9 Cara Ampuh Mengatasi Baterai Laptop Cepat Habis, Aman Banget

Reporter : Yoyok
Jumat, 1 Maret 2024 13:12
9 Cara Ampuh Mengatasi Baterai Laptop Cepat Habis, Aman Banget
Kerja pun jadi makin aman kalau baterai laptop tidak cepat habis.

Cara mengatasi baterai laptop yang cepat habis bisa kamu kamu aplikasikan sekarang juga. Baterai laptop yang cepat habis memang bisa bikin kerjaan numpuk bahkan terbengkalai. Bahkan, kamu bisa saja enggaj jadi kerja karena bingung cari colokan.

Di zaman sekarang, laptop telah menjadi salah satu gadget atau perangkat yang dapat menunjang segala aktivitas. Kamu bisa mengoperasikan hiburandi sebuah kafe dengan laptop. Bermain game di mana saja, bisa menggunakan laptop. Atau, kamu juga bisa enjoy bekerja di kafe dengan menggunakan laptop.

Sifat laptop yang pertable dan mudah dibawa ke mana saja membuatnya jadi pilihan utama untuk kamu yang bekerja mobile dan di mana saja. Namun, kamu tidak akan bisa mobile jika baterqai laptop cepat habis.

Cara mengatasi baterai laptop yang cepat habis ada banyak dan bisa kamu aplikasikan. Namun, sebelumnya, mari kita ketahui terlebih dahulu penyebab baterai laptop cepat habis.

1 dari 10 halaman

Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis

Cara Mengatasi Baterai Laptop Cepat Habis © Diadona© shutterstock.com

Ada beberapa faktor mengapa baterai laptop bisa cepat habis. Berikut ini beberapa penyebab baterai laptop cepat habis:

Mode Performa Tinggi

Setiap laptop memiliki beberapa mode yang berhubungan dengan kinerja baterai laptop. Salah satunya adalah mode performa tinggi yang akan membuat segala aktivitas menjadi lebih smooth dan lancar. Namun, mode ini dapat menguras baterai dan membuatnya cepat habis.

Banyak Program yang Berjalan

Alasan berikutnya yaitu banyak program yang berjalan dalam satu waktu. Hal ini akan membuat laptop bekerja ekstra keras dan tentunya akan membutuhkan banyak daya.

Koneksi Internet

Zaman sekarang, pasti hampir setiap orang yang bekerja dengan laptop akan membutuhkan koneksi internet. Namun, tahukah kamu kalau laptop yang terkoneksi dengan internet lebih menguras baterai laptop lho. Laptop yang tidak terkoneksi internet akan lebih hemat baterai.

Program yang Menguras Energi

Semua program atau aplikasi di laptop tentu akan menguras energi. Namun, ada juga aplikasi yang membutuhkan daya baterai besar untuk beroperasi. Salah satunya adalah game yang tentunya membutuhkan daya besar baik saat operasi maupun lamanya dioperasikan.

Firmware Laptop

Firmware laptop yang rusak juga dapat menguras baterai latop jadi lebih cepat. Firmware merupakan software paling dasar di laptop yang membuat hardware bekerja dan membantu komunikasi antara hardware dan software lainnya.

Itulah beberapa penyebab mengapa baterai laptop bisa cepat habis. Tim Diadona telah merangkum beberapa cara mengatasi baterai laptop yang cepat habis agar lebih hemat. Yuk disimak guys.

2 dari 10 halaman

Cara Mengatasi Baterai Laptop Cepat Habis dengan Mode Hemat Daya

Cara Mengatasi Baterai Laptop Cepat Habis © Diadona© unsplash.com/Bram Naus

Seperti disebutkan sebelumnya, laptop memiliki beberapa mode yang berhubungan langsung dengan kinerja baterai. Ada juga mode yang mampu menghemat daya baterai yaitu mode hemat daya.

Mode ini memang tidak akan membuat kinerja laptop jadi smooth atau bahkan mungkin patah-patah. Namun, mode ini mampu mengatasi baterai laptopmu yang cepat habis. Caranya pun sangat mudah, kamu tinggal klik ikon baterai lalu pilih opsi battery saver.

3 dari 10 halaman

Cara Mengatasi Baterai Laptop Cepat Habis dengan Menutup Program

Cara Mengatasi Baterai Laptop Cepat Habis © Diadona© unsplash.com/Christopher Gower

Sempat disinggung sebelumnya bahwa setiap program atau aplikasi memiliki persentase sendiri dalam menguras daya baterai laptop. maka dari itu, salah satu cara untuk menghemat baterai laptop adalah dengan menutup program atau aplikasi.

Close program-program di laptop yang tidak berguna atau sedang tidak dipakai. Tentu kamu tidak rugi apapun karena menutup program tersebut, toh ya memang sedang tidak dipakai.

