16 Manfaat Kacang Almond untuk Ibu Hamil, Diet, dan Pria

Reporter : Sofi
Jumat, 28 Februari 2020 09:55
16 Manfaat Kacang Almond untuk Ibu Hamil, Diet, dan Pria
Di balik gurihnya kacang almond, inilah segudang manfaat yang dikandungnya.

Kacang almond adalah jenis kacang yang paling populer di dunia. Kamu mungkin bisa mendapatkannya ketika memakan coklat. Manfaat kacang almond ini sangat bergizi dan kaya akan lemak sehat, antioksidan, vitamin, dan mineral. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah manfaat kacang almond yang mengesankan.

1 dari 3 halaman

Manfaat Kacang Almond untuk Ibu Hamil

Manfaat kacang almond untuk ibu hamil bisa jadi tambahan menu makanan sehat. Penelitian menunjukkan mengonsumsi kacang-kacangang selama kehamilan dikaitkan dengan berkurangnya risiko alergi kacang pada bayi. Salah satu jenis kacang yang aman dikonsumsi saat kehamilan adalah almond. Berikut adalah manfaat kacang almond untuk ibu hamil.

ilustrasi ibu hamil © Diadona

Sumber vitamin E

Almond adalah salah satu sumber vitamin E terbaik. Vitamin E adalah keluarga antioksidan yang larut dalam lemak. Vitamin E membantu dalam pembentukan rambut dan kulit bayi yang sehat. Vitamin E selama kehamilan juga mampu menyehatkan kulit ibu hamil.

Stabilkan tekanan darah

Magnesium dalam manfaat kacang almond juga dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah. Tekanan darah tinggi selama kehamilan dapat meningkatkan risiko bayi lahir prematur, penyakit jantung, preeclampsia, dan penurunan aliran darah ke plasenta. Preeklampsia dengan kejang dapat berubah menjadi eklampsia. Jika tidak diobati, kondisi ini bisa berakibat fatal pada ibu dan janin.

Kontrol gula darah

Kacang rendah karbohidrat tetapi kaya lemak, protein, dan serat. Ini menjadi pilihan yang tepat untuk mengontrol gula darah. Manfaat kacang almond juga kaya akan magnesium yang juga mampu mengontrol gula darah. Kontrol gula darah yang baik akan menurunkan risiko diabetes gestasional pada ibu selama dan setelah kehamilan.

Kuatkan tulang

Manfaat kacang almond juga merupakan sumber kalsium yang baik. Kalsium membantu mengurangi risiko hipertensi dan preeklamsia selama kehamilan. Kalsium juga penting untuk membangun tulang dan gigi bayi. Kebutuhan wanita hamil akan kalsium meningkat pada trimester ketiga, ketika kerangka bayi berkembang pesat.

Saat sedang hamil, cobalah untuk mendapatkan setidaknya 1.000 mg kalsium setiap hari. Jika ibu berusia 18 tahun atau lebih muda, maka ia membutuhkan setidaknya 1.300 mg kalsium setiap hari.

Lancarkan pencernaan

Ilustrasi lambung © Diadona

Manfaat kacang almond untuk ibu hamil kaya akan serat yang membantu melancarkan pencernaan dan mengatur pergerakan usus. Serat yang terkandung dalam almond juga mengobati masalah sembelit yang sangat umum selama kehamilan. Manfaat kacang almond juga menyediakan sumber karbohidrat dan lemak makanan sehat yang membantu metabolisme dan mengurangi peradangan, stres oksidatif, dan gula darah.

Karena sistem pencernaan hormon yang melambat dan rahim yang menggeser organ, banyak wanita hamil akan mengalami sembelit, yang juga dapat menyebabkan wasir. Mengonsumsi banyak serat dapat membantu melawan sembelit dan membuat pencernaan tetap teratur.

Kaya protein

Manfaat kacang almond mengandung protein dalam jumlah baik yang memberikan kekuatan dan stamina. Protein juga membantu perkembangan bayi yang sehat dan menjaga berat badan ibu tetap terkendali. Protein secara positif memengaruhi pertumbuhan jaringan janin, termasuk otak.

Kandungan protein yang tinggi dalam almond membantu dalam perkembangan massa otot yang sehat pada bayi yang sedang tumbuh. Ini juga menginduksi kekuatan pada ibu untuk mengatasi rasa sakit saat melahirkan.

Melindungi anak dari alergi

Dilansir dari Momjunction, menurut sebuah penelitian, manfaat kacang almond untuk ibu hamil dapat melindungi anak dari alergi di kemudian hari. Asupan kacang tinggi selama kehamilan diyakini mampu mencegah asma pada anak-anak. Ini karena kacang mengandung vitamin E dan seng yang keduanya melindungi anak dari asma.

