Bisakah Melakukan Tes Kehamilan 12 Hari setelah Berhubungan Badan

Reporter : Riza Umami
Kamis, 26 Desember 2019 16:28
Bisakah Melakukan Tes Kehamilan 12 Hari setelah Berhubungan Badan
Saat sudah menanti momongan, mungkin kamu ingin segera melakukan tes kehamilan. Berikut ini penjelasan berapa lama waktu yang paling cepat kamu bisa melakukan pemeriksaan kehamilan dengan test pack.

Beberapa pasangan mungkin ingin segera dikaruniai momongan karena berbagai alasan atau kehamilan ini memang sudah ditunggu-tunggu sejak lama. Oleh sebab itu setelah berhubungan badan dengan pasangan, ingin segera mengetahui hasilnya dan sudah tak sabar.

Dilansir dari laman Boldsky (04/05), alat tes kehamilan adalah yang paling mudah digunakan untuk memeriksa apakah sang wanita hamil atau tidak. Bila menggunakan alat ini biasanya ada jeda waktu setelah melakukan hubungan dengan suami di mana dalam waktu ini janin mulai tumbuh dan berkembang dalam kandungan.

Biasanya alat tes kehamilan atau yang biasa disebut dengan test pack ini bekerja dengan baik jika digunakan pada hari keempat atau kelima setelah kamu melewatkan menstruasi. Namun, hal ini akan sedikit susah jika kamu memiliki menstruasi yang tidak teratur.

Setelah terjadi proses pembuahan, sel telur yang dibuahi ini akan ditanamkan dan plasenta pun mulai terbentuk dan tumbuh. Pada saat itulah tubuh memproduksi hormon HCG (Human Chorionic Gonadotropin). Alat tes kehamilan mendeteksi hormon ini di dalam tubuh untuk memastikan seseorang hamil atau tidak.

Secara medis untuk mendapatkan hasil yang optimal, kamu perlu menunggu paling tidak satu hari setelah periode terlewat. Namun, hasil ini akan lebih akurat lagi jika kamu bersabar menunggu setelah tujuh sampai sepuluh hari dari tanggal menstruasi yang terlewat.

Seberapa cepat kamu bisa memeriksakan kehamilan menggunakan test pack yaitu bergantung pada jumlah HCG yang ada di dalam tubuh. Biasanya HCG ini akan terdeteksi jika sudah mencapai kadar tertentu di dalam tubuh. Berdasarkan hal ini sebenarnya kamu bisa menggunakan alat tes kehamilan 10 hingga 15 hari setelah melakukan hubungan badan dengan pasangan tanpa menggunakan kondom. Jika hasilnya positif, kamu bisa memeriksakannya pada dokter setelah beberapa minggu untuk memastikan hasil test pack itu.

Kalau kamu punya cerita saat melakukan tes kehamilan, tulis di bawah ini, ya!

Beri Komentar