18 Manfaat Jus Daun Seledri Untuk Kesehatan Ginjal

Reporter : Sofi
Sabtu, 4 Januari 2020 10:20
18 Manfaat Jus Daun Seledri Untuk Kesehatan Ginjal
Seledri biasa digunakan untuk memasak sup, atau ditaburkan pada bakso. Tapi tahukah kamu manfaat dibalik seledri ini? Berikut adalah manfaat seledri yang harus kamu ketahui.

Seledri terkenal sebagai sayur penambah rasa makanan. Padahal, kamu bisa menggunakannya sebagai menu dietmu karena mengandung kalori sedikit. Selain itu, nutrisi yang terkandung juga bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Sebagian orang mungkin sudah mengetahui jika seledri ini dapat dikonsumsi dengan cara dijadikan jus untuk mendapatkan manfaatnya lebih maksimal. Berikut manfaat seledri yang dapat kamu pelajari.

1 dari 4 halaman

Manfaat Daun Seledri

Seledri © Diadona

Daun seledri yang biasanya digunakan sebagai salah satu bahan penyedap makanan dapat dimanfaat sebagai obat dan kecantikan. Berikut adalah manfaat daun seledri yang dapat kamu ketahui.

1. Cegah demam berdarah

Manfaat seledri yang pertama yaitu dapat mencegah demam berdarah. Minyak biji seledri dapat dimanfaatkan untuk membasmi larva Aedes Aegypti alias nyamuk penyebab demam berdarah dengu (DBD).

2. Mencegah penyakit hati

Karena sifat seledri yang diuretik, manfaat seledri mampu membantu membuang racun di dalam tubuh dan membersihkan liver serta ginjal. Seledri juga dapat membantu melancarkan pencernaan serta menjaga saluran kencing sehat.

3. Atasi kulit berminyak penyebab jerawat

Manfaat daun seledri juga bisa digunakan untuk atasi kulit berminyak. Kulit berminyak seringkali menyebabkan munculnya jerawat yang mengganggu kepercayaan diri seseorang. Dengan minum jus seledri, kulit kamu yang tadinya berminyak akan berangsur-angsur normal sehingga mengurangi jerawat di wajahmu.

4. Melembabkan kulit

Manfaat seledri ini juga bisa melembabkan kulitmu. Kamu hanya perlu menyulap daun seledri menjadi jus untuk kamu konsumsi secara rutin. Daun seledri kaya akan kandungan air sehingga cocok untuk menjaga sel kulit agar terhidrasi dengan baik.

5. Atasi ketombe

Manfaat seledri selanjutnya adalah dapat mengatasi ketombe. Siapkan 10 helai batang seledri lalu potong kecil-kecil dan rebus hingga mendidih. Saring dan ambil air rebusannya. Lalu campurkan dengan satu sendok cuka dan aduk hingga tercampur rata. Oleskan air rebusan tersebut pada rambut secara merata hingga basah sambil lakukan pemijatan. Diamkan beberapa menit dan bilas dengan air sampai bersih.

6. Atasi rambut rontok

Manfaat daun seledri untuk kecantikan adalah khasiatnya yang mampu atasi rambut rontok. Dengan mencampurnya bersama teh hijau, daun seledri bisa menyehatkan rambut. Caranya adalah dengan menumbuk daun seledri dengan teh hijau hingga halus atau dengan merebusnya bersama. Sebelumnya, siapkan handuk yang sudah direndam dengan air lemon hangat.

Lalu, gunakan handuk tersebut untuk menutupi rambut selama 10 menit. Setelah itu, keramaslah dengan cara menggosok tumbukan daun seledri pada kulit kepala dan rambut secara merata. Pijat dengan lembut rambut yang telah dilapisi dengan tumbukan daun seledri selama 10 menit. Kemudian bilas dengan air hingga bersih.

2 dari 4 halaman

Manfaat Jus Seledri

jus seledri © Diadona

Jus seledri adalah salah satu cara untuk mengelola seledri. Dengan mengubah ke dalam bentuk jus, akan mempermudah penyerapan nutrisi dan mempermudah untuk dikonsumsi. Berikut manfaat jus seledri tersebut.

1. Mencegah masalah penglihatan

Manfaat seledri berikutnya yaitu dapat mencegah masalah penglihatan. Seledri sangat tinggi akan vitamin A yang memiliki peran penting dalam kesehatan mata.

Jus seledri juga dapat melindungi permukaan mata dari bakteri dan virus. Vitamin A juga membantu mencegah perkembangan masalah penglihatan yang berkaitan dengan usia seperti katarak.

2. Mengurangi resiko kanker

Manfaat seledri sebagai jus selanjutnya yaitu dapat mengurangi resiko kanker. Sudah sejak lama seledri digunakan dalam pengobatan tiongkok sebagai obat anti kanker alami. Seledri mengandung luteolin dan penelitian menemukan bahwa elemen ini melemahkan sel kanker dan membuatnya lebih rentan terhadap pengobatan.

