10 Manfaat Sirih Merah untuk Kesehatan

Reporter : Sheila Fathin
Sabtu, 10 April 2021 00:00
10 Manfaat Sirih Merah untuk Kesehatan
Daun sirih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan

Manfaat sirih bagi manusia adalah mengatasi segala penyakit dan menjaga kesehatan. Sirih, sendiri sangat terkenal di negara India sebagai pengobatan herbal. Sirih, lebih sering dimanfaatkan pada bagian daunnya oleh kebanyakan orang. Daun sirih memiliki kandungan herbal yang mengandung vitamin C, niasin, karoten, riboflavin tanin, eugenol, saponin dan berbagai jenis minyak esensial lainnya. 

Khasiat dari daun sirih sendiri memiliki sifat antiseptic, antiinflamasi dan pendingin. Manfaat sirih di sini memberikan kesehatan tubuh. Ingin tahu lebih lengkap  manfaat dari sirih, bisa simak penjelasannya dibawah ini ya!

1 dari 4 halaman

Manfaat Daun Sirih

Manfaat Sirih © Diadona

Sirih memiliki manfaat pada bagian daunya. Apa saja manfaatnya?

Sebagai Pereda Rasa Sakit

Manfaat sirih pada bagian daunnya mampu digunakan sebagai analgesik yang sangat baik untuk meredakan rasa sakit secara instan. Daun sirih juga bisa digunakan untuk mengurangi rasa sakit akibat luka, memar, dan ruam. Kamu cukup mengoleskan daun sirih yang sudah kamu tumbuk ke beberapa spot yang kamu rasa sakit,

Meningkatkan Sistem Pencernaan

Dari segi daunnya, manfaat sirih bisa digunakan untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Yang mana dengan mengunyah daun sirih hasilnya akan memicu sirkulasi dan merangsang usus untuk menyerap vitamin dan nutrisi penting.

Menjaga Kesehatan Mulut

Daun sirih, memiliki manfaat sebagai antimikroba. Yang mana manfaat sirih dari segi daunnya ini secara efektif mampu memerangi sejumlah bakteri yang tinggal di mulut dan bisa memicu bau busuk serat berlubangnya gigi. Mengunyah daun sirih dapat melawan bau mulut dan meredakan sakit gigi akibat infeksi mulut.

2 dari 4 halaman

Manfaat Sirih Merah

Manfaat Sirih © Diadona

Sirih merah adalah tumbuhan yang sering kita jumpai di sekitar rumah kita. Manfaat sirih sebagai tanaman obat keluarga atau toga ini adalah tanaman merambat yang fungsinya sebagai obat herbal. Kira-kira apa saja manfaatnya?

Atasi Keputihan pada Wanita

Wanita yang mengalami keputihan biasanya dirinya sedang mengalami kelelahan atau stress. Untuk mencegah keputihan berkelanjutan, sirih merah yang mengandung karvakrol ini bisa kamu jadikan pilihan untuk mengobati keputihan kamu. Karena manfaat sirih merah adalah sebagai disinfektan dan anti jamur yang bisa digunakan sebagai obat antiseptik.

Mencegah Tumbuhnya Bakteri Staphylococcus aureus

Bakteri seperti Staphylococcus aureus merupakan bakteri yang mengakibatkan berbagai jenis penyakit sesuai tingkat keparahannya, mulai dari infeksi pernapasan hingga sepsis. Manfaat sirih merah dapat menekan pertumbuhan bakteri tersebut karena mengandung fenol dan flavonoid dan alkaloid.

3 dari 4 halaman

Manfaat Daun Sirih Merah

Manfaat Sirih © Diadona

Daun sirih merah  juga memiliki banyak fungsi. Apa saja fungsinya untuk tubuh?

Sebagai Penyembuh Luka

Daun sirih merah mengandung saponin, flavonoid, tanin dan minyak atsiri. Menurut penelitian yang berjudul The Benefits of Red Betel Leaf Extract for Perineal Wound Healing in BPM Rini District Kediri, kandungan-kandungan yang terdapat di dalam daun sirih dapat membantu proses penyembuhan luka. Kandungan-kandungan tersebut memiliki fungsi sebagai antioksidan dan mikroba yang mempengaruhi penyembuhan luka.

Penyembuhan Luka Pada Ibu Hamil

Manfaat sirih merah dari segi daunnya ternyata mampu membantu penyembuhan luka pada persalinan ibu hamil yang melahirkan. Pada penelitian yang dilakukan oleh Stianto, dkk (2018), menemukan bahwa daun sirih merah mampu menyembuhkan luka saat setelah persalinan. Untuk proses penyembuhannya sendiri dipengaruhi juga dari kondisi si ibu dan umurnya. 

4 dari 4 halaman

Manfaat Rebusan Daun Sirih

Selain dikunyah ternyata daun sirih juga bisa diolah menjadi rebusan, lho. Kira-kira apa ya manfaat dari rebusan air daun sirih?

Sebagai Obat Diabetes

Manfaat sirih bisa digunakan untuk mengobat diabetes. Diabetes ini menjadi salah satu penyakit yang sering diderita oleh orang-orang Indonesia. Air rebusan daun sirih bisa digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi diabetes. Hal itu disebabkan karena daun sirih mengandung alkaloid dan flavonoid yang berfungsi untuk menurunkan kadar gula darah.

Mengatasi Sariawan dan Gusi Berdarah

Air rebus daun sirih juga berfungsi sebagai obat herbal untuk melawan sariawan dan gusi berdarah. Kandungan dari daun sirih memiliki manfaat untuk menyembuhkan luka di dalam mulut. Selain itu, kamu hanya butuh kumur dengan air rebus daun sirih ini setiap hari.

Sebagai Obat Batuk

Manfaat sirih merah dari segi daunnya memiliki kandungan antiseptik yang bisa membunuh bakteri penyebab batuk. Dengan mengonsumsi rebusan daun sirih merah masalah batuk yang kamu alami perlahan-lahan akan mereda. 

Manfaat sirih sangat ampuh dalam penyembuhan luka lama, mengurangi tanda infeksi dan mengurangi nyeri. 

Beri Komentar