3 Cara Upload CV di LinkedIn, Paling Mudah dan Lengkap

Reporter : Arif Mashudi
Kamis, 4 Januari 2024 10:51
3 Cara Upload CV di LinkedIn, Paling Mudah dan Lengkap
Begini cara upload CV di LinkedIn untuk melamar pekerjaan, ternyata gampang banget ya, Diazens.

LinkedIn adalah salah satu sosial media yang sangat bermanfaat yang bisa kamu manfaatkan untuk melamar pekerjaan dan berhubungan dengan orang secara profesional. Kamu bisa saja dilirik oleh perekrut melalui LinkedIn, oleh karena itu sebaiknya kamu mengisi profil LinkedIn kamu dengan lengkap dan menarik, langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan upload CV. Cara upload CV di LinkedIn ternyata cukup mudah dan simple.

Dengan upload CV di LinkedIn maka perekrut akan mengetahui kualifikasi kamu dengan mudah sehingga ini adalah langkah yang kuat untuk menarik perhatian perekrut pekerjaan. Pastikan juga CV yang kamu buat sudah cukup profesional, jelas, sesuai dengan data diri dan kualifikasi kamu, serta tentunya menarik.

Lantas, bagaimana cara upload CV di LinkedIn? Berikut adalah  langkah-langkah paling lengkap untuk mengunggah CV di LinkedIn beserta cara membuat postingan di LinkedIn agar CV kamu bisa menjangkau lebih banyak audiens.

1 dari 5 halaman

Cara Upload CV di LinkedIn

Cara Upload CV di LinkedIn © Diadona

Cara upload CV di LinkedIn cukup mudah. Dengan mengunggah CV melalui LinkedIn, CV kamu sudah siap dikirimkan kepada perekrut dan akan terlihat di profil LinkedIn kamu.

Berikut adalah cara upload CV di LinkedIn:

  1. Buka aplikasi LinkedIn di ponsel kamu atau kunjungi website resmi LinkedIn pada www.linkedin.com.
  2. Kemudian login dengan akun LinkedIn yang sudah terdaftar, jika belum memiliki akun sign up menggunakan akun baru.
  3. Jika sudah berhasil masuk ke akun LinkedIn kamu, pada halaman utama klik tab ‘Jobs’.
  4. Setelah itu pilih menu ‘Application settings’.
  5. Pada halaman menu ‘Application settings’, pilih opsi ‘Upload Resume’.
  6. Lalu upload CV yang sudah kamu siapkan sebelumnya. Pastikan kamu mengungunggah CV dengan format yang sesuai yakni doc, docx, atau pdf dengan ukuran tidak lebih dari 5MB.
  7. CV kamu sudah berhasil di upload di LinkedIn.

2 dari 5 halaman

Cara Upload CV di LinkedIn pada Saat Melamar Kerja

Cara Upload CV di LinkedIn © Diadona

Selain bisa upload CV secara langsung dengan cara di atas, kamu juga bisa mencoba cara upload CV di LinkedIn pada saat melamar kerja. Cara ini memungkinkan kamu untuk upload CV pada saat melamar lowongan pekerjaan secara langsung yang kamu temukan di LinkedIn. CV kamu akan langsung dikirimkan ke perusahaan.

Berikut adalah cara upload CV di LinkedIn saat melamar kerja:

  1. Buka aplikasi LinkedIn di ponsel kamu atau kunjungi website resmi LinkedIn pada www.linkedin.com.
  2. Kemudian login dengan akun LinkedIn yang sudah terdaftar, jika belum memiliki akun sign up menggunakan akun baru.
  3. Jika sudah berhasil masuk ke akun LinkedIn kamu, cari lowongan pekerjaan dengan menggunakan kolom pencarian LinkedIn atau dengan klik tab ‘Jobs’ untuk mendapatkan rekomendasi lowongan pekerjaan.
  4. Pilih lowongan pekerjaan yang kamu inginkan, pastikan lowongan pekerjaan itu sesuai dengan kualifikasi kamu. Lalu, klik tombol ‘Easy Apply’.
  5. Masukkan semua data diri yang diminta pada kolom yang tersedia, cek kembali agar kamu tidak salah mengisikan data diri.
  6. Selanjutnya upload CV kamu dengan klik ‘Upload resume’. Pastikan kamu mengungunggah CV dengan format yang sesuai yakni doc, docx, atau pdf dengan ukuran tidak lebih dari 2MB. Kamu bisa cek ulang CV tersebut dengan klik ‘View’.
  7. Cek kembali semua data diri yang sudah kamu isi, jika sudah benar dan sesuai kamu bisa langsung klik tombol ‘Submit application’.

