11 Manfaat Daun Jarak Pagar untuk Payudara, Pria, dan Bayi

Reporter : Sofi
Kamis, 20 Februari 2020 12:02
11 Manfaat Daun Jarak Pagar untuk Payudara, Pria, dan Bayi
Tanaman jarak yang biasa ada di pekarangan, ternyata dapat kamu manfaatkan loh! Berikut manfaat daun pagar yang harus kamu tahu.

Tumbuhan ini dikenal sangat tahan kekeringan dan mudah diperbanyak dengan stek. Tanaman ini sudah terkenal mampu dijadikan sebagai bahan pengobatan sekaligus racun. Untuk mendapatkan manfaat daun jarak ini, ada berbagai bagian tanaman jarak yang bisa digunakan. Mulai dari daun, biji, dan buahnya. Bukan tanpa sebab ada segudang manfaat daun jarak yang dihasilkan dari daun jarak ini.

Ada beberapa kandungan zat penting yang dibutuhkan untuk tubuh seperti alkaloid, astragalin, fitonutrien, nicotiflorin, kaempferol, dan quercetin. Senyawa-senyawa yang terkandung dalam daun jarak tersebut memiliki fungsinya masing-masing.

Ada yang bersifat sebagai antioksidan, antibakteri, antiinflamasi, dan lain sebagainya yang penting untuk merawat fungsi tubuh. Jadi, walaupun tergolong tanaman liar, daun jarak memiliki segudang manfaat tak terduga bagi kesehatan tubuh. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah manfaat daun jarak.

1 dari 4 halaman

Manfaat Daun Jarak untuk Payudara

Ilustrasi WanitaIlustrasi Wanita © rawpixel.com

Payudara yang kencang adalah dambaan setiap wanita. Untuk mewujudkan hal ini, Salah satu cara untuk mengencangkan payudara adalah dengan menggunakan manfaat daun jarak. Caranya cukup tumbuk 3-5 helai daun jarak sampai halus, kemudian oleskan pada payudara secara merata. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, kemudian bersihkan payudara dengan air hangat. Lakukan cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil sesuai yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Manfaat Daun Jarak Pagar untuk Pria

ilustrasi pria mencuri pandangilustrasi pria mencuri pandang © rawpixel.com

Ada mitos yang beredar bahwa manfaat daun jarak efektif untuk memperbesar ukuran penis pria. Kandungan fitronutrien yang memiliki fungsi untuk memblokir aromatase sehingga produksi testosteron meningkat disinyalir sebagai penghasil manfaat daun jarak yang satu ini. Akan tetapi, tidak adanya bukti ilmiah yang bisa mendukung hal ini menyebabkan klaim manfaat daun jarak untuk memperbesar alat kelamin pria masih diragukan kebenarannya.

3 dari 4 halaman

Manfaat Daun Jarak Pagar

Daun jarak pagar adalah tanaman herbal yang sudah sejak lama dipercaya dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan, dari yang ringan hingga berat. Berikut manfaat daun jarak pagar yang harus kamu tahu.

Memperbaiki kerusakan hati

Menurut sebuah studi, ekstrak daun jarak terbukti dapat digunakan untuk mengatasi kerusakan hati yang disebabkan oleh galactosamine. Selain itu, ekstrak daun jarak juga dapat mengobati peradangan.

Menstabilkan kadar gula darah

Ilustrasi DiabetesIlustrasi Diabetes © familydoctor.org

Manfaat daun jarak juga dapat menstabilkan kadar gula darah. Untuk mendapatkan manfaat daun jarak ini, kamu bisa mengonsumsi air rebusan daun jarak secara rutin. Pada penderita diabetes, manfaat daun jarak dapat mencegah kadar gula darah naik.

Mengobati rematik

Manfaat daun jarak berikutnya mampu mengobati rematik. Untuk mendapatkan manfaat daun jarak ini, kamu bisa menggunakan air rebusan dari daun jarak.

Siapkan lima hingga delapan lembar daun jarak. Kemudian tumbuk hingga halus bersama sedikit air hangat. Setelah itu, oleskan ramuan tersebut pada bagian tubuh yang mengalami rematik. Lakukan setidaknya tiga kali sehari hingga kondisinya mereda.

