11 Manfaat Buah Okra Hijau dan Merah untuk Kesehatan dan Diabetes, Sayuran Sehat Kaya Serat

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 6 Januari 2021 16:14
11 Manfaat Buah Okra Hijau dan Merah untuk Kesehatan dan Diabetes, Sayuran Sehat Kaya Serat
Manfaat buah okra untuk obat diabetes sudah terbukti melalui pengujian pada hewan uji. Belum diketahui bagaimana hasilnya terhadap manusia sih, tapi lumayan banget kan dimasak sebagai sayuran?

Manfaat buah okra amatlah beragam. Keberadaanya nggak cuman sebagai pilihan sayuran yang biasa dikonsumsi, namun telah melewati beberapa penelitian untuk mengetahui hubungan antara kandungan senyawa di dalamnya denga kesehatan.

Buah okra atau yang lebih dikenal dengan sebutan Lady's Finger biasanya dipanen ketika masih mentah dan dikonsumsi sebagai sayuran di menu masyarakat Asia. Saat dimakan, okra bakalan menghasilkan tekstur berlendir yang terdiri dari serat larut, menghasilkan rasa di mulut yang lengket atau berlendir. Ini yang bikin nggak smeua orang menyukai sayuran ini.

Dan ya, namanya memang buah okra namun umumnya digunakan sebagai sayuran dalam masakan. Okra ini hadir dalam dua warna yaitu hijau dan merah. Kedua varietas ini punya rasa yang sama dan buah okra merah biasanya akan berwarna hijau ketika dimasak.

Meskipun bukan suatu masakan yang umum dan disukai banyak orang, manfaat buah okra ini patut diperhatikan lho. Dilansir dari berbagai sumber, yuk simak apa aja khasiat dalam buah berikut ini.

1 dari 4 halaman

Manfaat Buah Okra Hijau dan Merah

Manfaat Buah OkraManfaat Buah Okra © 2021 gardeningknowhow.co

Berdasarkan penampakana buahnya, buah okra terbagi menajdi dua jenis yakni okra merah dan juga okra hijau. Diadona belum nemuin nih apa perbedaan manfaat buah okra pada kedua jenis tersebut. Namun terdapat ada beberapa perbedaan dalam kandungan, misalnya kandungan serat buah okra merah yang lebih banyak, namun kadar flavonoidnya yang lebih rendah.

Tetapi secara umum, manfaat buah okra pada kedua jenis tersebut adalah sama.

Kaya Nutrisi

Profil nutrisi okra tuh bagus banget lho. Dalam 100 gram buah okra mengandung 33 kalori, 7 gram karbohidrat dan juga 2 gram protein.

Kandungan vitaminnya juga tinggi lho, misalnya vitamin A yang setara dengan 14 % dari total kebutuhan harian, vitamin C senilai 26 % dari, juga vitamin A dan vitamin B6 yang jumalhnya masing-mkasing memenuhi 26% dan 14% kebutuhan harian.

Manfaat buah okra berada dalam kandungan vitamin C sebagai peningkat imunitas tubuh juga vitamin K yang duah diketahui perannya dalam pembekuan darah.

Sebagai tambahan, buah okra juga rendah kalori dan karbohidrat namun punya kandungan protein dan juga serat. Padahal, beberapa buah lainnya punya protein yang rendah lho. Inilah yang membuat buah okra memiliki keunikan tersendiri.

Manfaat buah okra pada kandungan proteinnya ini menjadikannya berpotensi baik pada manajemen berat badan, kontrol gula darah, struktur tulang, dan massa otot.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Manfaat buah okra ini ddidapat dari keberadaan lendirnya yang yang dapat mengikat kolesterol selama pencernaan. Apa tujuannya? Biar kolesterol ini bisa dikeluarkan dengan tinja bukannya diserap ke dalam tubuh.

Manfaat buah okra tersebut sudah dibuktikan melalui penelitian di laboratorium pada tikus penelitian lho. Hasilnya, tikus yang diberikan bubuk okra kehilangan lebih banyak kolesterol ketimbang tikus yang nggak diberikan perlukuan apa-apa.

2 dari 4 halaman

Manfaat Buah Okra untuk Kesehatan

Manfaat Buah OkraManfaat Buah Okra © 2021 medicalnewstoday.com

Apa saja manfaat buah okra di bidang kesehatan? Simak yuk!

Menurunkan Risiko Bayi Lahir Cacat

Manfaat buah okra ini didapatkan dari kandungan folat pada buahnya di mana 100 gram buah okra mengandung sekitar 15 % kebutuha folat harian. Padahal folat ini bagus banget untuk membantu menurunkan risiko cacat tabung saraf, yang memengaruhi otak dan tulang belakang janin yang sedang berkembang.

Sumber Serat

Delapan buah okra mengandung 3 gram serat dimana kebutuhan serat harian mencapai 25 sampai 38 gram pada orang dewasa. Padahal, umumnya pemenuhan serta tersebut cuman 16 gram saja. Jadinya nih manfaat buah okra dalam kandungan seratnya ini tentu penting banget dalam membantu pencernaan , mengurangi rasa lapar, dan membuat kenyang lebih lama.

Anti Capek

Sebuah penelitian nunjukin kalau waktu pemulihan bisa ditnigkatkan dengan penggunaan tanaman okra. Dengan memasukkan okra ke dalam menu harian kamu, hal dipercaya bisa membuat kamu memiliki durasi olahraga yang lebih lama dan pulih lebih cepat setelah aktivitas tersebut.