3 dari 5 halaman

Cara Upload CV di Profil LinkedIn

Cara Upload CV di Profil LinkedIn © Diadona

Cara ketiga yang bisa kamu coba setelah cara upload CV di LinkedIn secara langsung atau pada saat melamar kerja adalah dengan mengunggah CV di profil akun LinkedIn kamu. CV yang kamu upload di profil LinkedIn tidak bisa kamu gunakan untuk melamar pekerjaan secara langsung, namun CV ini bisa dilihat dan diunduh oleh semua orang yang melihat akun LinkedIn kamu.

Berikut adalah upload CV di profil LinkedIn:

  1. Buka aplikasi LinkedIn di ponsel kamu atau kunjungi website resmi LinkedIn pada www.linkedin.com.
  2. Kemudian login dengan akun LinkedIn yang sudah terdaftar, jika belum memiliki akun sign up menggunakan akun baru.
  3. Jika sudah berhasil masuk ke akun LinkedIn kamu, pilih opsi untuk melihat profil LinkedIn kamu ‘Me’ di ujung kanan atau kamu juga bisa klik nama kamu yang ada di sebelah kiri.
  4. Setelah itu klik menu ‘Add profile section’.
  5. Pilih menu ‘Recommended’ lalu pilih opsi ‘Add featured’ untuk menambahkan CV atau resume kamu ke profil LinkedIn.
  6. Selanjutnya klik ikon plus (+) lalu pilih menu ‘Add media’ untuk mengunggah CV atau resume yang sudah kamu persiapkan sebelumnya.
  7. Kemudian personalisasi CV atau resume tersebut dengan menuliskan judul, memberikan deskripsi singkat, dan cek ulang thumbnail.
  8. Jika sudah sesuai dengan yang kamu inginkan kamu bisa langsung klik ‘Save’. CV sudah berhasil diunggah di profil LinkedIn kamu.

4 dari 5 halaman

Membuat Postingan di LinkedIn Untuk CV yang Kamu Upload

Membuat Postingan di LinkedIn © Diadona

Setelah mengetahui cara upload CV di LinkedIn, kamu juga perlu tahu cara membuat postingan di LinkedIn untuk CV yang kamu upload sebelumnya, cara ini adalah cara yang efisien untuk menampilkan CV kamu ke lebih banyak audiens. Membuat postingan di LinkedIn tentang CV yang sudah kamu upload sebelumnya akan muncul di feed beranda koneksi LinkedIn kamu. 

Dengan begitu, orang bisa saja mengunduh CV kamu secara langsung dari postingan yang sudah kamu buat, kamu bisa menambahkan beberapa kalimat sederhana tentang tujuan dan aspirasi karir untuk membuat postingan kamu menjadi lebih menarik.

5 dari 5 halaman

Berikut adalah cara membuat postingan di LinkedIn untuk CV yang kamu upload:

  1. Buka aplikasi LinkedIn di ponsel kamu atau kunjungi website resmi LinkedIn pada www.linkedin.com.
  2. Pada halaman utama LinkedIn, klik tombol ‘Start a Post’ yang ada di bagian atas feed LinkedIn.
  3. Kemudian klik ikon yang berbentuk seperti note.
  4. Lalu klik ‘Choose File’, pilih CV atau resume yang sudah kamu persiapkan sebelumnya untuk diunggah.
  5. Jika sudah selesai cek ulang kembali untuk memastikan file yang kamu upload sudah benar. Lalu klik ‘Done’ untuk membuat postingan ke feed LinkedIn.

Jadi, itu tadi ya langkah-langkah paling lengkap cara upload CV di LinkedIn. Selamat mencoba dan semoga membantu!

Penulis: Clarissa Dhea

Beri Komentar