11 Penyebab Kencing Berdarah pada Wanita dan Pria serta Pengobatannya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Minggu, 16 Agustus 2020 19:35
11 Penyebab Kencing Berdarah pada Wanita dan Pria serta Pengobatannya
Memang seram, tapi penyebab kencing berdarah nggak selalu serius kok!

Penyebab kencing berdarah adalah karena adanya suatu penyakit, dan darah pada kencing hanyalah suatu gejala. Bersamaan dengan kondisi tersebut, ada kondisi medis lain yang mengikuti.

Tapi, kencing berdarah ini nggak boleh diabaikan lho karena bisa saja merujuk pada keberadaan penyakit yang serius. Dan dengan tahu apa penyebab kencing berdarah ini, maka pengobatan bisa difokuskan pada penyakit yang utama.

Darah pada kencing biasanya berasal dari ginjal yang memproduksi urin. Namun itu juga bsia muncu dari bagian lain dari sauran kemih, seperti:

  • Ureter, yakni saluran dari ginjal ke kandung kemih
  • Kandung kemih, tempat menyimpan urin
  • Uretra, yaitu tabung dari kandung kemih ke pembuangan luar tubuh

Kencing berdarah itu bukan berarti ada darah yang mengucur dari saluran kencing ya. Namun alih-alih berwarna kuning pucat sepeti biasa, urin bakalan berwarna merah muda, merah, atau merah kecoklatan seperti teh. Nah inilah yang disbeut dengan hematuria atau kencing berdarah.

Terkadang malah penderita nggak bisa melihat keberadaan darah dalam urin lho. Darah tersebut biasanya ditemukan dalam tes laboratorium sebagai sel darah merah.

1 dari 3 halaman

Penyebab Kencing Berdarah pada Wanita

Penyebab Kencing Berdarah © Diadona

Kayak yang udah Diadona jelaskan tadi bahwa darah dalam urin bisa muncul karena saluran kemih, kan? Tapi pada wanita, penyebab kencing berdarah ini bisa dari vagina, leher rahim, atau rahim sendiri.

Penyebab kencing berdarah ini antara lain:

Infeksi Saluran Kemih

Wanita punya risiko tinggi terkena infeksi saluran kemih karena lokasi uretra yang lebih pendek. ISK ini muncul karena ada bakteri dari usus yang memasuki uretra tersebut.

Selain penyebab kencing berdarah, ISK ini juga memunculkan gejala berupa:

  • Buang air kecil yang menyakitkan
  • Urin keruh dan berbau busuk
  • Tekanan atau nyeri di punggung bawha, perut atau area panggul.

Kencing Batu

Mineral yang berlebihan bisa memebntuk endapan keras atau batu di kandung kemih dan ginjal. Batu ini bisa merobek atau menggores lapisan saluran kemih dan organ terkait, lalu darah akan bercampur dengan urin. Dari sinilah penyebab kencing berdarah tersebut.

Endometriosis

Darah dalam urin yang menyertai nyeri punggung bawah yang parah dapat mengindikasikan endometriosis. Kondisi ini umum kok terjadi pada remaja atau wanita dewasa. Tapi harus segera diobati ya karena berpengaruh pada kesuburan.

Kanker

Meskipun jarang banget terjadi, penyebab kencing berdarah ini bisa karena kanker ginjal atau kandung kemih. Urin mengandung darah pada suatu waktu lalu kembali jernih seperti sebelumnya. Nggak perlu menunggu munculnya darah lagi, segera periksakan diri ke dokter ya!

2 dari 3 halaman

Penyebab Kencing Berdarah pada Pria

Penyebab Kencing Berdarah © Diadona

Pada pria, penyebab kencing berdarah juga bisa karena infeksi saluran kemih dan batu ginjal dan kandung kemih. Tapi ada pula penyebab tambahan, yaitu:

Exercise-induced Hematuria

Sesuai dengan namanya yakni kencing berdarah yang muncul karena berolahraga.

Penyebab kencing darah ini masih belum diketahui secara pasti. Hanya aja kemungkinan berkaitan dengan latigan intensitas tinggi ketimbang lamanya durasi latihan.

Mungkin juga nih penyebab kencing berdarah ini karena seseorang nggak cukup terhidrasi saat berolahraga.

Pembesaran Prostat

Prostat adalah kelenjar yang menjadi bagian dari sistem reproduksi pria dan membantu memproduksi air mani. Letakny ada di bawah kandung kemih dan di depan rektum.

Prostat yang membesar bakalan menekan uretra dan membautanya jadi sulit buang air. Kadung kemih bisa mengimbangi dengan bekerja lebih keras untuk mengeluarkan urin, yang dapat menyebabkan kerusakan dan pendarahan. Nah dari sinilah kemudian muncul penyebab kencing berdarah.

Penggunaan Kataterisasi

Pada pria, penggunaan kateter urin bisa berada di dalam atau di luat. Kateter yang menetap dimasukkan ke dalam kandung kemih melalui uretra. Nah, biasanya kateter ini tetap berada di kandung kemih selaam beberapa hari atau minggu.

Sedangkan ada juga kateter eksternal yang dipasang pada penis dan mengumpulkna urin ke dalam kantong.

Kedua jenis ini memungkinkan bakteri buat masuk ke uretra lalu berkembang biar, yang kemungkinan menyebabkan infeksi saluran kemih. Dan inilah yang kemudian jadi penyebab kencing berdarah.

Cedera pada Ginjal

Glomerulonefritis adalah sekelompok penyakit yang menyerang struktur kecil dalam ginjal yang membantu menyaring dan membersihkan darah. Pada kondisi ini, ginjal nggak bisa menyeluarkan limbah dan kelebihan cairan dalam tubuh yang bila dibiarkan bisa jadi penyakit gagal ginjal dan merupakan salah satu penyebab kencing berdarah.

Penggunaan Obat

Ada beberapa jenis obat yang kemungkinan jadi penyebab kencing berdarah, antara lain:

  • Obat pengencer darah
  • Obat antiinflamasi nonsteroid
  • Siklofosfamid dan ifosfamid, yakni obat kemoterapi. Penggunaan dalam waktu yang lama bisa merusak ginjal dan menyebabkan darah muncul dalam tes urin.
  • Senna, yakni obat pencahar. Pengunaan jangka panjang obat ini bisa jadi penyebab kencing berdarah.

Kanker Prostat

Cuman sedikit pria yang merasakan gejala di awal penyakit ini datang. Kalaupun muncul, salah satunya yakni keberaaan darah pada kencing.

Kanker Kandung Kemih

Sama halnya dengan kanker prosat nih, gejala wal pada kanker ini sering nggak terdeteksi. Namun kemunculkan darah pada kencing bisa dikategorikan sebagai indikasi awal. Maka dari itu, tes skrining atau cek kesehatan secara menyeluruh dan rutin penting banget untuk dilakukan.

3 dari 3 halaman

Apa Penyebab Kencing Berdarah dan Pengobatannya

Penyebab Kencing Berdarah © Diadona

Meski biasanya nih penyebab kencing berdarah ini bukan karena kondisi yang serius, tapi begitu terjadi, maka penderita kudu segera ke dokter ya!

Selanjutnya tes urin bakalan membantu memastikan keberadaan darah. Dokter juga mungkin bakalan melakukan pemeriksaan fisik untuk mengetahui penyebab kencing berdarah ini lebih lanjut.

Beri Komentar