3. Menetralkan makanan asam

Manfaat seledri juga dapat menetralkan makanan asam. Seledri kaya akan unsur-unsur seperti besi, magnesium dan natrium yang membuat jus seledri memiliki sifat alkali yang kuat. Dengan kata lain, itu dapat menetralkan makanan asam sehingga membantu kita menjaga keseimbangan pH yang sehat dalam tubuh kita.

4. Mencegah diabetes tipe 2

Salah satu manfaat seledri yaitu dapat mencegah penyakit ini. Hal ini dikarenakan seledri mengandung banyak vitamin K dan sebuah penelitian telah membuktikan bahwa vitamin K meningkatkan sensitivitas kita terhadap insulin.

5. Menurunkan tekanan darah

Studi telah menunjukkan bahwa ekstrak biji seledri memiliki sifat antihipertensi. Seledri mengandung phytochemical yang melemaskan jaringan dinding arteri. Ini menyebabkan peningkatan aliran darah dan mungkinmenurunkan tekanan darah.

6. Mencegah penyakit kronis

Seledri adalah salah satu sumber makanan utama flavonoid. Para ilmuwan sedang meneliti hubungan antara flavonoid dan pencegahan penyakit kronis. Diperlukan penelitian lebih lanjut, tetapi satu studi dari 2014 menemukan bahwa flavonoid yang diisolasi dari seledri memiliki aktivitas antioksidan yang memiliki efek menguntungkan bagi kesehatan. Maka dari itu, manfaat seledri ini adalah mencegah penyakit kronis.

7. Melindungi dari efek kemoterapi

Manfaat seledri selanjutnya adalah melindungi dari efek kemoterapi. Komponen aktif seledri dapat mengubah efek obat tertentu. Mengkonsumsi jus seledri memiliki efek positif pada pengobatan doxorubicin dan mengurangi kerusakan akibat radikal bebas. Ini dilindungi terhadap stres oksidatif. Stres oksidatif disebabkan oleh ketidakseimbangan radikal bebas dan antioksidan.

8. Memiliki sifat antiinflamasi

Flavonoid yang ditemukan dalam seledri juga terbukti memiliki sifat antiinflamasi. Sebuah studi dari 2012 melihat efek jus pada flavonoid khususnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jus adalah cara efektif untuk mengonsumsi flavonoid.

3 dari 4 halaman

Manfaat Daun Seledri Untuk Ginjal

ilustrasi wanita kesakitan © Diadona

Diantara sekian banyaknya manfaat seledri, daun seledri sangat efektif dalam menyehatkan ginjal. Kandungan vitamin C, B, A dan zat besi dari seledri sangat tinggi sehingga bagus untuk perlindungan organ ginjal dan liver.

Berikut adalah cara memaksimalkan manfaat seledri untuk kesehatan ginjal:

- Siapkan seikat daun seledri, cuci bersih lalu potong kecil-kecil dan masukkan kedalam panci untuk di rebus.

- Tuangkan air kurang lebih 1 liter, masak dan didihkan selama 10 menit.

- Setelah dingin saring dan tuang ke dalam botol, kemudian simpan di dalam kulkas hinga dingin.

- Minum satu gelas dalam setiap hari dan kamu akan melihat endapan garam dan racun yang ada pada ginjal melalui air seni atau pada saat buang air kecil.

4 dari 4 halaman

Manfaat Seledri Untuk Kesehatan

ilustrasi wanita sehat © Diadona

Seledri juga biasa digunakan untuk kesehatan. Manfaat untuk kesehatan salah satunya adalah mengatasi anemia. Berikut adalah manfaat seledri untuk kesehatan lainnya.

1. Atasi anemia

Manfaat seledri yang lainnya adalah untuk mengatasi anemia atau kurang darah. Sediakan bahan-bahan seperti madu, nanas, seledri dan juga susu segar. Potong nanas menjadi potongan kecil. Kemudian masukkan semua bahan tersebut ke dalam blender.

Konsumsi jus daun seledri dengan kombinasi bahan lain dapat mengatasi kekurangan darah atau anemia. Minumlah jus tersebut secara rutin.

2. Menurunkan kadar kolesterol

Manfaat seledri yang pertama yaitu dapat menurunkan kadar kolesterol. Selain dapat menurunkan kolesterol, daun seledri juga dapat menurunkan trigliserida dan lipoprotein densitas rendah.

Dengan tingginya vitamin A yang dikandung, daun seledri bisa mencegah kanker dan juga menurunkan tekanan darah tinggi.

3. Obat rematik

Mengobati rematik juga merupakan salah satu manfaat seledri yang bisa kamu dapatkan. Caranya dengan mengonsumsi daun seledri sebagai lalapan setiap makan. Lakukanlah hal ini sesering mungkin agar proses penyembuhan semakin cepat.

Apakah kamu pernah menggunakan seledri ini sebagai obat alami kamu? Tulis jawabanmu di kolom komentar ya!

Beri Komentar