Penuhi asupan zat besi

Manfaat kacang almond mengandung zat besi yang mampu memenuhi 6% dari kebutuhan zat besi harian. Tubuh menggunakan zat besi untuk membuat hemoglobin bagi ibu dan bayi selama kehamilan. Zat besi juga membantu memindahkan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh dan bayi.

Mendapatkan cukup zat besi dapat mencegah kondisi anemia defisiensi besi. Memiliki anemia dapat menyebabkan bayi terlahir terlalu kecil atau terlalu dini. Karena kebutuhan zat besi tinggi selama kehamilan, terutama pada trimester pertama, konsumsi almond bisa memenuhi kebutuhan zat besi ibu hamil.

Mencegah penambahan berat badan

Kehamilan menyebabkan kenaikan berat badan. Terkadang ibu menjadi sulit mengontrol berat badan. Manfaat kacang almond kaya akan serat yang membuat ibu bisa merasa kenyang lebih lama. Manfaat kacang almond mampu mengurangi hormon ghrelin yang menyebabkan rasa lapar dan meningkatkan hormon leptin yang mengurangi nafsu makan. Efek ini bisa menurunkan risiko kenaikan berat badan yang berlebihan selama kehamilan.

Mencegah cacat saraf

Almond merupakan sumber asam folat yang bermanfaat untuk membantu erkembangan otak dan sistem neurologis bayi. Asam folat juga penting untuk mencegah cacat tabung saraf pada bayi. Selama kehamilan, ibu membutuhkan sekitar 400mcg asam folat untuk memenuhi kebutuhan janin.

2 dari 3 halaman

Manfaat Kacang Almond untuk Diet

Kacang almond ini juga bisa kamu tambahkan pada menu diet kamu loh. Berikut manfaat kacang almond untuk diet.

Ilustrasi Diet © Diadona

Almond mengandung lemak sehat yang tinggi

Ada sekitar 15 gram lemak total dalam satu porsi porsi kacang almond. Itu mungkin terdengar banyak, tetapi sebagian besar adalah lemak tak jenuh yang bermanfaat untuk kesehatan jantung. Seperti protein dan serat, lemak dalam makanan dicerna dengan lambat. Artinya, tersedia energi untuk jangka waktu yang lama yang akan membantu mengurangi rasa lapar.

Almond kaya akan serat

Manfaat kacang almond juga mengandung banyak serat. Dalam satu porsi almond terkandung sekitar 3 gram serat. Karena kandungan seratnya itulah, Anda akan cenderung merasa kenyang lebih lama.

Almond kaya akan protein

Penelitian telah menemukan bahwa makanan berprotein tinggi - dalam hal ini almond - pada umumnya sangat membantu untuk menurunkan berat badan. Satu studi menemukan, misalnya, bahwa diet rendah karbohidrat protein tinggi meningkatkan metabolisme.

Studi lainnya mengungkapkan bahwa memasukkan makanan berprotein tinggi dalam diet dapat membantu menekan nafsu makan. Saat mengonsumsi makanan berprotein tinggi, kamu akan cenderung tidak merasa lapar, bahkan ketika makan lebih sedikit.

3 dari 3 halaman

Manfaat Kacang Almond untuk Pria

Manfaat kacang almond ternyata juga bisa digunakan untuk pria. Berikut adalah manfaat kacang almond untuk pria.

ilustrasi pria tersenyum © Diadona

Meningkatkan energi

Manfaat kacang almond mengandung beberapa nutrisi yang esensial untuk produksi energi tubuh, seperti riboflavin (vitamin B2), protein, mangan, dan tembaga. Manfaat kacang almond pun mampu memberi kontribusi positif bagi performa pria, yang meliputi kekuatan dan ketahanan tubuh pria.

Meningkatkan libido

Level hormon testosteron yang tinggi berarti membuat libido pria berada pada level yang tinggi pula. Manfaat kacang almond dapat mendukung kesehatan fungsi seksual pria. Beberapa penelitian juga mengungkap bahwa almond mengandung arginine, senyawa yang dapat meningkatkan libido pria.

Meningkatkan hormon testosteron

Pria berusia di atas 30-an beresiko mengalami penurunan produksi testosteron. Jenis makanan yang kaya akan protein dan rendah lemak dapat membantu untuk mengatasi masalah tersebut, termasuk kacang almond, yang akan meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh. Almond mengandung vitamin E, kalsium, zinc, mangan, dan juga kalium, yang semuanya berperan penting dalam produksi hormon testosteron.

Memang ya, selain enak manfaat kacang almond ini bagus untuk kesehatan tubuh. Bagaimana menurutmu?

Beri Komentar