Sering Bikin Sebel, ini 3 Masalah Utama Penyebab Komputer Mengalami Blue Screen

Reporter : Yoyok
Rabu, 6 Juli 2022 17:41
Sering Bikin Sebel, ini 3 Masalah Utama Penyebab Komputer Mengalami Blue Screen
BSOD sering kali datang tak diundang.

Buat kamu pengguna Windows, pastisudah tidak asing dengan tampilan layar berwarna biru dan membuat perangkat tidak bisa difungsikan. Tampilan biru tersebut bernama Blue Screen of Death atau BSOD.

Sering kali BSOD datang tanpa ada pemberitahuan, ataupun undangan sekalipun. Tidak ada yang mengharapkan datangnya BSOD karena bikin komputer gak bisa dipakai.

Berikut ini adalah tiga masalah utama penyebab BSOD terjadi pada komputer.

1 dari 5 halaman

Driver

Penyebab pertama komputer mengalami blue screen adalah dirver mengalami kerusakan. Sering kali masalah ini dipicu oleh sistem operasi yang tidak dapat mendeteksi atau membaca perangkat baru dengan baik. Hal ini membuat driver yang secara manual atau otomatis diinstall mengalami kerusakan.

Hardware pun juga bisa menjadi penyebab BSOD pada komputer, contohnya seperti VGA Card. Driver di sini maksunya yaitu " mengenalkan hardware baru kepada sistem operasi, lalu sistem operasi akan mengenali perangkat tersebut sesuai dengan fungsinya.

Jika sistem operasi dan hardware tidak cocok atau bertabrakan, maka akan terjadi kerusakan dan muncullah BSOD.

Ilustrasi Blue ScreenIlustrasi Blue Screen © shutterstock.com

2 dari 5 halaman

RAM

Kedua yaitu RAM. RAM bisa menjadi penyebab BSOD terjadi pada komputer dan laptop. Bisa dibilang, RAM dalam perangkat sudah mulai bermasalah atau rusak.

Atau, bisa jadi RAM yang terpasang pada komputer berbeda jenisnya. Dua slot terpasang RAM yang berbeda, sehingga mengakibatkan ketidakstabilan kerja pada komputer. Maka dari itu, kangan heran jika RAM menjadi penyebab BSOD.

3 dari 5 halaman

PSU

PSU atau power supply merupakan hardware yang dapat menyediakan listrik untuk perangkat komputer. PSu mengubah arus listrik dari sumber listrik seperti stopkontak, baterai, atau generator, ke format yang benar dan cocok untuk komputer.

Sering kali jika PSU mengalami masalah, maka akan berpengaruh pada arus listrik dan jatuhnya ke sistem operasi komputer. Maka dar itu, jangan kaget jika PSU yang bermasalah bisa menjadi penyebab BSOD.

4 dari 5 halaman

Nyatanya, masih banyak penyebab BSOD terjadi pada komputer. Kamu bisa saja memeriksanya di kode pada blue screen yang diberikan Windows.

Sayangnya, sering kali kode yang diberikan tidak spesifik menjelaskan masalah yang membuat komputer menjadi blue screen. Bisa dibilang, satu kode yang diberikan menjelaskan berbagai macam hal penyebab BSOD.

Beri Komentar