Kemungkinan Manfaat Sebagai Anti-Kanker

Di dalam buah okra terdapat protein lektin yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker manusia. Namun manfaat buah okra ini masih bersifat tanda tanya karena penelitian yang dilakukan tidak melibatkan hewan uji atu pada manusia langsung, melainkan pengujian reaksi antara lektin tersebut dan sel kanker payudara di tabung reaksi.

3 dari 4 halaman

Manfaat Buah Okra untuk Diabetes

Manfaat Buah OkraManfaat Buah Okra © 2021 medicalnewstoday.com

Di bidang kesehatan, buah okra juga sempat disebut sebagai kandidat kuat obat diabetes. Tapi tentu aja ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Menurunkan Gula Darah

Para peneliti membuktikan kalau okra bisa menurunkan penyerapan gula di saluran pencernaan, yang menyebabkan respons gula darah lebih stabil. Namun, buah ini nggak boleh dikonsumsi oleh mereka yang sedang minum obat diabetes karena dapat mengganggu reaksi obat.

Penelitian dan manfaat buah okra sebagai obat diabetes ini sedang diteliti banget, pun metode konsumsinya sedang sangat berkembang.

Salah satunya dengan minum rendaman buah okra semalaman di mana nutrisi dari kulit dan bijinya dipercaya akan terserap ke dalam air. Manfaat buah okra juga bsia didapatkan dengan memarut kulitnya dan mengeringkannya. Atau beberapa orang memilih mengolah bijinya untuk dijadikan bubuk.

Ingin cara lebih enak dalam menikmatinya? Yakni dengan memasak lendir atau gel okra sebagai sup atau acar okra. Rasanya mungkin akan sedikit nggak nyaman sih, tapi siap atahu ini bisa jadi perawatan hoolistikpenyakit diabetes.

Di tahun 2011, peneliti membuat bubuk dari kulit dan biji okra untuk mengobati tikus yang mengidap diabetes. Setelah kurang lebih 1 bulan, tikus yang mengonsumsi bubuk tersebut memiliki kadar gula darah dan lemak yang lebih rendah dibandingkan yang tidak.

Sayangnya, manfaat buah okra untuk diabetes ini masih memerlukan pengujian lebih lanjut.

Meski begitu, belum ada penelitian ilmiah yang benar-benar nunjukin manfaat buah okra dalam pengobatan diabetes, atau bahkan sebagai pengganti insulin. Tapi dengan adanya beberapa kemungkinan manfaat, nggak ada salahnya untuk mencoba metode ini dengan catatan harus mendapatkan persetujuan dari dokter.

Kandungan Antioksidan

Okra mengandung banyak antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan dan salah satu yang terpenting adalah kandungan polifenolnya, termasuk termasuk flavonoid dan isoquercetin, serta vitamin A dan C.

Berbagai penelitian menunjukkan kalau makan makanan tinggi polifenol dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan risiko penggumpalan darah dan kerusakan oksidatif. Dikutip dari Healthline, polifenol juga bermanfaat bagi kesehatan otak karena kemampuannya yang unik untuk memasuki otak dan melindungi dari peradangan, seperti gejala penuaan, peningkatan kognisi, pembelajaran, dan ingatan.

Mencegah Osteoporosis

Tahukan kamu kalau osteoporosis ii terjadi karean tubuh kekurangan cumber vitamin K yang punya peran memperkuat tulang dan mencegah tulang patah? Nah, okla merupakan salah satu sayuran dengan sumber vitamin K yang baik, bersama dengan bayam dan juga lobak Swiss.

Mendukung Kesehatan Otak dan Jantung

Kandungan polifenolnya bermanfaat menurunkan risiko masalah jantung dan stroke dengan mencegah penggumpalan darah dan mengurangi kerusakan radikal bebas. Antioksidan dalam okra juga bermanfaat bagi otak dengan mengurangi peradangan otak.

Kesehatan Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi pada buah okra bisa membantu mencegah sembelit dan menjaga kesehatan sistem pencernaan. Nggak cuman itu aja, sebagai sumber serat yang baik, manfaat buah okra juga dapat mengurangi nafsu makan dan berkontribusi dalam penurunan berat badan. Masyarakat Asia banyak yang menambahkan ekstrak okra ke makanan untuk melindungi dari iritasi dan penyakit radang lambung. Kemampuannya sebagai antimikroba dan antiinflamasi bisa membantu melindungi dari masalah gastrointestinal.

4 dari 4 halaman

Manfaat Buah OkraManfaat Buah Okra © 2021 medium.com

Manfaat buah okra dalam hal kesehatan sudah Diadona jelasin kan, namun ada juga nih manfaat lain yang terkait dengan itu, antara lain:

Ekstrak kental okra dapat berguna sebagai pengikat tablet, zat penghambat, serum albumin extender, pengganti plasma, atau ekspander volume darah

Biji okra dapat menghasilkan minyak dan juga protein. Manfaat buah okra ini telah digunakan dalam pembuatan minyak dalam skala kecil.

Manfaat buah okra memang banyak, namun jangan sampai menggantikan peran pengobatan medis dalam menangani berbagai masalah kesehatan tersebut ya!

 

Beri Komentar