12 Cara Menurunkan Berat Badan secara Alami dan Cepat tanpa Olahraga dalam Seminggu

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 30 Desember 2019 12:15
12 Cara Menurunkan Berat Badan secara Alami dan Cepat tanpa Olahraga dalam Seminggu
Untuk sebagian orang, menggeser jarum timbangan ke kanan lebih mudah ketimbang menggesernya ke kiri. Tapi, bukan berarti engga mungkin.

Saat angka di timbangan badan bisa jadi momok yang menakutkan, melihat pantulan diri sendiri di cermin juga engga pede, ditambah ukuran baju yang makin sesak. Maka, kayaknya kamu perlu cara menurunkan berat badan segera deh.

Beberapa cara menurunkan berat badan melibatkan diet ketat dan konsumsi suplemen. Namun cara tersebut nggak sepenuhnya aman. Berikut 12 tips untuk kamu yang ingin langsing dan punya berat badan ideal, dilansir dari berbagai sumber (16/12).

1 dari 4 halaman

Cara Cepat Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi Olahraga Lari © Diadona

Suatu ketika kamu terpaksa harus pakai baju tertentu. Sayangnya, baju tersebut udah nggak muat di tubuh kamu. Terus gimana dong? Eh, jangan panik dulu. Kamu nggak perlu buru-buru sedot lemak buat mengikis timbunan berat di badan. 

Rutin Olahraga

Selain diet, cara menurunkan berat badan dengan cepat yakni mengimbanginya dengan olahraga rutin. Nggak perlu waktu yang lama dalam setiap sesinya, asalkan pilih olahraga yang dapat membakar lemak di tubuh secara intensif.

Kamu bisa mencoba HIT workout yang dipercaya bisa menurunkan berat badan lebih cepat dibanding olahraga kardio lainnya. Penelitian menyebut bahwa orang yang melakukan HIT workout bisa menurunkan berat badan 28,5 persen dibandingkan yang melakukan olahraga lainnya.

Hindari Makan Terlalu Malam

Setelah makan malam, kamu cenderung nggak melakukan aktivitas yang melibatkan pembakaran kalori. Sehingga, kalori yang masuk ke tubuh akan tersimpan dan menyebabkan kenaikan berat badan.

Jadi, usahakan makan malam lebih awal dibanding biasanya dengan porsi yang tidak berlebih, rendah karbohidrat dan tinggi serat. Atau kalau perlu, ganti seporsi makan malam kamu dengan satu buah apel.

Puasa Berselang

Kalau kamu benar-benar membutuhkan cara cepat menurunkan berat badan, nggak ada salahnya mencoba dengan puasa berselang. Selama puasa ini, kamu dipaksa untuk benar-benar mengurangi kalori yang masuk ke tubuh karena waktu makan yang pendek.

Kalau kamu ingin mengkombinasikan puasa dengan olahraga, sebaiknya kamu mengambil waktu olahraga di hari yang nggak bersamaan dengan jadwal puasa kamu.

 

2 dari 4 halaman

Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Ilustrasi Sayuran © Diadona

Promosi obat pelangsing gencar banget di sosial media dan menunjukkan bagaimana banyak orang yang pengen langsing dengan cepat. Tapi, amankah? Alih-alih sehat, kamu malah jadi sakit. Jadi, bagaimana cara menurunkan berat badan secara alami?

Perbanyak Asupan Serat

Serat layaknya zat magis dalam cara menurunkan berat badan. Di dalam tubuh, serat dicerna lebih lambat sehingga menimbulkan efek kenyang yang lebih lama. Kamu jadi terhindar dari godaan makan makanan berkalori tinggi, ngemil dan cepat menurunkan berat badan, deh!

Kurangi Konsumsi Garam

Dalam makanan dan kaitannya dengan kesehatan, garam dianggap dapat meningkatkan tekanan darah dalam tubuh. Tapi dalam efek berat badan, garam dapat membuat kita makan lebih banyak.

Saat diet garam, maka asupan air akan lebih banyak masuk ke dalam tubuh. Hal ini mendorong berkurangnya jumlah makanan yang masuk.

Sebuah penelitian lain juga menyebut bahwa konsumsi garam yang tinggi bisa meningkatkan obesitas, namun belum diketahui bagaimana prosesnya. Kemungkinannya, garam bakalan mengubah pembakaran lemak dalam tubuh dan rasa makanan yang enak mendorong untuk makan lebih banyak.

