14 Tanda-Tanda Menstruasi Pertama pada Wanita, Apakah Flek Coklat Diantaranya?

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 13 April 2020 21:52
14 Tanda-Tanda Menstruasi Pertama pada Wanita, Apakah Flek Coklat Diantaranya?
"Wah, marah-marah mulu pasti tanda tanda menstruasi ya?". Sering dengar?

Tanda-tanda menstruasi biasanya udah terjadi pada lima hari sampai dua minggu sebelum menstruasi terjadi. Gejala ini disebut dengan Pra Menstruasi Sindrom (PMS).

Dikutip dari healthline.com, lebih dari 90 persen orang mengalami tanda-tanda menstruasi berupa PMS sampai ke tingkat tertentu. Sebagain besar sih bisa aja muncul dalam bentuk ringan, tapi ada juga yang yang tandanya cukup parah dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Meskipun gejalanya bakalan menghilang seiring dengan datangnya si tamu merah, namun kalau tanda-tanda menstruasi tersebut cukup parah, nggak ada salahnya lho untuk datang ke dokter dan memeriksakan diri.

1 dari 3 halaman

Tanda-Tanda Menstruasi pada Wanita

Ilustrasi Sakit Perut © Diadona

Apakah tanda-tanda menstruasi datang dalam bentuk gampang marah? No. Ini dia 10 tanda paling umum yang menunjukkan kalau bentar lagi menstruasi kamu mau datang.

Kram Perut

Kram perut juga disebut dismenore primer. Itu adalah tanda-tanda menstruasi yang umum.

Kram menstruasi ini biasanya dimulai beberapa hari menjelang menstruasi dan berlangsung selama beberapa hari atau lebih lama setelah menstruasi dimulai.

Kram tanda-tanda menstruasi ini punya tingkat sakit yang bervariasi, bisa aja tumpul, ringan, sedang, atau sakit banget sampe berasa pengen teriak-teriak. Makanya, ngak salah deh kalo memberlakukan cuti haid, karena kram perut ini emang sakitnya minta ampun.

Rasa sakit karena kram menstruasi ada di perut bagian bawah. Trus juga ada rasa kram dan pegal yang menjalar ke punggung dan paha bagian atas.

Kondisi kesehatan tertentu bisa membuat kram jadi berasa sakit banget, diantaranya:

  • Endometriosis
  • Stenosis serviks
  • Adenomyosis
  • Penyakit radang panggul
  • Fibroid

Jerawat

Pernah kan kamu menjadikan kemunculan jerawat sebagai tanda-tanda menstruasi? Sekitar setengah perempuan di dunia melihat adanya penambahan jerawat sekitar satu minggu sebelum menstruasi.

Dan uniknya, jerawat tanda-tanda menstruasi ini sering muncul di dagu dan rahang. Tapi bisa juga sih muncul di wajah, punggung, atau area tubuh lainnya. Jerawat ini terjadi dari perubahan hormon alami yang terkait dengan siklus reproduksi wanita.

Saat terjadi ovulasi tapi tidak terjadi kehamilan, maka kadar estrogen dan progesteron menurun dan androgen, seperti testosteron, sedikit meningkat. Androgen inilah yang dalam sistem tubuh merangsang produksi sebum, minyak yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous kulit.

Karena terlau banyak produksi sebum, maka jerawat bisa muncul. Jerawat sebagai tanda-tanda menstruasi biasanya bakalan hilang menjelang akhir menstruasi atau segera sesudahnya saat kadar estrogen dan progesteron mulai naik.

Payudara yang Mengeras

Selama paruh pertama siklus menstruasi, kadar estrogen bakalan meningkat. Inilah yang bakalan merangsang pertumbuhan saluran susu di payudara.

Kadar progesteron mulai meningkat di tengah siklus di sekitar ovulasi. Ini membuat kelenjar susu di payudara membesar dan membesar. Perubahan ini menyebabkan payudara terasa sakit, bengkak, tepat sebelum atau selama menstruasi.

Tanda-tanda menstruasi ini mungkin sedikit dialami oleh perempuan. Beberapa yang lain merasa kalau payudaranya jadi sangat berat dan menggumpal.

Ngidam

Bukan cuman hamil aja, ngidam juga bisa menjadi tanda-tanda menstruasi. Hal ini nggak bisa dijelaskan sih. Selain ngidam, biasanya juag terjai kenaikan nafsu makan.

Kelelahan

Saat menstruasi semakin dekat, tubuh bakalan mengatur diri dari mode 'siap hamil', jadi 'siap menstruasi'. Hormon bakalan menurun, trus tanda-tanda menstruasi berupa kelelahan bakalan terjadi. Bahkan perubahan mood juga bakalan membuat seseorang jadi merasa lelah.

Kembung

Perut terasa kembung bukan melulu tanda masuk angin, bisa jadi tanda-tanda menstruasi. Perubahan kadar estrogen dan progesteron dapat menyebabkan tubuh menahan lebih banyak air dan garam dari biasanya. Nah, ini lho penyebab munculnya tanda-tanda menstruasi berupa kembung.

Payudara Jadi Lembut

Maka, penting banget kan untuk mengenali perubahan pada payudara. Selain untuk tahu tanda-tanda menstruasi, juga untuk mendeteksi adanya masslah pada payudara.

Masalah Usus

Karena usus ini sensitif terhadap perubahan hormon, maka mungkin terjadi perubahan pada waktu kamu BAB sebelum dan selama menstruasi.

