10 Cara Untuk Meredakan Stres Secara Ampuh

Reporter : Sofi
Jumat, 27 Desember 2019 11:56
10 Cara Untuk Meredakan Stres Secara Ampuh
Stres merupakan bagian dari hidup manusia. Jika tidak ditangani dengan baik akan menimbulkan efek berkelanjutan. Untuk mencegah itu, berikut adalah cara untuk meredakan stres untuk kamu.

Stres sudah menjadi bagian dari manusia untuk menjalani hari-hari yang berat. Tuntutan pekerjaan, sekolah, atau pikiran-pikiran yang selalu muncul dan terlalu banyak dalam otakmu. Dilansir dari prevention.com ada banyak cara untuk meredakan stresmu, salah satunya adalah berkumur. Bagaimana bisa berkumur bisa meredakan stres? Simak penjelasan dan cara yang dapat kamu coba untuk meredakan stresmu.

1 dari 10 halaman

1. Berkumur

Berkumur © Diadona

Berkumur dapat merangsang saraf, meningkatkan kemampuanmu untuk beralih ke keaadaan tenang. Hal ini seperti yang dikatakan oleh Heidi Hanna, PhD, direktur eksekutif American Institute of Stress, yang mana ketika kita terjebak dengan stres berat, kita dapat dibajak oleh respons stres kita, atau sistem simpatik, dan mirip dengan otot yang tidak digunakan untuk waktu yang lama, saraf vagus dapat kehilangan kekuatan atau nadanya.

2 dari 10 halaman

2. Lakukan Latihan Mindfulness

Yoga © Diadona

Mulailah dengan fokus pada napas yang lambat dan dalam, kemudian temukan lima hal yang dapat kamu lihat di sekitarmu, empat hal yang dapat kamu sentuh atau rasakan, tiga hal yang dapat kamu dengar, dua hal yang dapat kamu cium aromanya, dan satu hal yang bisa kamu cicipi. Melakukan hal itu tidak hanya dapat menenangkan stres, tetapi memberimu pikiran yang jernih untuk dapat menyelesaikan masalah dan fokus pada apa yang kmu perlu fokuskan untuk bergerak maju menurut Sari Chait, PhD , seorang psikolog klinis dan pemilik Behavioral Health and Wellness Center di Newton, MA.

3 dari 10 halaman

3. Dengarkan Ombak (Meskipun Hanya Audio)

ombak © Diadona

Sinar matahari dan vitamin D yang sangat dibutuhkan meningkatkan suasana hati dan udara lautan bahkan memiliki ion negatif yang dapat bertindak seperti antioksidan di udara dan mungkin memiliki efek anti-inflamasi dalam tubuh. Tetapi hanya dengan mendengarkan suara ombak (audio) memiliki efek meditatif yang ritmis juga.

4 dari 10 halaman

4. Cuci Mukamu Dengan Air Dingin

Cuci muka © Diadona

Jika kamu merasa sangat tertekan hingga tidak yakin apa yang harus dilakukan, coba gunakan keterampilan dari terapi perilaku dialektik (DBT) dan gunakan air dingin untuk mengaktifkan 'refleks menyelam', dengan merendam wajahmu. Di sekitar tulang pipi dan di atas mulutmu (di mana topeng untuk menyelam tidak akan menutupi), katanya. " Ketika lokasi ini menjadi dingin, sistem syaraf parasimpatis Anda segera diaktifkan dan detak jantungmu melambat, pernapasan akan melambat, dan tubuhmu bereaksi ke mode penggunaan energi yang lebih sedikit."

5 dari 10 halaman

5. Rencanakan Jalan-Jalan Yang Menyenangkan Bersama Teman

Pantai © Diadona

Penelitian menemukan bahwa orang-orang dengan koneksi sosial yang kuat mengalami lebih sedikit stres, lebih sedikit penyakit, dan hidup lebih lama daripada mereka yang tidak memiliki hubungan dekat. Belum lagi bahwa kesepian sebenarnya merupakan faktor risiko kematian dini. Sangat mudah untuk menarik diri ketika kamu sedang sakit, tetapi cobalah untuk menyiapkan kopi dengan rekan kerja atau merencanakan akhir pekan dengan sahabat ketika kamu perlu mengurangi stres.

6 dari 10 halaman

6. Ambil Napas Dalam-Dalam

Deep breath © Diadona

'Pernafasan diafragma' bukan hanya kata kunci ini adalah cara yang terdengar secara ilmiah untuk menurunkan tingkat stres. Tarik napas dalam-dalam dan mengisi perutmu dengan udara, kemudian buang perlahan untuk mengaktifkan sistem saraf parasimpatis dan tubuhmu akan mulai rileks.

7 dari 10 halaman

7. Berhenti Memeriksa Instagram

Checking instagram © Diadona

Secara konstan memeriksa perangkatmu tidak melakukan apa pun untuk menurunkan tingkat stres. Bahkan, menurut survei oleh American Psychological Association (APA), " checker" konstan atau pengguna yang selalu memeriksa langsung perangkat tersebut, jauh lebih stres daripada teman-teman mereka yang lebih sedikit menggunakan instagram. Setidaknya 10 menit dua kali sehari untuk tidak menggunakan sepenuhnya dari teknologi. Saran Hall, yang mencatat bahwa ini dapat menurunkan tekanan darah, detak jantung, dan memberimu dorongan kekebalan.

8 dari 10 halaman

8. Prioritaskan Tidur

tidur © Diadona

Stres, sehingga kamu tidak bisa tidur — dan tidak cukup tidur menyebabkan lebih banyak stres, karena itu menyebabkan tubuhmu memompa lebih banyak kortisol, menurut National Sleep Foundation . Jika kamu mengalami kesulitan tidur setidaknya 7 hingga 9 jam semalam, coba jauhkan ponsel kamu dari tempat tidur, bersihkan tempat tidurmu, strategi yang didukung ahli ini untuk tidur lebih baik setiap malam.

9 dari 10 halaman

9. Hadapi Stres Itu Sendiri

wanita © Diadona

" Stres, seperti halnya emosi apa pun, didorong oleh 'bermain ke dalamnya' dengan melakukan apa yang muncul secara alami," kata Issa. Untuk kesedihan, itu berarti menarik diri. Untuk stres atau kecemasan , itu dihindari. “ Jika kamu menemukan dirimu menghindari membuka tagihan atau menunda-nunda pekerjaan, cara paling efektif untuk mengurangi stres kamu adalah dengan menghadapi apa yang kamu hindari.” Kamu akan menempatkan masalah di belakangmu dan mengetahui bahwa kamu akan baik-baik saja setelah menghadapi faktor stres tersebut.

10 dari 10 halaman

10. Biarkan Pikiranmu Fokus Pada Hal Lain

Wanita mendengarkan musik © Diadona

“ Sangat penting untuk membiarkan otak kita untuk mengeksplorasi sendiri, kadang-kadang, bebas dari kendala niat kita yang berfokus pada tugas,” kata Hanna. Ini membantumu membuat koneksi yang tidak selalu jelas dalam pekerjaan sehari-hari, pada akhirnya membuat kamu menjadi pemecah masalah yang lebih baik (penting ketika stres melanda). Untuk memulai, corat-coret, keluar zona selama beberapa menit, atau berayun-ayun sambil mendengarkan musik.

Jadi adakah cara lain yang biasanya kamu lakukan untuk meredakan stresmu? Kami ingin tahu, bagikan di kolom komentar ya!

Beri Komentar