Jauhi Stres

Biasanya stress membuat badan kurus karena hilangnya nafsu makan, namun bisa juga terjadi sebaliknya.

Produksi hormon kartisol kamu akan meningkat selama masa-masa tersebut, lalu kadar insulin jadi meningkat, sementara gula darah menurun. Hal ini membuat kamu jadi ngerasa ingin makan-makanan yang manis dan berlemak.

 

3 dari 4 halaman

Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Makan Malam © Diadona

Olahraga sudah jadi hal yang umum dalam cara menurunkan berat badan. Tapi banyak orang yang terhalang untuk melakukan aktivitas ini karena beberapa hal. Ketersediaan waktu salah satunya.

Lalu bagaimana cara menurunkan berat badan tanpa olahraga?

Aktif Bergerak

Ada banyak kegiatan sehari-hari yang bisa kamu lakukan sambil membakar kalori di tubuh. Misalnya, alih-alih naik lift atau eskalator, kamu bisa naik tangga sambil berlari-lari kecil. Berjalan seribu langkah setiap hari juga bisa membantu kamu menurunkan berat badan tanpa diet ketat.

Kontrol Porsi Makan dan Hindari Ngemil

Cara ini sepertinya sudah banyak diketahui banyak orang namun nggak semua orang bisa dengan konsisten melakukannya. Kurangi asupan karbohidrat dan ganti dengan serat, protein, serta lemak.

Karena porsi makan yang berkurang dan masih tetap lapar, biasanya orang-orang mengganjal perut dengan camilan. Padahal justru inilah yang jadi penyebab jarum timbangan kamu bergeser ke kanan.

Perbanyak Minum Air Putih

Coba deh minum segelas air putih sebelum makan, maka dijamin porsi makan kamu bakalan berkurang karena perut kamu sudah kenyang duluan. Kalau kamu merasa bosan dengan air putih tawar, kamu bisa menggantinya dengan infused water.

Rasa buah-buah bisa menyegarkan tenggorokan kamu sekaligus mengambil manfaat dari beragam vitamin di dalamnya. Bagaimana dengan jus buah? Meski buahnya bagus untuk diet, tapi gula dalam jus akan menambah asupan kalori kamu.

4 dari 4 halaman

Cara Menurunkan Berat Badan dalam Seminggu

Ilustrasi Wanita dan Makanan © Diadona

Andaikan kelebihan lemak di badan bisa ditransfer kepada yang membutuhkan semudah kita mentransfer uang, pasti kamu nggak pelru repot mencari cara menurunkan berat badan, kan? Sayangnya, nggak ada yang instan. Tapi nggak ada salahnya kamu mencoba menunrunkan berat badan kamu dengan cara-cara di bawah ini.

Mengurangi Karbohidrat 

Nggak makan tapi laper, mau makan, tapi kok takut gendut? Makanya dalam cara menurunkan berat badan, fokuskan pada apa yang boleh kamu makan, bukan menahan lapar terus-terusan.

Dari Healthline (16/12), bagian yang terpenting dalam cara menurunkan berat badan yakni dengan memotong konsumsi karbohidrat kamu. Dengan asupan karbohidrat yang sedikit, maka pembakaran energi bakal dilakukan kepada cadangan lemak kamu.

Sudah banyak orang membuktikan bahwa mengurangi asupan karbohidrat ternyata bisa menurunkan berat badan sampai 5 kilogram dalam waktu satu minggu saja. Angka tersebut bahkan bisa lebih banyak lagi, lho. Lumayan banget kan?

Perbanyak Konsumsi Protein, Lemak, dan Sayuran

Trus gimana dong kalau masih lapar? Nah, rasa lapar kamu bisa diganjal dengan makanan yang mengandung protein, lemak, dan sayuran. Dengan makan protein, kamu bisa mengurangi hasrat dan obsesi untuk ngemil hingga 60 persen dan makan 441 kalori lebih sedikit per harinya.

Latihan Angkat Beban

Pilihan terbaik untuk cara menurunkan berat badan dengan cepat adalah dengan per latihan angkat beban. Lakukan pemanasan dan latihan angkat beban di gym paling tidak 3 sampai 4 kali seminggu.

Kamu akan membakar banyak kalori dan meningkatkan metabolisme. Dikombinasikan dengan diet rendah protein, cara menurunkan berat badan ini bakalan membentuk otot kamu sambil menghilangkan lemak di tubuh.

Beri Komentar