10 Manfaat Karbohidrat bagi Tubuh, Meningkatkan Mood hingga Mengatur Kadar Gula Dalam Darah

Reporter : Novi Hardita Larasati
Selasa, 30 Maret 2021 12:46
10 Manfaat Karbohidrat bagi Tubuh, Meningkatkan Mood hingga Mengatur Kadar Gula Dalam Darah
Kira-kira apa saja sih manfaat karbohidrat bagi tubuh selain penghasil energi manusia? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Selain protein, karbohidrat adalah zat gizi utama yang terdapat pada sajian makanan harian yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Oleh karena itu, ada banyak manfaat karbohidrat bagi tubuh yang perlu kamu ketahui. Salah satunya yaitu membantu menjaga massa otot.

Namun sayangnya, beberapa waktu belakangan ini fungsi karbohidrat seringkali dijadikan kambing hitam pola makan yang tak sehat. Terutama bagi kalian yang sedang menjalankan program diet.

Pasalnya, banyak yang beralasan untuk tidak mengonsumsi karbohidrat karena takut karbohidrat bisa menambah berat badan. Untuk itu, berikut manfaat karbohidrat bagi tubuh yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Manfaat Karbohidrat bagi Tubuh

Manfaat Karbohidrat © Diadona

Sebenarnya, karbohidrat bisa dikategorikan menjadi jenis karbohidrat kompleks serta karbohidrat sederhana. Manfaat karbohidrat bagi tubuh ini bisa berasal dari makanan dengan kandungan gandum utuh, dimana gandum utuh ialah jenis karbohidrat kompleks. Sementara jenis karbohidrat sederhana bisa kamu dapatkan dari makanan seperti gula.

Lalu, apa saja sih manfaat karbohidrat bagi tubuh? Langsung saja informasinya di bawah ini.

1. Sebagai Sumber Energi Bagi Tubuh

Seperti diketahui, karbohidrat adalah bahan bakar yang penting bagi tubuh supaya tubuh dapat memperoleh energi. Sehingga, energi ini sangat dibutuhkan oleh manusia agar bisa melakukan segala macam aktivitas, terutama aktivitas yang berat seperti olahraga.

Nah, zat gizi inilah yang menjadi sumber energi tubuh untuk melewati berbagai aktivitas harian. Bahkan menurut ahli, energi ini diperoleh dari karbohidrat yang dicerna serta diolah tubuh menjadi glukosa.

2. Membatasi Asupan Kalori

Manfaat karbohidrat bagi tubuh yang tak kalah penting yaitu membantu membatasi asupan kalori. Singkatnya, kandungan serat yang tinggi dari makanan yang mengandung karbohidrat akan membantu seseorang merasa kenyang lebih cepat serta memuaskan nafsu makan lebih lama.

Meski begitu, kamu juga harus memilih asupan karbohidrat yang paling tepat untuk tujuan ini. Maka tak heran kalau orang Indonesia lebih nyaman mengonsumsi nasi untuk mendapatkan manfaat karbohidrat.

“ Jika tetap ingin mengonsumsi nasi putih, ada baiknya kamu mencampurkan bubuk agar-agar tanpa rasa saat menanak nasi dalam rice cooker. Namun, untuk kamu yang memasak nasi di dandang, kamu juga bisa melakukan hal serupa saat mengaroni beras sebelum dikukus,” ucap dr. Arti Indira, M.Gizi., Sp.GK yang dilansir dari Orami.co.id.

2 dari 4 halaman

3. Membantu Menjaga Massa Otot

Ilustrasi Otot Dada © Diadona

Manfaat karbohidrat bagi tubuh yang ketiga adalah membantu menjaga massa otot pada tubuh. Sebab, pada saat tubuh kekurangan cadangan karbohidrat serta lemak yang digunakan sebagai bahan bakar pembentukan energi, maka tubuh pun akan mengambil energi dari otot untuk melakukan aktivitas.

Jadi, kalau tubuh kamu kehilangan massa otot, maka tubuh akan lemah dan kehilangan tenaga dalam melakukan segala macam aktivitas. Sehingga, jika sampai terlambat untuk ditangani, kemungkinan bisa menyebabkan kematian.

