Gokil, Jepang Pecahkan Rekor Internet Tercepat yang Mencapai 1 Juta Gbps

Reporter : Yoyok
Senin, 13 Juni 2022 13:40
Gokil, Jepang Pecahkan Rekor Internet Tercepat yang Mencapai 1 Juta Gbps
Kecepatan internet tersebut kini sedang dalam pengembangan dan akan bisa dipergunakan.

Jepang menjadi salah satu negara termaju di Asia maupun dunia. Tidak hanya dari segi hiburan atau entertainment, kalau ngomongin inovasi, Jepang sudah tidak perlu diragukan lagi.

Soal teknologi, Jepang juga menjadi negara yang terdepan di seluruh dunia. Bahkan, baru-baru ini Jepang menjadi topik pembicaraan banyak orang karena internetnya.

Jepang berhasil mengembangkan kecepatan internet yang kecepatannya mencapai 1 juta Gbps lho!

1 dari 4 halaman

Dikutip dari India Times, para peneliti dari Network Research Institute di National Institute of Information and Communication Technology (NICT), mengaku yang menemukan pencapaian tersebut. Mereka mengaku telah memecahkan rekor baru internet dengan kecepatan mencapai 1,02 petabit per detik (Pbps).

Hasil tersebut para peneliti dapatkan saat melakukan uji coba di laboratorium NICT dengan menggunakan dua jenis serat multi-core fiber (MCF). 1 Petabyte sama dengan 1 juta Gigabyte (GB).

Ilustrasi Wifi © Diadona

2 dari 4 halaman

Lalu, apa yang bisa kita kerjakan dengan internet berkecepatan 1 juta Gbps tersebut? Dengan kecepatan tersebut, kamu bisa memutar 10 juta video live dengan resolusi 8K dengan mulus dan tanpa hambatan atau buffering sedetikpun.

Teknologi tersebut mereka klaim akan segera dapat digunakan. Untuk mengirimkan data dengan kecepatan petabit, kamu hanya membutuhkan kabel serat optik standar yang bisa kamu beli dengan mudah.

3 dari 4 halaman

“ Meski kami tidak melihat kemampuan internet petabit bisa datang ke router rumah warga dalam waktu dekat, namun kecepatan 10 Gbps bisa segera menjadi kenyataan,” ucap para peneliti.

Ilustrasi Internet © Diadona

Beri Komentar