4 dari 10 halaman

Cara Mengatasi Baterai Laptop Cepat Habis dengan Mengatur Brightness

Cara Mengatasi Baterai Laptop Cepat Habis © Diadona© unsplash.com/Burst

Beberapa orang mungkin nyaman bekerja dengan pencahayaan layar laptop yang terang benderang. Padahal, hal ini dapat menguras daya baterai laptop lho.

Biasakan untuk bekerja dengan layar laptop yang tidak terlalu terang. Kamu bisa dengan mudah mengatur brighness laptop dengan mouse maupun shortcut keyboard. Selain dapat menghemat baterai, pencahayaan yang tidak terlalu terang dan tajam juga mampu menjaga kesehatan mata.

5 dari 10 halaman

Cara Mengatasi Baterai Laptop Cepat Habis dengan Menjaga Kesehatan Baterai

Cara Mengatasi Baterai Laptop Cepat Habis © Diadona© unsplash.com/Christin Hume

Baterai laptop juga perlu untuk dijaga kesehatannya lho. Ada banyak cara dalam menjaga kesehatan baterai laptop.

Contohnya seperti tidak menggunakan laptop saat sedang di-charge. Atau, jika sudah penuh, kamu bisa mencabut kabelnya charge dari laptop.

6 dari 10 halaman

Cara Mengatasi Baterai Laptop Cepat Habis dengan Mematikan Lampu Keyboard

Cara Mengatasi Baterai Laptop Cepat Habis © Diadona© unsplash.com/Andras Vas

Beberapa laptop memiliki fitur keyboard yang bisa menyala. Apalagi keyboard khusus gaming, tentu dengan keyboard yang bisa menyala akan memberikan pengalaman imersif dalam bermain game.

Namun, keyboard laptop yang menyala juga bisa menguras baterai laptop lho. Jika sedang tidak dibutuhkan, lebih baik lampu key dimatikan agar lebih hemat baterai.

7 dari 10 halaman

Cara Mengatasi Baterai Laptop Cepat Habis yaitu Jangan Tunggu Baterai Habis

Cara Mengatasi Baterai Laptop Cepat Habis © Diadona© unsplash.com/Kari Shea

Setiap orang pastinya bakal auto bingung karena laptopnya mati akibat kehabisan baterai. Membiarkan laptop sampai mati karena kehabisan baterai dapat merusaklho. Gak cuma merusak baterai namun juga perangkat laptopnya.

Usahakan untuk charge laptop saat dayanya tersisa 20 persen. Laptop akan semakin bekerja ekstra keras ketika dayanya sudah di bawah 20 persen.

8 dari 10 halaman

Cara Mengatasi Baterai Laptop Cepat Habis dengan Melepas Perangkat yang Tidak Perlu

Cara Mengatasi Baterai Laptop Cepat Habis © Diadona© unsplash.com/Marvin Meyer

Beberapa aksesoris laptop juga bisa menguras baterainya. Contohnya seperti keyboard tambahan, mouse, webcam, dan masih banyak lagi.

Cabut perangkat atau aksesoris yang sedang tidak digunakan. Dengan begini, kamu akan lebih hemat baterai.

9 dari 10 halaman

Cara Mengatasi Baterai Laptop Cepat Habis dengan Menghapus Periferal

Cara Mengatasi Baterai Laptop Cepat Habis © Diadona© unsplash.com/Windows

Kamu bisa lebih menghemat baterai laptop dengan menghapus periferal. Laptop dengan periferal USB yang dicolokkan ke dalamnya bisa lebih boros baterai. Berikut ini cara menghapus periferal:

1. Buka Pengaturan.
2. Pilih Sistem.
3. Temukan Perangkat.
4. Cek daftar semua perangkat periferal akan muncul.
5. Klik kanan pada perangkat yang ingin dihapus.
6. Pilih Safely Remove.
7. Putuskan sambungan perangkat setelah mendapatkan konfirmasi bahwa perangkat telah dihapus.

10 dari 10 halaman

Cara Mengatasi Baterai Laptop Cepat Habis dengan Memperbaiki Firmware

Cara Mengatasi Baterai Laptop Cepat Habis © Diadona© unsplash.com/Austin Poon

Seperti disebutkan sebelumnya, firmware yang rusak dapat menguras baterai laptop. Dan, memperbaiki firmware yang rusak terbilang tidak mudah.

Salah satu cara untuk memperbaiki firmware rusak dengan mengakses halaman BIOS di latop. Para pengguna biasanya harus menekan beberapa tombol di keyboard secara bersamaan. Atau, yang paling suulit adalah dengan membuka laptop dan mengganti baterai motherboard.

Itulah beberapa cara mengatasi baterai laptop cepat habis yang bisa Diazens lakukan. Selamat mencoba ya guys.

Beri Komentar