Belanda, Negara yang Dicap dengan Netizen Paling Sopan di Dunia

Reporter : Andrawira Diwiyoga
Selasa, 2 Maret 2021 18:50
Belanda, Negara yang Dicap dengan Netizen Paling Sopan di Dunia
Wah beda banget nih sama Indonesia

Baru-baru ini, Indonesia dinobatkan sebagai salah satu negara yang paling tidak sopan di internet. Hal ini ditunjukkan oleh laporan yang dilakukan oleh Microsoft yang bernama 2020 Digital Civility Index (DCI).

Survei yang diadakan Microsoft ini dilaksanakan pada bulan April hingga Mei 2020 yang melibatkan 16 ribu responden dari kaum muda dan dewasa. Indonesia menempati urutan ke-29 dari 32 negara yang menduduki posisi terbawah di Asia Tenggara.

Secara global, Belanda merupakan negara dengan urutan pertama yang netizennya paling sopan. Lalu, bagaimana sih kehidupan netizen di Belanda? Kok bisa beda banget dengan kita ya?

1 dari 5 halaman

Penduduknya Aktif Main Medsos

Ilustrasi Main HP di Malam HariIlustrasi Main HP di Malam Hari © washingtonpost.com/istock

Penduduk Belanda mencapai 17 juta orang dan 65 persennya merupakan pengguna media sosial yang aktif. Facebook dan Instagram merupakan media sosial yang paling populer di Belanda.

menurut survei yang dilakukan tahun 2020 yang dilakukan Statista, Facebook memiliki tujuh juta pengguna aktif di Belanda. Sedangkan Instagram memiliki sekitar 3,5 juta pengguna aktif di Belanda

2 dari 5 halaman

Akses Internet

Ilustrasi WifiIlustrasi Wifi © unsplash.com/Paul Hanaoka

Di Belanda, hampir semua rumah memiliki akses internet broadband. Dengan akses mencapai 97 persen dari semua rumah tangga, Belanda menduduki peringkat teratas Eropa di tahun 2018.

Fakta berikutnya, 90 persen orang Belanda yang berusia 16 sampai 74 tahun menggunakan internet setiap harinya.

3 dari 5 halaman

Pengguna Smartphone

Ilustrasi main hape di pesawatIlustrasi main hape di pesawat © 2019 https://www.diadona.id / flyuia

Di tahun 2018, 84 persen orang di Belanda memiliki akses internet smartphone di luar rumah atau tempat kerja. Tentunya ini memberikan keunggulan di Eropa, di mana rata-rata baru 67 persen pengguna smartphone memiliki akses.

Belanda pun berbagi tempat dengan Denmark di peringkat kedua dalam hal internet banking (86 persen). Belanda juga menempati peringkat ketiga untuk pembelian konsumen secara online (80 persen).

4 dari 5 halaman

LinkeIn

Ilustrasi LinkedInIlustrasi LinkedIn © Freepik/Wichayada

Terdapat sembilan juta orang pengguna LinkeIn di Belanda pada bulan Januari 2021, dan lebih dari seperempatnya berusia 35 sampai 54 tahun. Padahal, di tahun 2019, hanya ada 4,6 juta orang di Belanda yang menggunakan LinkeIn.

DI tahun 2018, sekitar 40 persen kaum muda Belanda mengindikasikan bahwa mereka secara aktif menggunakan LinkeIn. Angka ini tentu saja menunjukkan seberapa tingginya jangakauan online LinkeIn di Belanda, baik itu melalui desktop, tablet, ataupun smartphone.

Beri Komentar