10 Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan dan Cara Menggunakannya, Ampuh Atasi Jerawat hingga Wasir

Reporter : Novi Hardita Larasati
Jumat, 5 Maret 2021 12:45
10 Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan dan Cara Menggunakannya, Ampuh Atasi Jerawat hingga Wasir
Meski belum populer, ternyata banyak manfaat daun bidara yang tak bisa disepelekan. Mulai dari mengatasi masalah jerawat, menjaga kesehatan jantung, hingga mencegah kanker.

Mungkin, nama daun bidara masih terdengar asing ditelinga masyarakat Indonesia. Meski begitu, daun dari pohon bernama Latin Ziziphus mauritiana ini menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan.

Ya, berasal dari pohon bidara, daun bidara ini dianggap dapat menjadi solusi alami dalam mengatasi masalah kesehatan. Salah satunya ialah mampu mengatasi penyakit kronis. Selain itu, manfaat daun bidara juga dipercaya bisa mengusir jin ataupun sihir, lho.

Lantas, apa saja manfaat daun bidara untuk kesehatan yang belum diketahui banyak orang? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Manfaat Daun Bidara dan Cara Menggunakannya

Manfaat Daun BidaraManfaat Daun Bidara © shutterstock.com/rahadianperwiranegara

Sebelum membahas lebih jauh mengenai manfaat daun bidara dan cara menggunakannya, alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu apa itu daun bidara. Daun bidara merupakan salah satu jenis tumbuhan yang tumbuh di tempat kering.

Biasanya, pohon bidara ini tumbuh sekitar 6-15 meter dengan ranting dan cabang yang diserati duri. Akan tetapi, daun bidara memiliki permukaan halus.

Untuk mengenal lebih jauh tentang tanaman ini, berikut beberapa manfaat daun bidara yang bisa kamu dapatkan.

1. Mengatasi Sariawan

Manfaat daun bidara untuk kesehatan yang pertama ialah untuk mengatasi sariawan. Hal ini dikarenakan daun bidara memiliki kandungan antioksidan di dalamnya, yang bisa mencegah bakteri berada di dalam mulut.

Sehingga, hal ini nantinya akan membantu kamu mengatasi berbagai masalah mulut, seperti sariawan hingga bibir pecah-pecah.

2 dari 4 halaman

2. Mengatasi Jerawat

Ilustrasi JerawatIlustrasi Jerawat © 2019 https://www.diadona.id/@womensbyte

Tak sedikit kaum hawa yang merasa kurang percaya diri lantaran memiliki jerawat. Padahal, ada beberapa cara alami yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi jerawat tersebut, salah satunya yaitu daun bidara.

Ya, manfaat daun bidara untuk kecantikan ini sangat bagus untuk merawat kulit, termasuk masalah jerawat. Ternyata hal ini karena daun bidara memiliki kandungan antibakteri yang diyakini bisa membantu mengatasi jerawat.

Cara menggunakannya pun cukup mudah, siapkan 5 lembar daun bidara yang telah ditumbuk halus, kemudian beri sedikit air atau perasan lemon sampai kental, lalu oleskan pada bagian yang berjerawat atau gunakan sebagai masker.

Lakukan langkah tersebut sebanyak 3 - 4 kali dalam seminggu, atau selama 2 bulan untuk hasil yang lebih maksimal.

3. Memperkuat Gigi dan Tulang

Manfaat daun bidara lainnya yaitu untuk memperkuat gigi serta memperkuat tulang sekaligus menghindari kerapuhan tulang saat tua karena memiliki tanaman ini memiliki kandungan kalsium yang banyak.

3 dari 4 halaman

4. Mengatasi Masalah Wasir

Penyakit WasirPenyakit Wasir © shutterstock.com

Minum air rebusan daun bidara ternyata juga bisa mengurangi rasa tidak nyaman akibat penyakit wasir, lho. Tapi, kalau tidak ingin mengonsumsinya, kamu juga bisa menumbuk daun bidara sampai halus dan mengoleskan pada bagian yang sakit. Gampang, kan?

5. Menyembuhkan Berbagai Masalah Pencernaan

Manfaat daun bidara dan cara menggunakannya yang tepat juga baik untuk berbagai masalah pencernaan, terutama bagi kamu yang memiliki sakit maag. Selain itu, risiko gangguan pencernaan lainnya pun bisa diatasi oleh daun bidara, karena mampu membantu mengeluarkan racun dalam pencernaan.

Nah, cara menggunakan daun bidara untuk masalah pencernaan pun tidak jauh berbeda pada mengatasi masalah wasir di atas

6. Merawat Rambut

Manfaat daun bidara dan cara menggunakannya yang baik juga bisa dijadikan perawatan untuk rambut, lho! Ya, untuk menggunakan daun bidara sebagai perawatan rambut ialah dengan menjadikan air rebusan daun bidara tersebut sebagai hair tonic.

Ohiya, daun bidara juga bisa membuat rambut lebih kuat dan mencegah rambut dari kerusakan hingga kerontokan. Wah, patut di coba nih, guys.

4 dari 4 halaman

7. Mempercepat Penyembuhan Luka

Ilustrasi Luka LuarIlustrasi Luka Luar © 2020 https://rawpixel.com/

Manfaat daun bidara yang berikutnya adalah untuk mempercepat penyembuhan luka. Hal ini dikarenakan daun bidara memiliki sifat antiinflamasi serta antibakteri sangat baik dalam membantu mempercepat proses regenerasi kulit.

Sehingga, berbagai lukas seperti luka sayatan, lecet sampai luka akibat goresan pun bisa disembuhkan dengan daun bidara ini.

8. Melancarkan Haid dan Mengatasi Keputihan

Hey girls, apa kamu sering sakit saat haid atau kerap mengalami keputihan? Tenang, permasalahanmu itu bisa di atasi dengan daun bidara. Sebab, daun bidara memiliki kandungan yang bisa menyeimbangkan hormon sebelumnya yang membuat siklus haid menjadi tidak teratur.  

Untuk manfaat daun bidara dan cara menggunakannya, kamu bisa minum rebusan daun ini secara teratur dan rasakan khasiatnya

9. Menjaga Kesehatan Jantung

Tak hanya untuk mengatasi keputihan, ternyata air rebusan daun bidara juga bisa digunakan sebagai obat herbal alami dalam menjaga kesehatan jantung apabila di minum secara teratur.

Bahkan, air rebusan ini pun bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dengan membuangnya bersama kotoran, lho.

10. Mengatasi Insomnia

Manfaat daun bidara untuk kesehatan berikutnya ialah dapat membantu kamu mengatasi gangguan sulit tidur. Ya, kandungan saponin pada daun bidara dipercaya bisa memberikan efek menenangkan. Nah, untuk cara mengaplikasikannya, kamu bisa mengonsumsi teh daun bidara tersebut sebagai obat tidur.

Manfaat daun bidara memang banyak, dan beberapa di antaranya sudah diuji dalam penelitian. Tapi, tak ada salahnya kalau kamu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar