12 Manfaat Daun Sukun Muda dan Kering untuk Ginjal juga Kesehatan

Reporter : Sofi
Sabtu, 1 Februari 2020 09:47
12 Manfaat Daun Sukun Muda dan Kering untuk Ginjal juga Kesehatan
Jangan hanya buahnya saja yang dikonsumsi. Daun sukun juga bisa dimanfaatkan lho! Berikut manfaat daun sukun yang harus kamu ketahui.

Mungkin kamu sudah tidak asing dengan buah sukun. Buah sukun yang biasa kamu temui di penjual gorengan memang enak. Buahnya pun bermanfaat bagi tubuh. Tapi tahukah kamu jika daun dari buah sukun ini juga bermanfaat?

Manfaat daun sukun biasa digunakan sebagai pengobatan tradisional cina dan digunakan sebagai teh untuk menyembuhkan penyakit. Berikut adalah manfaat daun sukun yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Manfaat Daun Sukun Kering

ilustrasi teh © Diadona

Daun sukun mengandung kalium, yang memiliki peran besar menghancurkan batu ginjal dengan mengencerkan batu sehingga dapat dihilangkan melalui urin. Manfaat daun sukun kering lainnya juga didapat dari kandungan asam amino esensial, riboflavin, hidrosianat, asetilkolin, tanin, dan polifenol. Berikut adalah manfaat daun sukun kering untuk kesehatan.

Menurunkan risiko penyakit jantung

Manfaat daun sukun yang pertama adalah menurunkan risiko penyakit jantung. Orang-orang di Jamaika minum teh daun sukun secara teratur untuk mencegah penyakit jantung. Penyakit jantung dapat disebabkan oleh banyak faktor, seperti komplikasi hipertensi, diabetes, atau gagal ginjal. Selain itu, pola metabolisme tubuh yang buruk dapat membentuk plak di pembuluh darah, menyebabkan aterosklerosis (pengerasan pembuluh darah) dan gangguan kardiovaskular lainnya.

Senyawa dalam daun sukun membuat tekanan darah menjadi normal dan meningkatkan aliran darah. Daun sukun mengandung senyawa flavonoid, riboflavin, dan sirosterol yang bermanfaat untuk menjaga jantung dari kerusakan sistem kardiovaskular. Minum teh daun sukun juga dapat menurunkan kadar kolesterol, dengan mengambil kolesterol dari darah dan mengeluarkannya melalui urin dan feses.

Atasi alergi

Salah satu manfaat daun sukun kering adalah untuk menyembuhkan alergi. Minum 1 cangkir teh daun sukun setiap hari dapat mengurangi timbulnya dan reaksi alergi. Alergi adalah respons sistem kekebalan terhadap zat asing yang biasanya tidak berbahaya bagi tubuh.

Alergi terjadi karena tubuh tidak dapat membentuk hormon atau enzim yang bertanggung jawab untuk sistem antialergen dalam tubuh. Hal ini membuat tubuh mengalami kegagalan sistem dalam mengenali beberapa zat, kemudian membuat beberapa reaksi ketika berhadapan dengan alergen.

Pengobatan pembesaran limpa

Manfaat daun sukun kering yang dijadikan teh memiliki aktivitas antitoksin, berkat antioksidannya yang tinggi. Teh daun sukun dapat melakukan detoksifikasi dan menghilangkan racun dari tubuh, sehingga meringankan limpa. Minum teh 1 cangkir per hari bisa menyembuhkan penyakit ini.

Pembesaran limpa dapat disebabkan oleh kerusakan sistem limpa. Faktor risikonya beragam, tetapi yang paling umum adalah karena tubuh mengandung terlalu banyak racun. Banyak makanan buruk membuat limpa tidak dapat berfungsi dengan baik dalam menciptakan enzim dan hormon yang dibutuhkan untuk menelan makanan, sehingga limpa akan rusak.

Manfaat daun sukun kering juga dapat digunakan untuk mengatasi peradangan hati atau pembesaran hati. Beberapa zat yang terkandung dalam daun sukun, seperti asetilkolin dan antioksidan, sangat baik untuk melawan peradangan.

Pengobatan kandidiasis vagina

Kandidiasis vagina adalah suatu kondisi infeksi vagina oleh ragi Candidia sp. Ini sering terjadi pada wanita dengan obesitas, diabetes, dan wanita dengan kekebalan rendah, seperti kanker, TBC dan pasien HIV.

Manfaat daun sukun kering dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit ini, dengan meminum teh 1 gelas per hari dan menggunakan teh sebagai sabun vagina 2-3 kali sehari. Minum 1 cangkir teh daun sukun setiap hari dapat mempercepat penyembuhan, infeksi kulit, atau ruam kulit lainnya.

Redakan asam urat

Manfaat daun sukun kering dapat mengurangi asam urat secara bertahap. Manfaat daun sukun juga memiliki sifat antiinflamasi, yang sangat baik untuk mengurangi peradangan pada sendi. Saat mengonsumsi teh daun sukun, sangat dianjurkan untuk menghindari makanan dengan kandungan purin tinggi. Purin merupakan penyebab timbulnya asam urat. Tingkat asam urat yang tinggi dikenal sebagai hiperurisemia.

