Kakao M Hilangkan Ratusan Lagu K-Pop dari Aplikasi Spotify, Ternyata Ini Alasannya

Reporter : Riza Umami
Senin, 1 Maret 2021 11:43
Kakao M Hilangkan Ratusan Lagu K-Pop dari Aplikasi Spotify, Ternyata Ini Alasannya
Kenapa ya?

Kabar mengejutkan untuk para pencinta musik K-pop yang menggunakan aplikasi Spotify. Ratusan lagu K-Pop menghilang dari Spotify. Tentu saja hal ini pun langsung menjadi pembicaraan publik.

Dilansir dari berbagai sumber, ternyata lagu-lagu yang hilang dari Spotify tersebut adalah lagu yang didistribusikan oleh Kakao M. Hingga sekarang, Spotify dan Kakao M menjadi salah satu topik yang ramai diperbincangkan di Twitter.

1 dari 3 halaman

Alasan Hilang

Ilustrasi Spotify © Diadona

Juru bicara Spotify menyampaikan bahwa penyebab dari hilangnya ratusan lagu K-Pop dari Spotify ini karena berakhirnya lisensi Spotify dengan Kakao M per tanggal 1 Maret 2021.

Hal ini pun menyebabkan ratusan lagu K-Pop yang didistribusikan Kakao M tidak tersedia lagi di aplikasi Spotify. Juru bicara Spotify pun mengatakan bahwa sebenarnya pihaknya sudah berusaha melakukan negosiasi tentang perpanjangan lisensi.

2 dari 3 halaman

Sayangnya, hal tersebut ditolak dan perpanjangan lisensi Spotify dengan Kakao M pun berakhir. Tentu saja berakhirnya kerja sama lisensi global ini akan sangat merugikan para artis yang lagunya didistribusikan oleh Kakao M.

Daftar Artis K-Pop yang Lagunya Hilang di Spotify

Ilustrasi MAMAMOO © Diadona

Hal ini pun tentu saja menjadi kekecewaan bagi para pencinta lagu K-Pop yang mengguanakan aplikasi Spotify. Mereka tak lagi bisa mendengarkan lagu-lagu para idolanya di aplikasi tersebut. Berikut ini daftar artis K-Pop yang lagunya hilang dari Spotify.

3 dari 3 halaman

1. MAMAMOO
2. SEVENTEEN
3. IU
4. MONSTA X
5. GFRIEND
6. The Boyz
7. LOONA
8. Sunmi
9. (G)I-DLE
10. BtoB
11. Apink
12. P1Harmony
13. Dreamcatcher
14. Epik High
15. SISTAR
16. CRATIVY
17. Cosmic Girls

Selain itu, juga masih banyak artis K-Pop lain dengan distributor Kakao M yang lagunya hilang dari Spotify. Meski perpanjangan lisensi Spotify dan Kakao M telah berakhir, tetapi pihak Spotify sendiri berharap kesepakatan keduanya untuk memperbarui lisensi bisa segera terwujud. Bagaimana pendapatmu tentang hal ini?

Beri Komentar