4. Baik bagi Kesehatan Jantung

Meningkatkan kesehatan jantung juga menjadi salah satu manfaat karbohidrat bagi tubuh yang nggak kalah menarik. Pasalnya, dengan mengonsumsi makanan yang kaya kandungan karbohidrat, maka asupan karbohidrat tersebut bisa menurunkan kadar kolesterol LDL serta trigliserida yang ada pada tubuh.

Selain itu, karbohidrat pun akan meningkatkan kadar kolesterol HDL yang sangat baik untuk kesehatan jantung mu.

5. Membantu Perbaiki Kualitas Tidur

Biasanya setelah makan nasi dengan lauk, kamu akan cenderung mengantuk. Yaps, hal ini dikarenakan adanya karbohidrat yang masuk pada tubuh. Sehingga, adanya asupan makanan berkarbohidrat seperti gandum utuh yang lambat dicerna oleh tubuh, maka manfaat karbohidrat tersebut bisa memberi dampak positif bagi kualitas tidur.

3 dari 4 halaman

6. Bantu Jaga Fungsi Pencernaan

Ilustrasi Sistem Pencernaan © Diadona

Selain perbaiki kualitas tidur, manfaat karbohidrat bagi tubuh juga bisa bantu jaga fungsi pencernaan, lho. Sehingga, mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah cukup dapat membantu kamu mencegah masalah pencernaan seperti sembelit.

Sebab, tanpa asupan karbohidrat yang cukup, tubuh kamu mungkin tidak mendapatkan cukup serat yang berfungsi untuk menjaga sistem pencernaan tetap teratur.

7. Mengatur Kadar Gula Dalam Darah

Mungkin manfaat karbohidrat bagi tubuh yang satu ini jarang diketahui. Padahal, kenyataannya karbohidrat ialah pengatur naik turunnya keadaan gula pada darah.

Akan tetapi, konsumsi karbohidrat yang terlalu berlebihan juga bisa meningkatkan risiko diabetes, itulah mengapa perlu lebih hati-hati serta selektif dalam memilih sumber karbohidrat.

Salah satunya dengan hindari terlalu banyak makanan manis atau bertepung, serta perbanyak karbohidrat kompleks seperti oat, roti gandum, dan beras merah.

4 dari 4 halaman

8. Membantu Proses Detoksifikasi pada Hati

Ilustrasi Wanita Makan Makanan Berlemak © Diadona

Makanan yang telah kamu konsumsi, mungkin belum tentu 100 persen bersih serta steril dari kuman atau zat-zat berbahaya. Itulah mengapa organ hati akan membantu tubuh kita untuk menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh, tujuannya supaya tubuh selalu dalam keadaan normal.

Nah, karena hati setiap hari selalu bekerja untuk menetralisir racun pada tubuh, maka hati membutuhkan nutirisi dari manfaat karbohidrat, supaya kinerja hati tetap lancar.

9. Meningkatkan Suasana Hati

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Archives of Internal Medicine, menyatakan bahwa seseorang yang mengikuti diet rendah karbohidrat selama setahun cederung lebih rentang mengalami depresi serta rasa cemas berlebihan.

Sehingga hal ini membuktikan kalau manfaat karbohidrat bagi tubuh bisa membantu meningkatkan produksi hormon serotonin sebagai zat dalam tubuh yang membuat kamu merasa bahagia.

10. Karbohidrat menjadi Penentu Indeks Glikemik

Manfaat karbohidrat bagi tubuh yang tak kalah pentingnya yakni penentu indeks glikemik bagi tubuh. Bagi seseorang yang memiliki riwayat penyakit diabetes tentunya tidak asing dengan istilah indeks glikemik.

Yaps, penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Nutrients menyebutkan bahwa Indeks Glikemik (IG) merupakan angka (skala 1-100) yang menunjukkan seberapa cepat makanan berkarbohidrat diproses untuk menjadi glukosa di dalam tubuh.

Jadi, apabila semakin tinggi nilai IG pada suatu makanan atau minuman yang dikonsumsi, maka menunjukkan semakin cepat karbohidrat dalam makanan tersebut yang diolah menjadi glukosa.

Itulah deretan manfaat karbohidrat bagi tubuh. Gimana, apakah kamu masih takut untuk mengkonsumsi karbohidrat? Tulis di kolom komentar ya!

Beri Komentar