Prostaglandin yang menyebabkan kontraksi rahim juga dapat menyebabkan kontraksi terjadi di usus. Kamu mungkin lebih sering buang air besar saat menstruasi. Tanda-tanda menstrausi juga bisa muncul berupa

  • Diare
  • Mual
  • Sembelit

Sakit Kepala

Karena hormon bertanggung jawab untuk menghasilkan respons rasa sakit, dapat dipahami bahwa kadar hormon yang berfluktuasi dapat menyebabkan sakit kepala dan migrain terjadi.

Serotonin adalah neurotransmitter yang sering memicu migrain dan sakit kepala. Estrogen dapat meningkatkan kadar serotonin dan jumlah reseptor serotonin di otak pada titik-titik tertentu selama siklus menstruasi. Interaksi antara estrogen dan serotonin dapat menyebabkan migrain terjadi pada mereka yang rentan terhadap kedua hormon tersebut.

Ngerasa Haus

Beberapa saat menjelang menstruasi, biasanya wanita jadi merasa sering haus. Ini terjadi karena terjadi retensi air.

Perubahan Suasana Hati

Ayo siapa yang moody sebelum menstruasi datang? Tanda-tanda menstruasi secara emosional ini bisa muncul berupa

  • Depresi
  • Gampang marah-marah
  • Gelisah

Ini sih mungkin karena salah dari tingkat hormon estrogen dan progesteron yang berfluktuasi .

Nyeri di Punggung Bagian Bawah

Kontraksi uterus dan perut yang dipicu oleh pelepasan prostaglandin juga dapat menyebabkan kontraksi otot terjadi di punggung bagian bawah.

Tanda-tanda menstruasi karena proses ini bisa berupa rasa sakit. Beberapa orang bahkan merasakan ada nyeri punggung bawah yang signifikan selama masa menstruasi.

Susah Tidur

Tanda-tanda menstruasi seperti kram, sakit kepala, dan perubahan suasana hati semua dapat mempengaruhi tidur. Misalnya, ajdi susah mulai tidur atau bikin tidur kurang nyenyak.

Saat sedang ovulasi, suhu inti tubuh naik sekitar setengah derajat dan tetap tinggi sampai menstruasi. Kayak nggak banyak ya, tapi tanda-tanda menstruasi ini bisa berakibat pada kenyenyakan tidur.

Keputihan dengan Konsistensi Tertentu

Tahu nggak sih kalau kondisi keputihan bisa menjadi pertanda sikuls pada tubuh. Misalnya, kesuburan, atau tanda-tanda menstruasi. Sebelum menstruasi, biasanya keputihan bakalan berupa lendir yang kental seperti lem.

2 dari 3 halaman

Tanda-Tanda Menstruasi Pertama Kali

ilustrasi remaja pacaran © Diadona

Sebagian besar cewek mengalami menstruasi pertama mereka saat umur 12 tahun. Tapi bisa juga terjadi antara umur 10 sampai 15 tahun. It's okay, setiap orang punya waktunya masing-masing kan?

Nggak ada usia yang tepat kapan seseorang menstruasi pertama kali, makanya umur nggak bisa jadi tanda-tanda menstruasi pertama. Tapi ada beberapa gejala yang biasanya muncul

Sebagian besar anak perempuan mulai dapat menstruasi pertama sekitar 2 tahun setelah payudara mengembang

Tanda-tanda menstruasi pertama yang mungkin muncul yaitu keluarnya keputihan. Keputihan ini mungkin terjadi sekitar 6 bulan atau satu tahun sebelum menstruasi pertama.

3 dari 3 halaman

Flek Coklat Tanda Kehamilan atau Menstruasi?

ilustrasi ibu hamil © Diadona

Tanda-tanda menstruasi bisa berupa datangnya bercak coklat. Ini merupakan tanda darah tua, yaitu darah punya waktu untuk teroksidasi. Makanya, darah ini berbeda ketimbang darah yang berwarna merah.

Bercak kecoklatan bisa dikaitkan dengan:

Tanda-Tanda Menstruasi Mau Datang atau Berakhir

Saat aliran darah mulai melambat, darah mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk keluar dari tubuh. Darah yang berada di rahim lebih lama biasanya bakalan berwarna coklat. Darah ini juga mungkin darah yang bersisa dari menstruasi

Lochia

Yaitu bercak yang muncul pertama di empat sampai enam minggu setelah melahirkan. Awalnya bercak ini keluar banyak, namun sejak hari keempat dan seterusnya, lokia mungkin akan berwarna merah muda atau kecoklatan.

Kehamilan

Dan ya, bercak ini juga bisa jadi muncul saat hamil. Biar nggak was-was, silahkan hubungi dokter.

Keguguran

Keguguran berkaitan dengan pendarahan berwarna merah, tapi ada juga beberapa wanita yang mengalami 'keguguran yag terlewatkan'. Pada keguguran ini, janin berhenti berkembang tapi nggak keluar dari rahim setidaknya selama 4 minggu.

Beberapa wanita mengalami pendarahan hebat dan gumpalan darah, sementara beberapa yang lain mengalami pendarahan berwarna coklat tua.

Tanda-tanda menstruasi yang mau datang bisa banget jadi pertimbangan kamu untuk melakukan aktivitas, misalnya yang berkaitan dengan ibadah, atau kegiatan lainnya.

Beri Komentar