Ini lho Cara Setting Laptop ketika Dibuka Langsung Hidup

Reporter : Yoyok
Selasa, 7 Mei 2024 14:32
Ini lho Cara Setting Laptop ketika Dibuka Langsung Hidup
Fitur Fast Startup bisa kamu gunakan untuk hal ini.

Banyak orang yang tidak tahu cara setting laptop ketika dibuka langsung hidup atau menyala. Seperti kita tahu, laptop sudah menjadi salah satu gadget yang memudahkan kita dalam melakukan berbagai pekerjaan atau aktivitas yang berhubungan dengan internet. Laptop bisa kamu gunakan untuk menulis laporan, ikut kelas online, hingga ngobrol dengan sahabat yang jauh di sana.

Selain itu, laptop yang memiliki sifat portable atau mobile membuatnya jadi pilihan karena praktis untuk dibawa ke mana saja. Walaupun memiliki fungsi yang sama seperti PC atau komputer, nyatanya sifat mobile yang dimiliki laptop menjadi faktor utama gadget satu ini selalu dipilih.

Tidak sedikit mereka yang ingin langsung bekerja ketika laptop dibuka atau dinyalakan. Ternyata, ada kok Diazens cara untuk setting laptop ketika dibuka langsung menyala. Yuk disimak Diazens.

1 dari 3 halaman

Kelebihan Laptop daripada PC

cara setting laptop dibuka langsung hidup © Diadona© shutterstock.com

Sebelum membahas lebih lanjut, sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu apa kelebihan laptop daripada PC. Banyak banget lho kelebihan laptop daripada PC selain sifatnya yang mudah dibawa ke mana-mana. berikut ini adalah beberapa kelebihan laptop daripada PC:

Mobile

Salah satu keunggulan utama laptop adalah kemampuannya untuk dibawa ke mana-mana dengan mudah. Mereka biasanya lebih ringan dan lebih kecil daripada PC, membuatnya ideal untuk pengguna yang sering bepergian atau membutuhkan akses komputasi saat bepergian.

Konsumsi Daya yang Lebih Rendah

Laptop biasanya menggunakan daya yang lebih rendah daripada PC desktop. Ini membuatnya lebih hemat energi dan lebih cocok untuk penggunaan yang tidak terhubung ke sumber daya listrik, seperti saat bepergian atau saat terjadi pemadaman listrik.

Integrasi Hardware yang Lebih Sederhana

Laptop memiliki semua komponen yang diperlukan (layar, keyboard, mousepad, dll.) Terintegrasi dalam satu unit yang ramping. Ini membuat pengaturan dan konfigurasi lebih sederhana daripada PC, yang memerlukan beberapa komponen terpisah.

Fungsionalitas Touchscreen

Sebagian besar laptop modern dilengkapi dengan layar sentuh, yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna terutama untuk penggunaan seperti navigasi web, penggambaran, atau aplikasi yang mendukung input sentuhan.

Kemudahan Mengakses Internet

Laptop biasanya dilengkapi dengan fitur Wi-Fi dan beberapa juga memiliki kartu SIM, yang memungkinkan akses internet nirkabel dengan mudah di mana saja ada koneksi jaringan seluler yang tersedia.

Penyimpanan Internal yang Portabel

Laptop memiliki penyimpanan internal yang terintegrasi dan portabel, seperti SSD (Solid State Drive) atau HDD (Hard Disk Drive), yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan membawa data mereka dengan mudah tanpa perlu perangkat tambahan.

2 dari 3 halaman

Cara Setting Laptop ketika Dibuka Langsung Hidup

cara setting laptop dibuka langsung hidup © Diadona© shutterstock.com

Cara setting laptop agar langsung hidup ketika dibuka yaitu dengan memanfaatkan fitur Fast Startup. Setiap seri Windows memiliki caranya sendiri-sendiri untuk mengaktifkan fitur tersebut. Berikut ini adalah cara mengaktifkan Fast Startup di Windows 8 dan 10:

1. Tekan Windows + X. Dari menu, klik Power Options , atau buka menu Settings dengan mengklik Start and Settings.

2. Di menu Settings, klik System, kali pilih opsi Power & Sleep.

3. Scroll ke bawa dan klik Additional Power settings.

4. Jendela Power Options nantinya akan muncul. Di sebelha kiri, klik Choose what the power buttons do.

5. Pada bagian Shutdown Settings, klik Turn on fast startup (recommended) pada kotak centang di sebelahnya.

6. Setelah dicentang, klik Save changes.

3 dari 3 halaman

cara setting laptop dibuka langsung hidup © Diadona© shutterstock.com

Di atas merupakan cara setting laptop ketika dibuka langsung hidup pada Windows 8 dan 10. Kini, kita akan membahas tata caranya di Windows 11:

1. Klik opsi Control Panel yang ada di menu Start.

2. Pada deretan menu Control Panel, klik Hardware and Sound.

3. Setelah itu, pilih opsi Power Options. Pada jendela Oper Options, klik Choose what the power buttons do.

4. Di jendela Sytem Settings, terdapat menu Shutdown Settings. Klik centang pada kotak Torn on fast startup pada menu Shutdown Settings.

5. Jika sudah diklik centang, pilih Save changes.

Itulah cara setting laptop ketika dibuka langsung hidup sesuai seri Windows-nya. Semoga membantu ya Diazens.

Beri Komentar