10 Penyakit Akibat Kerja, Pengertian dan Contohnya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 6 Juli 2020 19:49
10 Penyakit Akibat Kerja, Pengertian dan Contohnya
Penyakit akibat kerja muncul karena lokasi kerja dan jenis profesinya

Penyakit akibat kerja adalah penyakit yang terjadi sebagai akibat paparan dari berbagai hal akibat aktivitas kerja. Penykit ini punya sebab yang beragam, mungkin karena faktor-faktor yang ada di lingkungan kerja atau faktor lain yang kemudian berperan untuk mengembangkan penyakit tersebut.

Melansir Encyclopedia Britannica, penyakit akibat kerja dihasilkan dari berbagai faktor biologis, kimia, fisik, atau psikologis yang ada di lingkungan kerja, atau dalam perjalanan kerja.

1 dari 4 halaman

Penyakit Akibat Kerja

Penyakit Akibat Kerja © Diadona

Pada dasarnya, penyakit akibat kerja ini bisa dicegah kok. Bahkan penyebabnya bisa dibilang karen akondisi kerja yang salah.

Mengendalikan bahaya kesehatan yang ada di tempat kerja bisa mengurangi angka kejadian penyakit ini, dengan manfaat moral dan ekonomi yang jauh lebih besar.

2 dari 4 halaman

Contoh Penyakit Akibat Kerja

Penyakit Akibat Kerja © Diadona

Melansir Indonesia Safety Center, berikut contoh penyakit akibat kerja yang menjadi risiko untuk karyawan di berbagai industri.

Penyakit Paru-Patu

Melansir Johns Hopkins Medicine, paparan berulang dan jangka panjang unuk iritasi tertentu selama bekerja, bisa menyebabkan penyakit akibat kerja seperti penyakit paru-paru. Efeknya bisa berlangsung jangka panjang, bahan setelah udah nggak bekerja di tempat tersebut lagi.

Ini bisa terjadi karea sifat lokasi, pekerjaan dan linkungan pekerjaannya lebih berisiko terhadap paru-paru ketimbang pekerjaan yang lain.

Banyak orang yang mengira kalau pekerja tambang adalah satu-satunya orang yang rentan terkena penyakit akibat kerja ini. Padahal ini juga bisa terjadi pada montir atau mereka yang bekerja di pabrik tekstil.

Penyakit Kulit

Penyakit kulit menempati posisi lima besar dalam penyakit akibat kerja yang paling banyak terjadi. Biasanya ini disebabkan karena bahan kimia atau tangan yang basah dalam waktu yang lama.

Jenisnya bisa berupa dermatitis kontak, yakni radang kulit yang dihasilan karena iritasi. Atau bisa juga nih kulit mengalami irirtasi

Gangguan Pendengaran

Ini terjadi pada pekerja yang terpapar kebisingan tinggi dalam waktu yang lama. Suara tersebut bisa muncul karena mesin atau karena hal lainnya.

Keracunan

Mereka yang bekerja sebagai analis bahan kimia sangat rentang dengan risiko penyakit akibat kerja ini. Karena, setiap hari mereka berhubungan dengan bahan-bahan kimia. Terlebih lagi orang yang bekerja langsung menangani limbah industri.

Keracunan ini bisa disebabkan oleh zat-zat logam berat seperti kadmium, raksa, timbal, dan lainnya.

Sakit Mata

Ini terjadi akibat radiasi komputer, dan menimpa mereka yang bekerja dengan menatap layar terus-terusan. Untuk itu penting banget untuk memakai pelindung mata dan beristirahat.

 

3 dari 4 halaman

Pengertian Penyakit akibat Kerja

Ilustrasi Bekerja © Diadona

Kelainan Genetika

Penyakit akibat kerja ini bisa terjadi oleh mereka yang berdekatan dengan zat-zat radioaktif, yang menimbulkan radiasi. Kelainan genetik ini bahaya banget karena bisa berpengaruh pada keturunan.

Penyakit Otot dan Syaraf

Bisa menimpa mereka yang bekerja secara fisik. Apabila fisik terus dipacu untuk kerja melebihi kapasitas, bukan nggak mungkin terjadi penyakit akibat kerja pada otot dan syaraf.

Infeksi

Bisa karena bakteri dan virus yang ditularkan oleh rekan kerja, atau pasien pada mereka yang bekeraj di fasilitas kesehatan. Atau bsia juga infeksi akibat luka karena kecelakaan kerja.

Alergi

Penyakit akibat kerja ini bisa muncul karena faktor lingkungan, seperti suhu yang sering berubah, udara kotor atau yang lainnya. Tapi bisa juga menimpa mereka yang sensitif pada kondisi tertentu.

Repetitive Strain Injury dan Carpal Tunnel Syndrome

Yakni penyakit akibat kerja yang rentan dialami mereka yang terlalu lama mengetik di komputer. Ini karena kegiatan mengetik bisa menyebabkan ketegangan di bagian otot, tendon, saraf di lengan, jari, dan juga pergelangan tangan.

Gejala penyakit akibat kerja ini bisa berupa rasa sakit, mati rasa hingga kesemutan di bagian tangan dan juga lengan.

 

4 dari 4 halaman

Masih menurut Encyclopedia Britannica, pengertian penyakit akibat kerja yaitu penyakit yang terkait dengan pekerjaan atau industri tertentu. Ini bisa karena faktor risiko pekerjaan baik karena profesi atau lokasi tempat bekerja.

Penyakit akibat kerja tersebut bisa dicegah dengan menerapkan pedoman kesehatan dan keselamatan kerja. Kalau ternyata tempat kerja kamu belum memberikan fasilitas tersebut, nggak ada salahnya untuk mengajukannya.

Beri Komentar