10 Penyebab Kanker Prostat pada Pria di Usia Muda

Reporter : Wicha Mashita
Senin, 8 Juni 2020 11:40
10 Penyebab Kanker Prostat pada Pria di Usia Muda
Bukan hanya faktor usia, ada penyebab kanker prostat lainnya yang perlu kamu tahu.

Umumnya, penyebab kanker prostat adalah usia yang ada di atas 65 tahun. Tapi ternyata nggak hanya itu saja loh! Bahkan kamu yang masih di usia muda juga bisa terkena penyakit ini.

Kanker prostat sendiri merupakan penyakit yang berkembang pada kelenjar prostat. Nah kelenjar ini ada di bagian sistem reprosuksi yang posisinya mengelilingi saluran urine dari kandung kemih ke penis. Prostat adalah kelenjar berukuran kecil yang letaknya di bagian dasar kandung kemih. Ia memiliki fungsi sebagai penghasil cairan yang dikeluarkan bersama sperma saat ejakulasi.

Biasanya kanker prostat ditandai dengan adanya gangguan pada buang air kecil. Menurut data WHO, kanker prostat ini merupakan salah satu jenis kanker yang sering menyerang laki-laki sampai 1,3 juta di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri kanker ini menempati posisi ke-2 paling banyak yang diderita laki-laki.

1 dari 3 halaman

Penyebab Kanker Prostat pada Pria

Penyebab kanker Prostat © Diadona
Adanya perubahan genetik pada sel-sel kelenjar prostat menjadi penyebab kanker prostat yang umum. Namun, penyebab mutasi atau perubahan genetik tersebut masih belum diketahui kenapa. Berikut ini faktor yang bisa memicunya, antara lain:

1. Faktor usia, semakin bertambah maka semakin memungkinkan. Rata-rata diderita pria di atas 65 tahun.

2. Faktor genetik, biasanya kalau ada keluarga yang menderita penyakit kanker prostat maka memicu penyakit ini diderita anggota keluarga lainnya.

3. Terkena paparan zat kimia.

4. Mengalami penyakit menular seksual, seperti HIV/AIDS.

5. Obesitas atau kelebihan berat badan.

2 dari 3 halaman

Penyebab Kanker Prostat pada Usia Muda

Penyebab kanker Prostat © Diadona
Seperti yang sudah dibahas sebelumnya kalau kanker prostat ini juga bisa dialami laki-laki di usia muda. Adapun beberapa penyebab kanker prostat dikarenakan hal-hal sebagai berikut.

1. Pola makan yang tidak sehat, kalau terlalu banyak dan sering mengonsumsi yang mengandung kalsium bisa memicu kanker prostat.

2. Daging merah juga makanan yang bisa jadi menyebabkan kanker prostat guys!

3. Produk makanan dan minuman olahan susu, sebab mengandung lemak yang tinggi.

4. Kurang makanan berserat.

5. Ras juga berpengaruh menjadi faktor pemicu menyebabkan kanker prostat. Laki-laki yang berasal dari ras Afrika-Amerika dan Karibian cenderung memiliki risiko lebih besar terkena kanker prostat. Kasus penyakit ini juga lebih sering terjadi di Amerika Utara, Eropa Barat Laut, Australia dan Kepulauan Karibia.

3 dari 3 halaman

Adapun gejalanya yang bisa dikenali biasanya muncul gangguan pada buang air kecil. Namun, memang awalnya tidak ada gejala apapun. Ketika kanker membesar atau meradang baru terjadi gangguan buang air kecil.

Maka dari itu perlu adanya pemeriksaan ebrupa skrining dalam bentuk tes PSA dan colol dubur. Sayangnya, hal ini masih kontroversial karena belum bisa memberikan hasil tes yang spesifik. Jadi perlu adanya diskusi terlebih dulu dengan dokter.

Nah itu tadi guys, penyebab kanker prostat yang bisa menyerang usia muda. Jadi tetap hati-hati dengan menjaga kebersihan dan pola hidup sehat ya!

Beri Komentar