Emang Smartphone Tiap Hari Harus Dimatiin ya?

Reporter : Yoyok
Jumat, 4 September 2020 16:50
Emang Smartphone Tiap Hari Harus Dimatiin ya?
Kalian selalu matiin smartphone tiap malem gak sih?

Smartphone sudah menjadi barang kebutuhan primer tiap individu. Sering kali smartphone dikatakan sebagai komputer mini.

Karena hal itu, ada anggapan kalau smartphone sebaiknya saat malam hari atau menjelang tidur dimatikan. Banyak yang bilang hal tersebut dilakukan untuk menghemat daya dan agar smartphone tidak rusak.

Namun Kyle Weins, pendiri iFixit, perusahaan penyedia layanan servis smartphone terkenal, mengatakan sebaliknya. Smartphone tidak perlu dimatikan setiap hari, terutama saat menjelang tidur.

Dikutip dari Android Authority dan iFixit, berikut ini empat alasan mengapa smartphone tidak perlu dimatikan setiap harinya.

1 dari 5 halaman

Smartphone Bukan Komputer

Ilustrasi Smartphone © Diadona

Alasan mengapa banyak orang menganjurkan untuk mematikan smartphone saat akan tidur adalah untuk menghemat daya. Padahal, daya yang digunakan smartphone sangat kecil lho.

Menurut penelitian Lawrence Barkeley National Laboratory pada tahun 2012 lalu, charger yang tengah tersambung pada smartphone rata-rata menghabiskan 3,68 watt. Jumlah itu akan berkurang menjadi 2,24 watt bila baterai smartphone telah terisi penuh.

2 dari 5 halaman

Matiin Smartphone Gak Bikin Baterai Awet

Ilustrasi Smartphone Dicas © Diadona

Baterai Lithium-ion merupakan jenis baterai yang paling banyak digunakan smartphone atau gadget lainnya. Baterai Lithium-ion jika sering diisi ulang, maka akan semakin boros.

Umur baterai Lithium-ion ini baru akan menurun ketika baterai benar-benar habis sampai 0 persen atau penuh sampai 100 persen.

Jadi kamu tidak perlu mematikan smartphone tiap harinya untuk menjaga tetap awet. Cukup jaga agar baterai smartphone tidak benar-benar habis atau sampai terisi penuh.

3 dari 5 halaman

Restart > Mati

Ilustrasi Smartphone © Diadona

Menurut pakar dari iFixit, restart pada smartphone lebih baik daripada mematikannya. Selain tidak boros, restart juga berfungsi seperti halnya mematikan smartphone.

4 dari 5 halaman

Matikan Smartphone Setahun Sekali Sudah Cukup

Ilustrasi Smartphone © Diadona

Menurut iFixit, mematikan smartphone kalau bisa dilakukan hanya setahun sakli. Itupun caranya dengan tidak menekan tombol power, melainkan membiarkan daya smartphone habis hingga 0 persen.

Langkah ini dilakukan untuk mengkalibrasi baterai smartphone tersebut. Kalibrasi baterai diperlukan agar perhitungan daya baterai di smartphone lebih akurat setelah pemakaian jangka panjang.

Beri Komentar