Cara Membuat Soal di Google Form dari Laptop atau HP, Kelar dalam Hitungan Menit

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 10 Januari 2024 11:38
Cara Membuat Soal di Google Form dari Laptop atau HP, Kelar dalam Hitungan Menit
Inilah cara membuat soal di Google Form yang cepat dan mudah, auto hemat waktu nih~

Cara membuat soal di Google Form sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan. Sayangnya, masih banyak yang belum familiar atau mengetahui bagaimana caranya. Padahal, Google Form sudha cukup sering digunakan untuk keperluan pendataan, khususnya di instansi pendidikan.

Dilansir dari Google, Google Form merupakan sebuah platform yang memungkinkan kamu untuk membuat dan membagikan formulir dan survei, serta mendapatkan respon secara real-time. Google Form sudah sangat sering digunakan untuk keperluan akademik atau pendataan, misalnya presensi kegiatan, pengambilan data riset.

Google Form mempunyai berbagai fitur yang bisa kamu sesuaikan untuk membuat formulir sesuai yang kamu inginkan. Data real-time yang tampil juga bisa dilihat dalam format perorangan, persentase, bahkan data grafik. Platform ini memudahkan pekerjaan pengumpulan data formulir fisik menjadi jauh lebih efisien.

Walaupun Google Form terbilang cukup mudah digunakan, masih banyak orang belum memahami bagaimana cara membuat soal di Google Form. Berikut Diadona telah mengulas lengkap caranya, simak ya Diazens!

1 dari 5 halaman

Cara Membuat Soal di Google Form Melalui Laptop

Cara Membuat Soal di Google Form © Diadona

Cara membuat soal di Google Form pertama bisa kamu lakukan melalui laptop atau PC kamu. Caranya cukup mudah dan kamu tidak perlu mendownload aplikasi dan bisa langsung mengakses dari laman web.

Berikut langkah-langkah cara membuat soal di Google Form dari laptop:

  • Langkah pertama, buka browser di laptop kamu. Kemudian ketik dan cari ‘Google Form’ di kolom pencarian browser tersebut.
  • Lalu, pada menu utama Google Form, klik menu tanda panah yang ada di layar.
  • Jika sudah, maka kamu akan otomatis dibuatkan form baru oleh Google.
  • Setelah itu, beri nama soal atau formulir di kolom pojok kiri atas layar form yang bertuliskan ‘Untitled Document’. 
  • Kemudian, akan langsung tersedia template soal menggunakan pilihan ganda / multiple choice pada form tersebut.
  • Kalau kamu ingin mengganti format pertanyaan, kamu bisa klik tombol dropdown yang ada di samping kolom soal. Lalu, pilih format sesuai yang kamu inginkan.
  • Jika sudah, maka ketikkan soal yang kamu ingin masukkan ke dalam form tersebut. Kalau kamu menggunakan format pilihan ganda, dropdown, atau checkbox, kamu perlu mengisi opsi jawaban terkait soal yang kamu buat.
  • Kalau kamu ingin menambahkan soal baru, kamu bisa klik tombol plus yang ada di menu bagian bawah form.
  • Terakhir, kamu juga bisa mengatur jawaban wajib ataupun tidak wajib dari pengisi form kamu.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Soal di Google Form Melalui HP

Cara Membuat Soal di Google Form © Diadona

Selain melalui laptop, cara membuat soal di Google Form bisa kamu lakukan melalui HP. Caranya juga cukup mudah, berikut langkah-langkahnya!

  • Langkah pertama, buka browser di HP kamu. Kemudian, pada kolom pencarian ketikkan Google Form dan cari.
  • Lalu, buka laman Google Form yang tampil. Disini kamu akan berpindah ke laman Google Form.
  • Kemudian, klik tombol tanda plus (+) yang ada di pojok kanan atas untuk membuat formulir baru.
  • Setelah itu, beri nama formulir tersebut melalui kolom nama atau judul yang sudah disediakan.
  • Jika sudah, mulailah untuk membuat pertanyaan di Google Form. Kamu bisa mengklik tombol dropdown untuk memilih format pertanyaan, misalnya pilihan ganda, deskripsi, atau checkbox.
  • Lalu, sesuaikan opsi jawaban yang bisa diisi oleh pengisi formulir sesuai pertanyaan yang kamu tuliskan. Kamu bisa mengatur preferensi soal apakah wajib dijawab atau tidak.
  • Kemudian, untuk menambahkan soal, kamu tinggal klik tombol plus di menu tambahkan pertanyaan. Lalu, mengisi soal-soal yang kamu inginkan.
  • Jika sudah selesai, kamu bisa menyimpan soal formulir tersebut dan membagikannya kepada responden.

Itu dia dua cara membuat soal di Google Form yang perlu kamu ketahui. Cara-cara di atas bisa kamu lakukan dengan cukup mudah tanpa harus ribet karena tampilan Google Form yang juga mudah untuk dimengerti.

3 dari 5 halaman

Cara Membagikan Google Form

Cara Membuat Soal di Google Form © Diadona

Setelah cara membuat soal di Google Form, berikut adalah cara membagikan Google Form yang sudah kamu buat kepada orang lain. Caranya cukup mudah dilakukan, karena sudah tersedia fitur khusus untuk membagikan Google Form.

Sebenarnya ada tiga cara utama membagikan Google Form ke orang lain untuk diisi, yaitu melalui email, link URL, dan HTML. Selain itu, kamu juga bisa membagikan Google Form kamu melalui Facebook atau Twitter. 

Untuk membagikannya, kamu tinggal mengklik tombol panah navigasi yang ada di sisi atas layar, yaitu di samping tombol titik tiga. Kemudian, kamu akan bisa memilih saluran untuk membagikan Google Form kamu di menu ‘Send via’ atau ‘Kirimkan melalui’. 

Kalau kamu ingin membagikan lewat email, klik tombol ikon surat dan masukkan alamat email tujuan, subjek email, dan pesan pengantar yang ingin kamu tulis. Terakhir, centang kotak ‘Include form in email’ atau ‘Sertakan formulir dalam email’ dan klik tombol kirim.

4 dari 5 halaman

Kemudian, kalau kamu ingin menggunakan link URL yang bisa diakses semua orang, kamu bisa mengklik tombol ikon link. Lalu, centanglah kotak ‘Shorten URL’ atau ‘Pendekkan URL’ untuk menjadikannya lebih pendek. Terakhir, klik tombol Copy dan bagikan formulir ke orang yang kamu inginkan.

Terakhir, kamu juga bisa membagikan soal formulir melalui link HTML. Caranya hampir sama dengan URL, kamu tinggal klik tombol (< >), kemudian kamu akan bisa melihat HTML dari form kamu. Terakhir, kik tombol Copy dan bagikan link tersebut.

Demikian ulasan terkait cara membuat soal di Google Form, selamat mencoba dan semoga berhasil ya, Diazens! 

Penulis: Starky

Beri Komentar