Youtube Resmi Luncurkan Fitur Shorts yang Mirip TikTok

Reporter : Yoyok
Rabu, 3 Maret 2021 18:50
Youtube Resmi Luncurkan Fitur Shorts yang Mirip TikTok
Bakal mau bersaing dengan TikTok nih?

Youtube merupakan situs berbasis video yang banyak orang gunakan saat ini. Semua kalanngan dari berbagai lapisan masyarakat menggunakan Youtube sebagai hiburan maupun bekerja.

Mulai dari yang tua, muda, pejabat, anak sekolahan, sampai ibu rumah tangga menggunakan Youtube untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Tentunya, banyak aktivitas masyarakat terbantu dengan adanya Youtube.

Baru-baru ini, Youtube merilis fitur terbaru bernama Shorts yang mirip TikTok lho.

1 dari 4 halaman

Shorts

Dikutip dari Liputan6, Youtube baru saja merilis fitur Shorts. Sesuai dengan namanya, fitur satu ini memungkinkan pengguna untuk meng-upload video pendek di platform YouTube.

Fitur terbaru ini dikatakan mirip dengan TikTok, sebab video yang ditampilkan secara portrait. Namun, fitur ini baru tersedia di Amerika Serikat, lalu para pengguna global diperkirakan akan menyusul dalam waktu dekat.

Ilustrasi Youtube © Diadona

2 dari 4 halaman

Tahap Beta

Untuk saat ini, fitur Shorts masih dalam tahap Beta, sehingga belum semua penhgguna di Amerika Serikat dapat menggunakannya. Hanya perusahan diketahui sudah menguji coba fitur ini dalam 12 bulan terakhir.

Sejak diuji coba, YouTube Shorts diketahui telah ditonton 3,5 miliar kali. Karenanya, wajar apabila YouTube ingin menghadirkan konten video pendek di platformnya.

3 dari 4 halaman

Video Pendek Lagi Laris

Sekedar informasi, video berdurasi pendek memang sedang digamndrungi beberapa tahun terakhir. Salah satunya karena kehadiran TikTok yang kini dilaporkan berhasil mencapai 1 miliar pengguna aktif bulanan.

Selain YouTube, Instagram juga diketahui telah menghadirkan fitur serupa TikTok, yakni Reels. Fitur ini hadir pertama kali pada Agustus 2020 dan memungkinkan pengguna membuat video berdurasi 15 detik.

Cara menggunakan YouTube Shorts pun juga sangat mudah lho.

Beri Komentar