Jadi Search Engine Tebesar, Google Lahir karena Sebuah 'Typo'

Reporter : Yoyok
Selasa, 9 Februari 2021 06:50
Jadi Search Engine Tebesar, Google Lahir karena Sebuah 'Typo'
Awalnya typo, ujung-ujungnya malah jadi gede gini, dasar Google

Siapa nih yang belum kenal dengan Mbah Google? Buat kamu yang belum kenal, yuk kenalan dulu. Bukan smartphone-nya trus klik Goole di browser deh.

Google merupakan search engine terbesar saat ini. Gak hanya jadi search engine, banyak produk Google yang kini kita gunakan sebagai bagian dari aktivitas sehari-hari. Seperti halnya Gmail untuk email, Youtube unutk nonton video, dan untuk rapat ada Google Meet.

Bisa dibilang, Google menjadi salah satu perusahaan berbasis teknologi terbesar saat ini. Tidak hanya saat ini, mungkin sepanjang abad 21, Google bakal jadi perusahaan teknologi terkenal.

1 dari 4 halaman

Berawal dari Typo

Tapi, kalian tahu gak sih kalau Google lahir karena sebuah kecelakaan? Tentunya bukan karena kecelakaan lalu lintas lho ya.

Kecelakaan yang dimaksud yaitu typo. Google bukanlah nama awal yang digagas untuk search engine ini lho.

Ilustrasi Google Search © Diadona

2 dari 4 halaman

BackRub

Dikutip dari Stanford, Google merupakan sebuah proyek yang dikerjakan oleh Larry Page dan Sergey Brin pada tahun 1996. Saat itu, keduanya bersama-sama menciptakan mesin pencari atau search engine bernama BackRub, yang dioperasikan menggunakan server di kampur mereka.

Saat itu, kantor Larry berada di kamar 360 di Gates CS Building, yang ia tinggali bersama dengan mahasiswa pascasarajana lainnya, termasuk Sean Anderson, Tamara Munzner, dan Lucas Pereira.

3 dari 4 halaman

Googol

Di tahun 1997, Larry dan teman-temannya membahas sejumlah nama baru untuk search engine yang mereka ciptakan. Saati itu, Sean menyarankan nama 'Googloplex', dan Larry memutuskan untuk menyingkatnya menjadi 'Googol'.

Saat Larry mencari nama Googol di search engine, ia typo dan malah menuliskan Goole. Namun, menurut Larry nama Google lebih menarik, ditambah lagi belum ada situs yang memakai nama tersebut, dan pilihan pun jatuh kepada hasil typo tersebut.

Google.com pun didaftarkan sebagai nama domain pada tanggal 15 September 1997.

4 dari 4 halaman

Ilustrasi Google Search © Diadona

Awalnya sebuah kecelakaan, ujung-ujungnya malah jadi puncak kejayaan.

 

Beri Komentar