaling sangat baik untuk kulit. Kandungan airnya yang banyak dalam membuat badan menjadi dingin. Kulit yang kering pun dapat terbantu.

Sifat antiinflamasi yang terkandung dapat membantu meredakan kemerahan pada kulit yang terbakar matahari. Sangat baik untuk orang yang memiliki kulit sensitif.

Menu diet sehat

Manfaat kolang kaling bisa untuk menu diet kamu. Kandungan nutrisi seperti vitamin dan mineral yang kaya dapat menjadi pilihan yang tepat untuk diet. Kandungan gelatin yang terkandung dalam kolang kaling membantu mempercepat rasa kenyang dan sehingga menghentikan nafsu makan.

Mencegah penuaan dini

Manfaat kolang kaling berikutnya adalah untuk mencegah penuaan dini. Selain merawat kulit dari luar menggunakan serangkaian skincare, kamu bisa memaksimalkannya dengan merawat kulitmu dari dalam dengan mengonsumsi kolang-kaling. Kandungan air yang sangat tinggi serta vitamin C pada kolang kaling bisa membantu merawat dan menutrisi kulitmu.

Memperkuat tulang

Ilustrasi CT Scan Tulang © Diadona

Dalam 100 gr susu mengandung 125 mg kalsium, sedangkan kolang kaling mengandung 91 mg kalsium per 100 gr. Hal tersebut menunjukan bahwa manfaat kolang kaling memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi bila melihat perbandingannya dengan kandungan susu sapi.

Mencegah dehidrasi

Manfaat kolang kaling dapat mengobati sensasi panas dalam perut. Kandungan airnya yang banyak dapat membantu agar tubuh tetap terhidrasi. Apalagi disaat bulan puasa. Buah ini dapat mengisi kembali mineral dan nutrisi yang hilang.

Nutrisi tinggi

Manfaat kolang kaling mengandung kadar air yang sangat tinggi mencapai 93,8% setiap 100 gr. Buah ini mengandung protein, karbohidrat, vitamin, kalsium, potasium, zinc, zat besi, antioksidan, dan antiinflamasi. Kolang kaling sangat bermanfaat bagi tubuh.

2 dari 3 halaman

Manfaat Kolang Kaling untuk Kesehatan

Ilustrasi Wanita Cantik © Diadona

Manfaat kolang kaling ini bisa kamu gunakan untuk kesehatan kamu. Berikut adalah manfaat kolang kaling untuk kesehatan.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Gaya hidup yang kurang sehat serta perubahan cuaca yang ekstrem sering kali membuat kita terserang penyakit seperti flu, batuk, demam, dan sakit kepala. Untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuhmu, kamu bisa meenggunakan manfaat kolang-kaling dengan mengonsumsinya. Dalam buah ini terdapat kandungan karbohidrat dalam bentuk galaktomanan. Galaktomanan dapat menghambat menempelnya pathogen sehingga berfungsi sebagai penguat sistem imun tubuh.

Menurunkan berat badan

Manfaat kolang kaling selanjutya bisa kamu gunakan untuk menurunkan berat badan kamu. Selain berolahraga serta menjaga pola makan, kamu bisa mengonsumsi kolang-kaling secara rutin setiap hari. Kolang kaling kaya akan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, kandungan gelatin pada buah ini juga mampu mempercepat rasa kenyang sehingga kamu dapat mengurangi porsi makanmu.

Memperlancar pencernaan

Manfaat kolang kaling dapat mengobati masalah pencernaan. Kandungan serat kasar dalam buah ini dapat membantu melancarkan pencernaan. Serat kasar membantu buang air besar menjadi teratur serta masalah wasir.

Mencegah osteoporosis

Osteoporosis merupakan proses pengeroposan tulang secara perlahan yang dapat menyebabkan keterbatasan serta kesulitan gerak penderitanya. Penyakit ini dapat menyerang siapapun di usia 30 tahun ke atas. Dokter menyarankan agar penderita osteoporosis banyak minum susu yang tinggi kalsium.

Selain minum susu secara rutin, kamu bisa mencukupi kebutuhan kalsium harianmu dengan makan kolang kaling. Kamu bisa mengonsumsinya bersama susu maupun diolah menjadi hidangan atau minuman lainnya. Manfaat kolang kaling mengandung kalsium dan fosfor yang dapat memperkuat tulang dan gigi. Berdasarkan hasil uji lab, setiap 100 gram kolang kaling mengandung 91 mg kalsium dan 243 mg fosfor.

Melancarkan sistem pencernaan

Buat kamu yang sering mengalami sembelit atau susah BAB, maka manfaat kolang kaling ini adalah salah satu solusi yang tepat buat kamu. Manfaat kolang kaling memiliki kandungan serat yang cukup tinggi seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Buat kamu yang kurang suka buah dan sayur, kamu bisa memenuhi kebutuhan seratmu dengan mengonsumsi kolang-kaling secara teratur untuk mencegah sembelit dan menjaga kesehatan pencernaanmu.

Membantu mencegah anemia

Manfaat kolang kaling mampu mencegah munculnya anemia karena memiliki kandungan zat besi di dalamnya. Dengan adanya zat besi ini, maka tubuh tidak akan terserang anemia ketika mengonsumsi kolang kaling secara rutin. Sejumlah manfaat kolang kaling tersebut membuat buah ini sangat cocok dikonsumsi ketika waktu buka puasa tiba. Namun jangan berlebihan mengonsumsinya agar manfaat kolang-kaling tidak berbalik.

3 dari 3 halaman

Manfaat Kolang Kaling untuk Asam Urat

Ilustrasi Asam Urat © Diadona

Menurut laman klikdokter.com kolang kaling disebut juga buah atap atau buah aren. Buahnya berbentuk lonjong sebesar uang logam, berwarna putih transparan dan bertekstur kenyal. Kolang kaling dapat dengan mudah ditemukan di pasar tradisional maupun supermarket.

Kolang kaling mengandung beberapa nutrisi, seperti karbohidrat, zat besi, kalsium, serat, dan fosfor. Walau demikian, tidak ada zat yang terkandung dalam kolang-kaling yang dapat membantu menyembuhkan asam urat. Ini berarti, anggapan yang menyebut bahwa kolang-kaling dapat mengobati asam urat hanyalah isapan jempol belaka.

Hidangan apa yang biasa kamu sajikan ketika megolah kolang kaling ini? Bagikan jawabanmu di kolom komentar ya!

Beri Komentar