Cara Menggunakan VPN di iPhone dengan atau Tanpa Aplikasi

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 1 April 2024 19:40
Cara Menggunakan VPN di iPhone dengan atau Tanpa Aplikasi
VPN ini banyak manfaatnya, jadi mari kita belajar cara menggunakannya

Cara menggunakan VPN di iPhone ini sebenarnya sangat mudah. Tetapi, dengan kemudahan penggunaan ini akan membawa keamanan untuk aktivitas kamu di dunia maya. Apalagi kalau kamu sering menggunakan koneksi atau wifi publik.

Diadona telah merangkum cara menggunakan VPN di iPhone dari berbagai sumber. Jadi, mari kita simak beberapa caranya di bawah ini ya, Diazens. Jangan lupa simak artikelnya di bawah ini sampai habis!

1 dari 5 halaman

Ilustrasi VPN © Diadona© unsplash.com/Dan Nelson

Apa Itu VPN?

Jadi, VPN ini adalah singkatan dari " Virtual Private Network" . Persis seperti namanya, VPN merupakan cara untuk membuat koneksi jaringan internet yang terproteksi saat menggunakan jaringan publik. Sederhananya, fungsi dari VPN ini adalah menjaga kerahasiaan informasi pribadi penggunanya.

Untuk cara kerja VPN sendiri adalah begini, saat kamu mengunakan internet, ada proses konstan di mana perangkat kamu bertukar data dengan pihak lain di website. Browser kamu mengirimkan berbagai data via internet service provider ke alamat website yang kamu kunjungi. Lalu, website akan mengirimkan kembali informasi yang diperlukan trus website bakalan muncul di layar gadget kamu.

Nah selama pertukaran informasi ini, koneksi internet kita sering tak terenskripsi. Untuk yang belum tahu, bidang kriptografi, enkripsi adalah proses mengamankan suatu informasi dnegan membuat informasi tersebut jadi nggak terbaca kecuali dengan teknologi atau pengetahuan khusus.

Di sinilah peran VPN, Saat kamu menggunakan VPN, aplikasi VPN akan mengenkripsi semua data kamu. Data yang udah terenkripsi ini akan berjalan melewati terowongan VPN yang aman via internet service provider (ISP) kamu ke server VPN. Selanjutnya, server VPN ini hanya akan meneruskan informasi yang dibutuhkan dan informasi yang anonim melalui alamat IP mereka sendiri.

2 dari 5 halaman

Cara Menggunakan VPN di iPhone © Diadona

Cara Menggunakan VPN di iPhone dengan Manual

iPhone sendiri sebenarnya dikenal sebagai gadget yang cukup aman dari pada jenis lainnya. Begini nih cara menggunakan VPN di iPhone dengan cara manual.

  • Buka Settings (Setelan) pada iPhone kamu.
  • Pilih General (Umum) dan kemudian VPN.
  • Klik Add VPN Configuration (Tambah Konfigurasi VPN) dan pilih jenis protokol keamanan yang sesuai.
  • Masukkan informasi yang diperlukan, seperti alamat server, nama akun VPN, dan informasi kredensial.
  • Setelah semua terisi, klik tombol “ Done”.

Nah, selain bisa menghidupkan VPN dengan manual, kamu juga bisa menonaktifkannya jika sudah tidak membutuhkannya. Caranya juga mudah kok.

  • Untuk menonaktifkan profil VPN, kunjungi Settings > General > VPN. Matikan toggle hingga berwarna abu-abu.
  • Untuk menghapus profil VPN, klik tombol “ Delete VPN” di laman profil VPN yang ingin dihapus.

3 dari 5 halaman

Ilustrasi Aplikasi VPN © Diadona

Cara Menggunakan VPN di iPhone dengan Aplikasi

Selanjutnya, ada cara menggunakan VPN di iPhone dengan aplikasi. Ini caranya bisa dikatakan lebih mudah dari yang sebelumnya.

  • Unduh dan pasang aplikasi VPN dari App Store. Beberapa opsi populer termasuk ExpressVPN, NordVPN, Surfshark, Hotspot Shield, dan IPVanish.
  • Buka aplikasi yang telah diinstal dan pilih wilayah server yang diinginkan.
  • Setelah itu, aplikasi akan meminta kamu untuk menginstal profil VPN.
  • Kemudian, izinkan dengan menekan tombol “ Allow” dan masukkan nomor PIN iPhone kamu.
  • Klik tombol “ Connect” untuk terhubung dengan jaringan VPN di negara yang kamu pilih.
  • Nantinya, logo “ VPN” akan muncul di status bar iPhone jika koneksi berhasil terhubung.

4 dari 5 halaman

Kenapa Harus Menggunakan VPN?

Melansir dari berbagai sumber, fungsi VPN ini adalah menyamarkan lalu lintas online kamu dan melindunginya dari pihak luar. Berikut ini adalah beberapa keuntungan menggunakan VPN.

  • Mengakses Konten dari Negara Lain
    Dengan VPN, kamu dapat mengakses konten dari negara lain tanpa batasan. Misalnya, jika ada situs web atau layanan streaming yang diblokir di negara kamu, kamu dapat menggunakan VPN untuk mengaksesnya dengan mengganti lokasi IP yang kamu gunakan.
  • Melindungi Data Pengguna
    VPN membantu melindungi data pengguna dari pencurian oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Dengan mengenkripsi lalu lintas internet, VPN memastikan bahwa informasi pribadi Kamu tetap aman saat Kamu terhubung ke jaringan publik.
  • Anonimitas
    Dengan menggunakan VPN di HP atau perangkat lain, identitas pengguna tidak akan terhubung langsung dengan alamat IP asli. Ini memberikan tingkat anonimitas lebih tinggi saat browsing internet.

Jadi itu ya Diazens beberapa hal terkait VPN dan juga cara menggunakan VPN di iPhone yang bisa kamu coba gunakan. So, selamat mencoba dan semoga berhasil ya, Diazens.

Beri Komentar