Ciri-ciri Instagram Disadap, Begini Cara Mengatasi dan Mencegahnya

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 18 Januari 2023 11:00
Ciri-ciri Instagram Disadap, Begini Cara Mengatasi dan Mencegahnya
Ciri-ciri khusus saat Instagram disadap itu apa aja sih?

Instagram adalah salah satu sosial media yang sepertinya sudah memudahkan berbagai lini kehidupan manusia, hal-hal seperti jualan, promosi, informasi terkini terasa lebih mudah dengan adanya Instagram. Namun, resiko yang datang ternyata juga sebanding, salah satunya adalah ketika Instagram kamu disadap atau di-hack.

Lalu, seperti ciri-ciri Instagram disadap dan bagaimana cara mengatasi dan juga mencegahnya?

Instagram sebagai salah satu sosial media terbesar di dunia tentunya sudah memikirkan salah satu resiko ini. Jadi, untuk ciri-ciri Instagram disadap nantinya pasti akan mendapatkan notifikasi ada aktivitas yang mencurigakan. Selain itu, Instagram juga sudah menyediakan fitur yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi dan mencegahnya.

Diadona telah merangkum hal-hal mengenai ciri-ciri Instagram disadap dan juga bagaimana cara mengatasi dan mencegahnya. Jadi, langsung saja mari kita simak uaraia-uraiannya di bawah ini. Enjoy ya!

1 dari 5 halaman

Ciri-ciri Instagram Disadap

Ciri-ciri Instagram disadap tentunya ada banya ya Diazens. Semuanya ini bisa kamu jadikan patokan untuk langkah selanjutnya jika memang Instagram kamu benar-benar disadap. Yuk tengok beberapa ciri-cirinya di bawah ini.

Notifikasi dari Instagram

Ciri-ciri Instagram disadap yang pertama adalah adanya notifikasi dari pihak Instagram. Pemberitahuan ini biasanya akan kirim via email yang terdaftar di akun Instagram kamu. Isinya adalah ada aktivitas tidak biasa atau pun akun akmu telah diakses oleh perangkat lain.

Tidak Bisa Login

Ciri-ciri Instagram disadap yang selanjutnya adalah ditandai dengan kamu yang tidak bisa login ke akun tersebut. Jika sudah demikian, kemungkin abesar kata sandi atau pun email kamu sudah diubah oleh penyadap atau diretas.

2 dari 5 halaman

Informasi Data Pribadi yang Berubah

Untuk ciri-ciri Instagram disadap yang selanjutnya adalah adanya perubahan informasi data pribadi yang telah diubah. Bisa jadi, nama akun, nama pengguna, dan juga foto profil telah diubah pihak yang telah menyadap atau pun meretas akun kamu.

Mengunggah Foto atau Video Aneh

Selain adanya perubahan pada informasi data pribadi yang berubah, ciri-ciri Instagram diadap yang selanjutnya adalah adanya unggahan foto-foto yang aneh. Padahal, kamu sebagai pemilik IG tidak pernah mengunggah hal tersebut.

Jumlah Following Bertambah

Jumlah following bertambah dengan mengikuti akun-akun nggak jelas juga bisa menjadi ciri-ciri Instagram disadap. Biasanya penyadap mengandalkan keahliannya untuk memaksa akun lain untuk memfollow akun tertentu.

3 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Akun Instagram Disadap

Jika sudah mengetahui ciri-ciri Instagram disadap, lalu apa yang harus kita lakukan? Tentu saja nggak diam saja ya Diazens. Ada kok cara untuk mengatasi dan juga mencegahnya. Begini nih caranya.

