Jenis-Jenis Keyboard Secara Fisik yang Paling Populer, Wajib Tahu nih!

Reporter : Arif Mashudi
Jumat, 17 September 2021 13:00
Jenis-Jenis Keyboard Secara Fisik yang Paling Populer, Wajib Tahu nih!
Ternyata lumayan banyak guys jenis kerboard itu hehe

Keyboard adalah salah satu bagian dari perkembangan teknologi yang membawa manfaat besar buat manusia. Dulu, sebelum ada keyboard, manusia menggunakan mesin kettik manual untuk menuangkan ide-ide dan juga teknologi pengolah kata. Kini jenis-jenis keyboard sudah sangat beragam, tinggal menyesuaikan kebutuhan penggunanya saja.

Kini dengan berbagai jenis keyboard, kita sebagai pengguna terkadang samapai bingung harus memilih yang mana. Tapi nggak usah bingung karena di artikel ini kamu akan tahu beberapa keyboard yang mana punya kegunaan tersendiri berdasarkan bentuk dan jenisnya.

Diadona.id telah merangkum jenis-jenis keyboard ini dari berbagai sumber. Penasaran dengan jenis-jenisnya? yuk simak uraian singkat di bawah ini.

1 dari 5 halaman

1. Keyboard QWERTY

Jenis keyboard QWERTY in iadalah keyboard yang sangat banyak digunakan. Keyboard ini pertama kali dibentuk oleh Scholes, Glidden dan Soule pada tahun 1878 lalu. Pada saat itu standar mesin ketik komersial bergantung pada jenis QWERTY.

Dan hingga kini, keyboard ini menjadi jenis yang paling populer. Oh iya, peletakkan kata-kata yang tidak sesuai dengan huruf alphabet menjadi pembeda sekaligus ciri khas yang ada di keyboard QWERTY.

2. Keyboard KLOCKENBERG

Jenis keyboard KLOCKENBERG ini adalah salah satu yang cukup unik. Jadi, keyboard ini terpisah menjadi dua bagian, yakni bagian kiri dan kanan. Kedua bagian terpisah dengan sudut 15 derajat serta dibuat dengan miring ke bawah.

Bahkan KLOCKENBERG mempunyai tombol-tombol yang dibuat lebih dekat dengan meja kerja sehingga terasa lebih nyaman saat dioperasikan. Tata letak ini dianggap lebih mengurangi beban otot pada jari-jari dan pergelangan tangan, sekaligus mengurangi beban otot pada tangan dan bahu.

2 dari 5 halaman

3. Keyboard DVORAK

Jenis keyboard DVORAK ini pertama kali muncul pada tahun 1932an. Keyboard ini disusun dengan mekanis agar tangan kanan memegang beban lebih banyak dibandingkan tangan kiri. Berbeda dengan QWERTY yang membebankan tangan kiri lebih banyak ketimbang tangan kanan.

Jadi, tata letak yang ada pada keyboard DVORAK dirancang agar 70 persen dari ketukan jatuh pada home row. Tentu saja ini dimaksudkan untuk mengurangi kelelahan saat melakukan pengetikan. Artinya jenis-jenis keyboard ini lebih argonomik. Bahkan, bahwa tata letak DVORAK ini diklaim lebih efisien 10 sampai 15 persen dibanding dengan QWERTY.

4. Keyboard Numeric

Jenis keyboard ini adalah termasuk keyboard yang diciptakan khusus untuk pengguna khusus juga. Jadi, kegunaan dari keyboard ini adalah digunakan bila ingin memasukkan satuan jumlah besar dan angka yang banyak. Keyboard ini kerap ditemukan di toko-toko perbelanjaan dan grosir dalam menginput kode barang.

3 dari 5 halaman

Selain banyaknya jenis keyboard berdasarkan bentuk fisiknya, ada jenis keyboard berdasarkan bentuknya aja. Berikut sedikit ulasannya:

5. Keyboard USB

Jenis keyboard ini banyak digunakan oleh semua komputer atau laptop, karena proses pemasangan yang sangat mudah dan simpel. Jenis konektor yang digunakan adalah mempergunakan jenis konektor USB, yang menjamin proses transfer data yang lebih cepat.

Di sinilah fungsi port digunakan untuk menyambungkan port USB pada keyboard dengan komputer atau laptop. Keyboard USB saat ini lebih banyak digunakan karena port usb yang lebih mudah bila dibandingkan dengan port yang lain.

6. Keyboard Wireless

Selanjutnya ada jenis keyboard wireless. Sesuai dengan namanya, keyboard ini tidak menggunakan kabeluntuk menymabungkannya ke komputer. Jenis koneksi yang digunakan oleh keyboard ini adalah bentuk infrared, Wifi, dan bluetooth.

Unit pemancar itu sendiri biasanya terdapat pada keyboard itu sendiri, sedangkan penerima biasanya di pasang pada port USB atau serial pada SPU. Keyboard ini bisa dipakai oleh semua jenis komputer dan laptop. Kebanyakan pula, keyboard wireless menjadi salah satu keyboard favorit yang di gunakan karena tidak susah-susah memakai kabel.

4 dari 5 halaman

7. Keyboard Serial

Ini adalah jenis keyboard yang menggunakan DIN 5 Male. DIN 5 Male ini adalah port pada keyboard serial yang memiliki 5 buah jarum-jarum untuk menghubungkan komputer dengan keyboard.

Untuk port pada keyboard ini cukup berbeda dari port keyboard yang lainnya, dari jenis ukurannya yang cukup besar hingga bentuk kabel yang lebih tebal. 5 Jarum ini nantinya sebagai detektor keyboard aktif, jika salah satu mengalami kerusakan, maka keyboard ini tidak akan bisa digunakan.

8. Keyboard PS/2

Terkahir ada keyboard PS/2. Jadi keyboard ini menggunakan plug DIN mini yang berisi 6 jarum sebagai konektor, masing-masing jarum konektor ini memiliki tugasnya masing-masing. Sehingga saling terkait antara jarum satu dengan jarum lainnya.

Keyboard ini sama halnya dengan keyboard serial, namun penggunaannya dipakai untuk komputer yang berjenis ATX.

Beri Komentar