Menghilangkan kurap

Manfaat daun jarak selanjutnya dapat menghilangkan kurap. Manfaat daun jarak ini didapat dari adanya kandungan minyak yang memiliki senyawa aktif bernama asam undesilenat. Untuk mendapatkan manfaat ini, cukup cuci bersih daun jarak. Kemudian rendam di dalam minyak kelapa selama beberapa jam. Setelah itu panaskan minyak dan daun tersebut ke dalam panci.

Jika sudah siap, oleskan daun jarak tersebut ke bagian permukaan kulit yang terkena kurap. Kemudian tutup bagian tersebut dengan kain katun atau handuk kecil. Diamkan semalaman untuk melihat hasilnya. Untuk hasil maksimal, lakukan secara rutin hingga kurap menghilang.

Mengatasi perut kembung

Manfaat daun jarak juga bisa digunakan untuk mengatasi perut kembung. Untuk mendapatkan khasiatnya, kamu bisa mengoleskan atau menempelkan daun jarak ke bagian perut kamu. Siapkan beberapa daun jarak yang masih utuh, kemudian bersihkan daun jarak hingga tidak ada getah yang menempel.

Setelah itu, berikan daun jarak dengan sedikit minyak kayu putih. Lalu oleskan daun jarak tersebut pada perut dan bagian sekitar dada untuk memberikan rasa hangat. Kamu bisa menggunakannya semalaman ketika tidur.

Meringankan sariawan

Ilustrasi SariawanIlustrasi Sariawan © 2020 https://www.diadona.id/@123dentist

Manfaat daun jarak dapat meringankan sariawan. Kamu bisa menggunakan getah dari daun jarak yang dioleskan ke bagian sariawan. Untuk mendapatkan getah dari daun jarak, kamu bisa meremas-remas bagian daun dan batang hingga getah muncul. Gunakan sedikit getah tersebut pada area yang terkena sariwan.

Mengatasi susah buang air besar

Manfaat daun jarak selanjutnya dapat membantu mengatasi susah buang air besar atau BAB. Untuk mendapatkan manfaat daun jarak ini, cukup gunakan daun jarak yang masih segar. Kemudian cuci bersih daun jarak, kemudian dikukus hingga matang. Setelah itu santaplah daun jarak sebagai lalapan atau pendamping makan kamu.

4 dari 4 halaman

Manfaat Daun Jarak untuk Bayi

Manfaat daun jarak ini juga bisa digunakan untuk bayi. Berikut manfaat daun jarak untuk bayi.

Ilustrasi BayiIlustrasi Bayi © 2019 https://www.diadona.id/pixabay@pexels

Mengatasi Keputihan pada Mulut Bayi

Bagi Anda para orang tua, perlu diketahui bahwasanya bayi berpotensi mengalami keputihan pada mulutnya akibat terinfeksi bakteri candida yang menempel pada puting susu ibu. Jika hal ini kebetulan menimpa si kecil, maka selain menjaga kebersihan puting susu Anda, cara untuk mengatasi kondisi ini adalah dengan memanfaatkan daun jarak.

Kandungan senyawa anti-bakteri pada daun jarak dipercaya ampuh untuk melawan bakteri candida penyebab keputihan pada mulut bayi tersebut. Ambil getah daun jarak yang terdapat di dalam batangnya, kemudian oleskan sedikit saja pada mulut bayi.

Menurunkan panas pada anak

Manfaat daun jarak berikutnya dapat menurunkan panas pada anak. Untuk meredakan panas pada anak dengan menggunakan daun jarak, cukup siapkan 2 hingga 3 helai daun jarak yang sudah dicuci bersih. Kemudian oleskan daun jarak dengan minyak kayu putih. Kemudian panaskan daun jarak tadi di atas api selama 2 menit atau hingga panasnya merata di seluruh permukaan daun.

Setelah daun hangat, letakkan daun tersebut di bagian perut dan punggung bayi. Untuk menjaga daun jarak tidak berubah posisi, kamu bisa memasangkan bedong atau selimut bayi agar tidak mudah lepas.

Kamu juga perlu mengetahui jika daun jarak juga memiliki efek samping yaitu gangguan pencernaan, gangguan lambung, iritasi usus, dan mual-mual. Lebih baik konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kamu sebelum memanfaatkan daun jarak ini. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar