10 Penyebab Darah Kental dan Cara Mengatasinya Seperti Ini loh!

Reporter : Wicha Mashita
Jumat, 26 Juni 2020 15:27
10 Penyebab Darah Kental dan Cara Mengatasinya Seperti Ini loh!
Apa penyebab darah kental?

Penyebab darah kental ini ada berbagai macam hal dan nggak boleh disepelekan. Sebab, menurut Universitas Harvard, Amerika darah kental bisa meningkatkan risiko terkena penyakit kardiovaskular. Misalnya seperti stroke, emboli paru, jantung koroner dan penyakit jantung lainnya.

Memang sih, darah kental adalah suatu kondisi yang normal apalagi saat mengalami luka. Hal ini karena adanya pembekuan darah yang bertujuan menghentikan pendarahan serta membantu proses penyembuhan luka.

Tapi, ada beberapa kondisi pembekuan darah yang nggak normal. Inilah yang membuat darah menjadi lebih kental, tebal dan lengket. Peristiwa ini biasa disebut hiperkoagulabilitas dalam dunia medis.

1 dari 7 halaman

?Makanan Penyebab Darah Kental

Nanas © Diadona
Tidak ada makanan tertentu yang bisa menjadi penyebab darah kental. Namun jenis obat-obatan tertentu bisa memengaruhi tekstur darah. Misalnya seperti obat hormonal, pil KB, heparin dan tamoxifen.

Kalau tadi makanan penyebab darah kental, ada juga loh makanan yang bisa membuat darah menjadi lebih encer, diantaranya:

Buah Nanas


Ada kandungan senyawa bromelain yang bisa mencegah pembekuan darah dalam buah nanas. Bromelain ini bisa menghambat pembuatan fibrin dalam tubuh, yaitu protein yang menyebabkan darah menggumpal. Enzim nanas juga bersifat anti-peradangan loh! Jadi aman banget dikonsumsi.

2 dari 7 halaman

Bawang Putih

bawang putih © Diadona
Bumbu dapur yang satu ini bukan hanya berfungsi sebagai penyedap masakan, tapi juga ada kandungan senyawa aktif yang berperan menjadi antikoagulan. Ada pula senyawa antitrombotik yang dapat mengurangi penggumpalan darah.

Menurutu penelitian, bubuk bawang putih yang nggak berbau inilah memperlihatkan aktivitas antitrombotik. Bawang putih jadi diyakini bisa mengencerkan darah meski hanya sebentar.

Kunyit


Selain bawang putih, kunyit juga berperan sebagai pengencer darah. Hal ini dibuktikan dari sebuah penelitian pada tahun 2011 tentang aktivitas antikoagulan dalam kunyit yang dipakai untuk bumbu kari. Kurkumin dipercaya bisa menghambat pembekuan darah.

3 dari 7 halaman

Jahe

jahe © Diadona
Rempah dengan rasa pedas yang hangat ini juga dipercaya sebagai makanan pengencer darah. Ada kandungan asam asetilsalisilat atau aspirin yang bisa mengencerkan darah cukup kuat. Mengonsumsinya bisa berbagai macam cara, baik langsung atau diolah jadi bumbu makanan.

Vitamin E


Makanan yang mengandung vitamin E juga dipercaya bisa mengurangi pembekuan darah. Tapi efeknya berbeda-beda ya, tergantung kondisi badan masing-masing. Makanan dengan kandungan vitamin E tersebut yaitu:

-Kacang almond
-Biji-bijian
-Biji bunga mataharu
-Minyak biji gandum
-Minyak bunga matahari

4 dari 7 halaman

Penyebab Darah Kental dan Cara Mengatasinya

Penyebab Darah Kental © Diadona
Pengumpalan darah ini melibatkan trombosit dan protesin khusus yang menjadi penyebab darah kental. Hal ini normal terjadi saat tubuh mengalami luka. Kemudian gumpalan darah akan hilang saat luka sudah sembuh.

Namun, kondisi darah kental bisa terjadi kapanpun meski tubuh tidak terluka. Inilah beberapa faktor yang menjadi penyebab darah kental:

1. Obat-obatan tertentu, seperti pil KB, obat hormonal, heparin dan tamoxifen.

2. Faktor genetik atau keturunan.

3. Mengalami cidera seperti patah tulang di kaki.

4. Adanya gumpalan kolesterol di pembuluh darah.

5. Obesitas atau kelebihan berat badan.

5 dari 7 halaman

6. Memiliki kebiasaan hidup yang nggak sehat, seperti jarang olahraga dan merokok.

7. Memiliki riwayat penyakit tertentu, seperti kanker, diabetes, sirosis, penyakit jantung, sepsi, kelainan autoimun dan radang pembuluh darah atau vaskulitis.

8. Kehamilan juga menjadi penyebab darah kental.

9. Faktor usia, biasanya rentan terjadi pada usia lanjut.

10. Berbaring terlalu lama setelah operasi.

6 dari 7 halaman

Penyebab Darah Kental © Diadona

Penyebab darah kental ini bisa dicegah kok, pastinya dengan menerapkan gaya hidup sehat seperti di bawah ini.

1. Berolahraga dan hindari duduk dalam waktu yang lama. Sebab, duduk atau berbaring terlalu lama bisa membuah darah menggumpal di bagian tungkai yang nantinya akan menyebar ke organ lain.

2. Gaya hidup sehat lainnya juga diterapkan seperti mengonsumsi makanan bergizi yang kaya akan nutrisi, hindari asap rokok, tidak mengonsumsi alkohol dan berolahraga. Sebab, rokok dan alkohol juga termasuk pemicu penyebab darah kental.

3. Konsumsi air putih yang cukup. Soalnya dehidrasi bisa bikin pembuluh darah menyempit loh! Setidaknya sehari kamu perlu 8 gelas atau 2 liter air putih.

 

7 dari 7 halaman

4. Ada juga obat-obatan yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi darah kental. Biasanya obat-obatan ini akan diberikan kepada orang yang baru menjalani operasi atau perempuan hamil.

5. Mamakai stockong kompresi yang khusus untuk memperlancar aliran darah di tungkai. Biasanya stocking ini dipakai orang-orang yang dirawat di rumah sakit dalam kurun waktu lama.

Nah, itulah beberapa penyebab darah kental dan cara mengatasinya yang bisa kamu cegah mulai sekarang. Hidup sehat itu nggak rugi, kok!

Beri Komentar