10 Obat Penyakit Liver Tradisional, Herbal dan Alami

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 12 Juni 2020 20:27
10 Obat Penyakit Liver Tradisional, Herbal dan Alami
Obat penyakit liver dari pilihan non-medis biasanya banyak dicari karena dianggap aman dan murah. Tapi bukan berarti menajdi pengganti obat dari dokter ya!

Obat penyakit liver harus tergantung pada diagnosis penyakit. Yang artinya, nggak boleh dilakukan tanpa pengawasan okter.

Beberapa obat penyakit liver mencakup perubahan gaya hidup, menghentikan penggunan alkohol, kontrol berat badan. Dan hal tersebut merupkana bagian dari program medis yang mencangkup pemantauan hati-hati pada kondisi liver. Sedangkan masalah liver lainnya, bsia diobati dengan obat-obatan tertentu, atau mungkin diperlukan operasi.

1 dari 3 halaman

Obat Tradisional Penyakit Liver

Obat Penyakit LiverObat Penyakit Liver © 2020 kenresearch.com/

Pengobatan tradisional kerap menjadi sasaran untuk berbagai macam penyakit. Selain dianggap lebih aman karena tanpa kandungan kimia, obat-obatan aini juga bsia jadi lebih murah. Tapi, efektid nggak sih?

Salah satu penyakit liver yaitu adanya penumpukan lemak di dalamnya. Penyebabnya bisa karena konsumsi alkohol, dan sebab lain yang belum diketahui.

Melansir Healthline, berikut beberapa obat penyakit liver berlemak yang bisa penderita coba di rumah:

Diet Mediterania

Sebuah penelitian di tahun 2017 menyebut kalau diet mediterania bisa menjaid obat penyakit liver dengan mengurangi lemak pada hati.

Kaya gimana sih diet mediterania itu? Yaitu pola makan yang berfokusp ada berbagai makanan dari tumbuhan, termasuk buah-buahan dan sayuran segar, juga lemak sehat.

Kopi

Kopi ternyata bisa menjadi obat penyakit liver lho! Berdasarkan penelitian di tahun 2016, kopi memberikan sejumlah manfaat untuk hati. Secara khusus, itu merangsang produksi enzim hati yang diyakini untuk melawan peradangan.

Kopi sebagai obat penyakit liver juga dilaporkan bisa mengurangi kerusakan hati secara keseluruhan.

2 dari 3 halaman

Obat Herbal Penyakit Liver

Obat Penyakit LiverObat Penyakit Liver © 2020 healthline.com/

Dalam pengobatan kuno atau pengobatan tradisional cina, bahan herbal telah digunakan secara berabad-abad untuk obat penyakit liver.

Tanaman Hepatoprotektif

Di dunia Barat, misalnya, Avicenna, yang merupakan salah satu dokter paling terkenal di era lama, menulis The Canon of Medicine . Di Canon, Avicenna memperkenalkan banyak tanaman hepatoprotektif dan obat senyawa, dan beberapa formula yang memiliki efek sebagai obat penyakit liver.

Sho-Saiko-To

Sedangkan dalam ilmu obat-obatan Cina, dikenal Sho-saiko-to, juga dikenal sebagai Formula Xiao-Chai-Hu-Tang , umum digunkan sebagai obat penyakit hati, terutama hepatitis kronis dan sirosis hati. Iniadalah obat herbal pertama yang disetujui oleh Food and Drug Administrator.

Sho-saiko-to banyak diresepkan untuk pasien dengan semua jenis hepatitis untuk pengobatan jangka panjang. Sekitar 1.5 juta pasien kemungkinan menggunakan formula ini sebagai obat penyakit liver.

Sayangnya, konsumsi jangka panjang Sho-saiko-to, menghasilkan beberapa efek samping yang parah, seperti pneumonia interstitial dan kegagalan pernapasan akut.

3 dari 3 halaman

Obat Alami penyakit Liver

Obat Penyakit LiverObat Penyakit Liver © 2020 weartv.com

Cara mengobati liver secara alami berikut mungkin nggak langsung berperan sebagai obat yah, tapi bisa untuk mendukung dan memberikan tubuh dalam kondisi yang baik sehingga pengobatan bisa efektif.

Menurunkan Berat Badan yang Berlebih

Panduan American Association for the Study of Liver Diseases (AASLD) atau Asosiasi Studi Penyakit Hati Amerika mengidentifikasi bahwa penurunan erat badan merupakan bagian penting dalam gejala penyakit liver. Dengan kata lain, ini bisa menjadi obat penyakit liver.

Olahraga

Sangat penting buat seseorang tetap aktif saat menderita penyakit liver. Paling nggak, olahraga 30 menit sebanyak 5 kali seminggu. Nggak perlu olahraga yang berat, cukup berjalan cepat 30 menit aja.

Hindari Makanan Banyak Gula

Gula seperti fruktosa atau sukrosa dikaitkan dengan keparahan penyait liver. Menghindari makan gula memang nggak secara langsung sebagai obat penyakit liver, tapi mengurangi kontribusi keparahan penyakit.

Kontrol Kolesterol

Pada salah satu jenis penyakit liver, ada suatu kondisi di man aliver bakalan susah mengelola koletserol sendiri. Bila dibiarkan maka bsia meningkatkan risiko penyakit jantung.

Obat penyakit liver dan jenis perawatan lainnya kemungkinan bakalan

Suplemen Omega 3

Suplemen omega 3 dipercaya punya manfaat untuk kesehatan jantung, dan direkomendasikan untuk orang-orang dengan penyakit liver, Sebuah penelitian di tahun 2016 menunjukkan kalau konsumsi suplemen omega-3 tersebut bisa menjaid obat penyakit liver berupa lemak di liver, tapu bsia meningkatkan kadar kolesterol.

Jadi, sebelum menggunakan suplemen ini, lebih baik bekonsultasi dulu dengan dokter ya!

Suplemen Vitamin E

Vitamin E adalah antioksidan yang dapat mengurangi peradangan yang disebabkan oleh penyakit hati berlemak non alkohol. Secara tidak langsung, ini juga bisa menjadi obat penyakit liver, kan?

Obat penyakit liver yang alami biasanya menggabungkan antara informasi berbasis bukti terkemuka di bidang pengobatan komplementer dan alternatif. Selain menjalani pengobatan, pasien harusnya juga harus awas dengan apa yang menjadi pantangan dan anjuran dari dokter ya. Kan sayang banget tuh kalau pengobatan yang berjalan jadi sia-sia karena faktor lainnya.

Beri Komentar