Cara Pesan Uang Baru di BI 2024, Buat Persiapan Bagi-bagi Angpau Hari Raya nih!

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 18 Maret 2024 11:47
Cara Pesan Uang Baru di BI 2024, Buat Persiapan Bagi-bagi Angpau Hari Raya nih!
Ini nih cara pesan dan tukar uang di Bank Indonesia~

Hari Raya Idul Fitri akan segera datang, pastinya kita semua butuh uang baru untuk memberikan angpau ke sanak saudara. Sebenarnya ada jasa tukar uang baru di pinggir jalan, tetapi kita tidak bisa menjami dari segi keaslian uang tersebut. Pastinya ini cukup beresiko.

Nah, soulisnya adalah memesan uang baru di BI. Jadi, ini adalah transaksi penukatan uang dengan uang yang lebih baru. BI atau Bank Indonesia sudah menyiapkan hal ini juga melalui kas keliling atau kamu bisa memesan secara online di aplikasi PINTAR BI.

Nggak perlu lama-lama, mari kita simak cara pesan uang baru di BI yuk Diazens. Simak artikelnya sampai habis ya.

1 dari 4 halaman

Cara Pesan Uang Baru di BI © Diadona

Cara Memesan Penukaran Uang Lewat PINTAR BI

Jadi, alur cara memesan uang baru di BI adalah dengan melalui pendaftaran online terlebih dahulu. Berikut ini adalah cara untuk melakukan pendaftaran penukaran uang di aplikasi BI PINTAR atau langsung dari laman resmi BI.

  • Pada halaman utama pilih menu Penukaran Uang Rupiah melalui Kas Keliling
  • Pilih provinsi lokasi penukaran uang rupiah melalui kas keliling yang diinginkan
  • Klik tombol Lihat Lokasi
  • Akan muncul daftar lokasi dan tanggal kas keliling yang tersedia
  • Pilih lokasi, tanggal, dan waktu yang diinginkan Isikan data diri berupa Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama, nomor telepon, dan alamat e-mail
  • Isi jumlah lembar atau keping uang rupiah sesuai peraturan jumlah jenis pecahan yang bisa ditukar Lakukan pemesanan untuk memperoleh bukti pemesanan
  • Kamu dapat membawa bukti pemesanan penukaran dalam bentuk digital atau cetak.

Sebagai catatan penting, penukaran uang baru hanya bisa dilakukan pada tanggal, lokasi, dan waktu yang tertera pada bukti pemesanan. Kemudian, buat kamu yang akan melakukan penukaran uang Rupiah melalui kas keliling BI, harus membawa uang dalam jumlah nominal yang pas sesuai dengan yang tertera pada bukti pemesanan.

2 dari 4 halaman

Cara Pesan Uang Baru di BI © Diadona

Penukaran di Kas Keliling

Nah, setelah melakukan daftar di aplikasi atau laman BI, kamu bisa langsung mengambil uangmu loh. Begini caranya:

  • Penukaran hanya dapat dilakukan pada tanggal, lokasi, dan waktu yang tertera pada bukti pemesanan
  • Penukaran wajib membawa bukti pemesanan penukaran uang melalui kas keliling dalam bentuk digital/cetak yang telah disertai QR Code
  • Masyarakat yang akan menukarkan uang harus terlebih dahulu memilah dan mengemas uang Rupiah yang ditukarkan T
  • Tata cara pemilahan dan pengemasan uang Rupiah, yaitu: uang dipilah menurut jenis pecahan dan tahun emisi, serta disusun searah. Selain itu, pengemasan dilarang menggunakan selotip, perekat, lakban atau steples.

3 dari 4 halaman

Bank Indonesia © Diadona© 2021 liputan6.com

BI Siap Bantu Penukaran Uang di Idul Fitri 2024

Melansir dari laman Kompas, BI memiliki 449 titik layanan yang terpublikasi dalam laman Penukaran dan Tarik Uang Rupiah (PINTAR). Nah, di tahun 2024 ini masyarakat juga dapat menukar uang dengan paket yang lebih besar senilai Rp 4 juta. Adapun, tahun lalu besaran paket penukaran adalah Rp 3,8 juta.

Sebagai info tambahan saja ya, BI telah menyiapkan sebanyak Rp 197,6 triliun selama periode Ramadhan dan Idul Fitri 2024. Jumlah ini naik sebesar 4,65 persen dibandingkan realisasi tahun 2023 yang tercatat sebesar Rp 188,8 triliun.

Info tambahan lainnya, Adapun NIK KTP tak bisa dipakai untuk melakukan pemesanan baru di layanan penukaran kas keliling. NIK bisa digunakan kembali untuk melakukan pemesanan penukaran uang Rupiah melalui kas keliling setelah tanggal yang tertera pada bukti pemesanan terlewati.

Jadi itu ya Diazens serba-serbi cara pesan uang baru di Bank Indonesia yang bisa kamu lakukan. Selengkapnya kamu bisa langsung mengunjungi laman resmi Bank Indonesia di bi.go.id.

Beri Komentar