  • Langkah pertama, segera ganti password akun Instagram kamu. Jika, sudah terlanjur nggak bisa login, gunakan opsi pemulihan akun dengan mengeklik " Lupa password" dan ikuti langkah selanjutnya sesegera mungkin.
  • Kemudian, jika sudah berhasil login kembali, segera aktifkan fitur keamanan otentifikasi dua faktor (2FA).
  • Lalu jangan lupa untuk melaporkan kasus peretasan akun ke pihak Instagram. Jadi, kamu bisa memanfaatkan fitur " bantuan" yang bisa dibuka lewat profil > pengaturan > bantuan > laporkan masalah
  • Oh iya, jangan lupa juga periksa aktivitas login akun kamu. Caranya, klik profil > pengaturan > keamanan > aktivitas login.
  • Di sini, kamu bisa melihat lokasi mana saja akun IG kamu pernah login. Apabila ada lokasi mencurigakan, klik ikon titik tiga di lokasi tersebut, lalu klik " logout"
  • Kemudian, cabut akses ke aplikasi pihak ketiga yang mencurigakan. Caranya, buka Instagram via browser, lalu klik settings > apps and websites > pilih situs/aplikasi mencurigakan > revoke access untuk mencabut akses atau view and edit untuk melakukan penyesuaian.
  • Yang terakhir, pastikan nomor telepon dan alamat e-mail yang ada di pengaturan akun adalah milik kamu sendiri.

4 dari 5 halaman

Cara Mencegah Akun Instagram Disadap

Diazens, karena mencegah lebih baik daripada mengobati jadi akan lebih naik untuk mencegah penyadapan Instagram terjadi pada akun kamu. Instagram sudah menyediakan fitur-fitur yang sangat mendukung loh.

Gunakan Otentifikasi Dua Faktor (2FA)

  • Buka aplikasi Instagram dan segera menuju menu profil yang terletak di sisi kanan bawah aplikasi.
  • Pilih akun tiga garis horizontal dan pilih menu settings.
  • Pilih menu security > two-factor authentification > dan tekan tombol " Get Started" .
  • Ada tiga jenis metode 2FA yang bisa dipilih, yakni melalui aplikasi Instagram, WhatsApp, dan SMS.
  • Apabila memilih opsi SMS, maka pengguna akan diminta untuk memasukkan enam digit kode yang dikirimkan melalui SMS.
  • Selanjutnya, screen capture lima kode cadangan yang diberikan. Lima kode ini bisa digunakan untuk memulihkan akun, apabila pengguna lupa dengan password yang digunakan.
  • Serupa dengan metode 2FA menggunakan SMS, pengguna yang memilih opsi WhatsApp akan menerima kode otentifikasi. Hanya saja, kode tersebut akan dikirimkan melalui pesan di WhatsApp.

Gunakan Password yang Kuat

Kemudian usahakan juga untuk menggunakan password yang kuat. Caranya, kamu bisa menggunakan password yang terdiri dari kombinasi huruf, angka, dan karakter spesial. Oh iya, jangan pernah membagikan password ini ke siapapun.

Gunakan Mode Privasi

Mode privasi adalah mode di mana akun kamu tidak akan bisa dilihat oleh mereka yang tidak mengikuti kamu. Begini caranya:

  • Login ke akun Instagram.
  • Pilih settings > privacy.
  • Geser toggle di sebelah kanan opsi " Private account" hingga berubah menjadi warna biru.
  • Jika sudah, maka akun kamu sudah masuk ke dalam mode privasi (Private).

Putuskan Akun dari Pihak Ketiga

Yang nggak kalah penting juga untuk mencegah akun penyadapan di akun kamu kamu bisa memutuskan akun kamu daru pihak ketiga. Caranya begini:

  • Login ke akun Instagram melalui browser komputer.
  • Pilih settings > apps and websites
  • Pada menu ini, pengguna bisa melihat daftar situs, aplikasi dan game yang telah menggunakan akses ke akun Instagram.
  • Apabila terdapat aplikasi yang mencurigakan, pengguna dapat dengan mudah mengeklik tombol revoke access untuk mencabut akses atau view and edit untuk melakukan penyesuaian.

Beri Komentar