Ini dapat menyebabkan penyakit yang disebut encok. Peningkatan kadar asam urat juga berhubungan dengan kondisi kesehatan seperti penyakit jantung, diabetes, dan penyakit ginjal. Asam urat juga dapat terkumpul dalam tubuh karena beberapa sebab. Ini termasuk dalam pola makan, genetik, obesitas, dan stres.

2 dari 4 halaman

Manfaat Daun Sukun untuk Ginjal

Ilustrasi Gagal Ginjal © Diadona

Manfaat daun sukun juga terkenal untuk mengobati ginjal. Gagal ginjal terjadi ketika ginjal kehilangan kemampuan untuk cukup menyaring limbah dari darah. Tubuh menjadi terlalu penuh dengan racun jika ginjal tidak dapat melakukan pekerjaan rutin mereka. Penderita gagal ginjal harus melakukan hemodialisis secara teratur.

Hemodialisis memiliki beberapa efek yang tidak diinginkan seperti hipotensi, kelelahan, infeksi, dan sepsis. Konsumsi teh dari daun sukun kering dapat membantu mengoptimalkan kerja ginjal dengan bertindak sebagai diuretik.

3 dari 4 halaman

Manfaat Daun Sukun Muda

Tidak hanya daun sukun kering, daun sukun muda juga bisa digunakan dan dimanfaatkan. Berikut adalah manfaat daun sukun muda yang harus kamu ketahui.

Mengatasi peradangan kulit

Bukan hanya ketika dikonsumsi, manfaat daun sukun ternyata juga bisa dirasakan langsung ketika diaplikasikan ke kulit. Daun sukun dipercaya dapat menjadi obat untuk eksim kering maupun eksim basah dan juga dapat dijadikan sebagai scrub alami. Caranya adalah dengan mencampurkan daun sukun yang telah dihancurkan dengan essential oil kemudian dibalurkan langsung ke kulit.

Mengatasi penyakit liver

Hati adalah salah satu organ yang terpenting dalam tubuh. Jika terjadi gangguan fungsi hati, maka gangguan tersebut dapat memengaruhi kinerja organ lain dalam tubuh. Pola hidup tidak sehat seperti konsumsi alkohol dan merokok bisa menjadi salah satu penyebab utama dari gangguan fungsi hati. Konsumsi daun sukun bisa menjadi salah satu langkah mencegah peradangan yang menyebabkan rusaknya fungsi hati.

Mengatasi sakit gigi

Ilustrasi Sakit Gigi © Diadona

Sakit gigi bisa disebabkan oleh berbagai sebab, salah satunya adalah akibat adanya infeksi di mulut yang disebabkan bakteri. Manfaat daun sukun adalah untuk meredakan nyeri akibat sakit gigi tersebut. Sifat antiinflamasi dan antibakteri dari rebusan daun sukun dapat berguna untuk menjaga kesehatan mulut.

4 dari 4 halaman

Manfaat Daun Sukun untuk Kesehatan

ilustrasi wanita sehat © Diadona

Daun sukun ini bisa dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh kamu seperti mengatasi penyakit tulang. Untuk selengkapnya, berikut manfaat daun sukun untuk kesehatan.

Mengatasi penyakit maag

Manfaat daun sukun untuk kesehatan yang pertama adalah untuk saluran pencernaan. Seperti yang kita ketahui bahwa penyakit maag adalah penyakit saluran pencernaan yang paling umum ditemukan. Daun sukun dipercaya memiliki manfaat untuk mengatasi penyakit ini.

Kandungan kalium dalam daun sukun dipercaya dapat menetralkan asam lambung. Selain itu, efek antiinflamasinya juga dipercaya dapat mengatasi peradangan lambung tersebut.

Menstabilkan kadar gula darah

Manfaat daun sukun selanjutnya adalah menurunkan gula darah. Kadar gula darah yang tinggi memang tidak dapat diremehkan karena bisa menjadi salah satu indikasi penyakit diabetes. Kandungan flavonoid yang ada dalam daun sukun dipercaya dapat dengan ampun menjaga kestabilan gula darah sehingga sangat baik untuk pencegahan diabetes.

Mengatasi penyakit tulang

Manfaat daun sukun berikutnya adalah dipercaya dapat membantu penyembuhan penyakit tulang seperti osteoporosis (pengeroposan tulang) dan juga osteoarthritis (pengapuran sendi). Kedua penyakit ini terbilang sulit diobati sehingga daun sukun mungkin dapat membantu dalam hal meringankan gejalanya.

Banyak sekali bukan manfaat daun sukun untuk kesehatan? Tetapi perlu diingat bahwa masih harus dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat daun sukun sebagai obat ini. Penggunaan daun sukun sebagai obat selama ini bukan berdasarkan saran medis, sehingga harus dilakukan dengan sangat hati-hati.

Jika kamu mengalami efek samping dari konsumsi rebusan atau teh daun sukun, sebaiknya langsung hentikan penggunaannya. Lebih baik juga berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan daun sukun, jika kamu sedang menjalani atau mengonsumsi obat-obatan tertentu. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar