Bocoran Spesifikasi Poco F6 dan Harganya, Penerus Seri Poco F yang Selalu Worth It

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Selasa, 21 Mei 2024 11:04
Bocoran Spesifikasi Poco F6 dan Harganya, Penerus Seri Poco F yang Selalu Worth It
Dengan harga jual yang tak mahal-mahal amat dengan spesifikasinya, Poco F6 sangat mungkin jadi bakal calon ponsel flagship killer berikutnya.

Desas desus tentang rilisnya Poco seri F akhirnya terjawab. Seri ponsel yang sangat ditunggu-tunggu dan sukses di pasaran sejak seri pertamanya, yaitu Pocophone F1, telah mengumumkan akan merilis dua andalan mereka, yakni Poco F6 dan Poco F6 Pro secara global pada tanggal 23 Mei 2024 di Dubai, Uni Emirat Arab.

Berdasarkan kabar yang telah beredar, Poco F6 dan Poco F6 Pro masing-masing adalah branding ulang dari Redmi Turbo 3 dan Redmi K70.  Nah, Redmi Turbo 3 dan Redmi K70 sama-sama ditenagai dengan chipset kelas flagship. 

Namun sampai saat ini hanya Poco F6 yang telah terpantau di laman Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) Kementerian Perindustrian Kemenperin, di mana proses TKDN adalah salah satu proses yang harus dilalui oleh sebuah brand smartphone untuk bisa memasarkan smartphone-nya di Indonesia. Kemungkinan, Poco F6 Pro tidak rilis resmi di Indonesia. Ini seperti di tahun sebelumnya Poco hanya memasukkan seri Poco F5 saja di Indonesia tanpa seri-Pro nya.

 

1 dari 4 halaman

Poco F6© 2024 gizmochina.com

Spesifikasi Poco F6

Hingga saat ini, belum ada informasi resmi tentang spesifikasi Poco F6. Namun terdapata beberapa bocoran dan terlihat sangat menjanjikan.

Meskipun seri pro-nya tidak rilis di Indonesia, Poco nampaknya cukup percaya diri dengan apa yang mampu ditawarkan dari segi spesifikasi. Dengan spesifikasinya yang bisa dibilang ngeri, tidak berlebihan jika sebutan flagship killer sangat layak disandang oleh Poco F6.

Bukan Poco seri F kalau tidak membawa chipset kelas flagship sebagai dapur pacunya. Poco F6 ditenagai oleh chipset Qualcom Snapdragon 8s Gen 3, yaitu seri Snapdragon terkencang di tahun 2024.

Poco F6 dibekali dengan RAM tertinggi hingga 16 GB dengan tipe RAM LPDDR5X, dan memori internal hingga 1 TB dengan jenis penyimpanan UFS 4.0. Dengan demikian,  Poco F6 adalah smartphone yang luar biasa kencang untuk penggunaan sehari-hari bahkan untuk menjalankan game-game berat sekalipun.

2 dari 4 halaman

Poco F6© 2024 via disway.id

Dari segi desain, Poco F6 mengusung desain frame kotak, dengan sudut yang membulat. Ketebalan dari Poco cukup tipis di 7,8 mm dan berbobot 178 gram. Pada bodi belakang smartphone ini terdapat dua lingkaran kamera dan satu lingkaran kecil lampu flash. 

Layar dari Poco F6 sendiri sudah dilapisi oleh perlindungan layar Corning Gorilla Glass Victus, yang diklaim lebih tahan pecah dan baret dibanding Gorilla Glass 6.

Layar dari Poco F6 menggunakan layar berjenis OLED berukuran 6,67 inci, dengan resolusi layar 1,5K atau 1220p. Padahal, masih banyak smartphone sekelas yang menggunakan layar dengan resolusi Full HD+. 

Kecerahan maksimum hingga 2400 nits juga sangat memudahkan penggunaan di luar ruangan. Tidak cuma itu, layar Poco F6 juga didukung dolby vision dan HDR10+, yang menambah kemewahan dan detail dari setiap gambar yang ditampilkan.

3 dari 4 halaman

Poco F6© 2024 X/POCOGlobal

Untuk urusan kamera, Poco mempercayakan sensor Sony LYT-600 dengan resolusi 50 MP sebagai kamera utama Poco F6, didampingi kamera ultrawide sebesar 8 MP.

Kamera utama 50MP juga dilengkapi dengan stabilisasi optikal dan elektronik (OIS dan EIS) yang berguna untuk mengurangi blur pada foto dan kestabilan video. Kemampuan perekaman video dari Poco F6 maksimum dapat merekam hingga resolusi 4K baik di 30fps maupun 60fps.

Soal ketahanan baterai mungkin tidak istimewa, sebab 5000 mAh terbilang standar di tahun 2024 ini, bukan? Namun mengingat bodinya yang cukup tipis, membuat pemilihan baterai berukuran standar terasa wajar. 

Mau tahu yang istimewa? Ya, kecepatan pengisian dari Poco F6 sangat tinggi, hingga 90 Watt dan disertakan charger 90 Watt dalam paket penjualannya! Wajar nggak sih, mengingat saat ini banyak banget brand yang mulai tidak menyertakan charger dalam paket pembeliannya.

4 dari 4 halaman

Poco F6 diperkirakan di berada di kisaran harga 5-6 jutaan, berdasarkan dari harga rilis Poco F5 tahun lalu dan perkiraan harga Poco F5 di China. Flagship killer yang satu ini tinggal menunggu waktu saja untuk jadwal rilisnya di Indonesia. Tertarik membawanya pulang?

 

Beri Komentar