Mangkok Ayam Jago Jadi Logo Google Doodle Hari ini, Intip Sejarah dan Filosofinya di Sini Yuk!

Reporter : Kurnia
Senin, 12 September 2022 10:31
Mangkok Ayam Jago Jadi Logo Google Doodle Hari ini, Intip Sejarah dan Filosofinya di Sini Yuk!
si mangkok ikonik yang punya sejarah panjang

Pagi ini Google doodle kembai membuat terpesona para pengguna mesin pencarian paling mutahir di duini. Pasalnya, Google baru saja mengganti logonya dengan mangkuk Ayam Jago yang ikonik itu.

Seperti diketahui, Google doodle merupakan perubahan yang terjadi pada logo Google untuk merayakan berbagai peritiwa penting di seluruh belahan dunia.

1 dari 5 halaman

Tak hanya itu Diazens, biasanya perubahan pada Google doodle juga dilakukan untuk memperingati tokoh seniman, pelopor, ilmuwan terkenal, hingga benda-benda ataupun sesuatu yang mempunyai makna seperti logo mangkuk Ayam Jago hari ini, Senin (12/9).

Hari ini, Google mengubah logonya dengan mangkuk putih ikonik bergambar ayam jago yang terkenal dengan nama rooster bowl. Udah nggak asih dong tentunya dengan mangkuk ayam jago satu ini? Yups, dialah yang sering ditemui di warung bakso, warung mie ayam, sampai bubur ayam.

2 dari 5 halaman

Lantas, mengapa hari ini Google menggunakan ikon Ayam Jago tersebut sebagai logo doodle?

Google doodle hari ini © Diadona

Setelah ditelusuri dari laman blog-nya, Google menyebutkan bahwa pihaknya ingin merayakan Lampang rooster bowl yang ikonik.

" Doodle hari ini merayakan Lampang Rooster Bowl yang ikon, desain peralatan makan tradisional yang menampilkan ayam jago berekor hitam dengan bunga peony dan daun pisang," tulis Google pada Senin (12/9/2022).

Penggunaan logo ayam jago ini juga dibuat untuk memperingati pendaftaran yang telah dilakukan oleh pemerintahan Thailand pada desain tersebut pada 2013 lalu, di mana Thailand mendaftarkan mangkuk ayam jago tersebut sebagai produk indikasi Lampang yaitu merupakan provinsi di Thailand.

Meskipun Thailand mendaftarkannnya, tetapi Google juga menjelaskan bahwa desain mangkuk ayam jago tersebut berasal dari Tiongkok. Maka dari itu ada banyak sekali desain ayam jago dengan berbagai versi di Asia dan salah satunya adalah Indonesia.

3 dari 5 halaman

Sejarah Mangkuk Ayam Jago

Mangkuk Ayam Jago © Diadona

Tak serta merta, mangkuk ayam jago ini memiliki sejarah panjang di mana logo ini berasal dari Guangdong, China dan telah diciptakan lebih dari seabad yang lalu.

Diketahui, desain mangkuk putih berlogo ayam yang ikonik itu dibuat oleh orang Hakka. Orang tersebut mencetak serta melukis logo ayam jago itu menggunakan tangannya.

Dibuat dengan tangan dingin, mangkuk ikonik yang jadi logo Google doodle itu pertama kali dibuat hanya satu biji. Seiring dari berjalannya waktu mangkuk bergambar ayam jago itu dilukis kembali dengan perbedaan kecil seperti pola hingga ukurannya.

Nah, oleh sebab itulah ada banyak desain dan pola berbeda dari mangkuk ayam jago tersebut di belahan dunia ini Diazens, terutama di wilayah Asia termasuk Indonesia ya!

4 dari 5 halaman

Makna Logo Ayam Jago

Secara historis, logo ayam jago pada mangkuk putih itu memiliki arti yang berbeda-beda loh.

Pertama, ‘ayam’ dalam bahasa Hakka mempunyai pengucapan yang sama dengan arti ‘rumah’ atau ‘keluarga’, dari hal tersebut juga makan menggunakan mangkuk ayam akan membawakan kemakmuran bagi keluarga. Ayam jago juga mempunyai makna sebagai lambang kerja keras.

Adapun lambang dari daun pisang dan peony merah yang ada dalam mangkuk ayam jago tersebut mempunyai makna sebagai lambang dan mimpi keberuntungan.

Beri Komentar