7 Cara Memperkuat Sinyal TV Digital, Bakal Makin Asyik Nonton Bareng Keluarga

Reporter : Yoyok
Rabu, 28 Februari 2024 15:05
7 Cara Memperkuat Sinyal TV Digital, Bakal Makin Asyik Nonton Bareng Keluarga
Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperkuat sinyal TV digital.

Banyak orang kebingungan dengan cara memperkuat sinyal TV digital. Hal ini dikarenakan tidak sedikit yang mengalami masalah dengan tv digital mereka. Entah itu karena sinyalnya yang buruk, atau tampilan jadi tidak jernih.

TV digital menjadi solusi untuk kamu yang ingin bersantai setelah mengalami penat sepulang kerja. Maka dari itu, tentu kamu mau hasil yang maksimal atau sempurna untuk menikmati TV digital. Namun, sering kali TV digital malah jadi bikin pusing karena masalah yang dialami.

Salah satu masalah yang dialami oleh TV digital adalah sinyalnya lemah. Ada banyak faktor mengapa sinyal TV digital bisa lemah, seperti sinyal yang belum memadai, posisi antena yang belum tepat, hingga kerusakan pada perangkat.

TV digital memang lebih baik daripada TV analog. Namun, jika sinyalnya terganggu, maka bisa mengakibatkan hilangnya audio serta video. Maka dri itu, timDiadona telah menjabarkan beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperkuat sinya TV digital. Berikut ini adalah deretan cara memperkuat sinya TV digital.

1 dari 8 halaman

Cara Memperkuat Sinyal TV Digital dengan Aplikasi SinyalTVDigital

Cara Memperkuat Sinyal TV Digital © Diadona© shutterstock.com

Kamu bisa mengetahui seberapa berkualitas sinyal TV digital dengan menggunakan sebuah aplikasi. Aplikasi tersebut bernama SinyalTVDigital. Lalu, bagaimana caranya? Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Instal aplikasi SinyalTVDigital di Play Store atau App Store.

2. Setelah diinstal, buka aplikasi dan izinkan akses lokasi.

3. Klik ikon layer kotak tumpuk tiga yang ada di bagian kanan layar untuk menampilkan keterangan mengenai kekuatan sinyal digital sesuai lokasi.

4. Sistem akan menampilkan kualitas sinyal dengan berbagai warna dari kuat hingga lemah. Seperti merah, oranye hijau, kuning, abu-abu, dan biru muda.

2 dari 8 halaman

Cara Memperkuat Sinyal TV Digital dengan Menggunakan STB Bersertifikast Kominfo

Cara Memperkuat Sinyal TV Digital © Diadona© shutterstock.com

Cara berikutnya yaitu dengan menggunakan STB bersertifikat Kominfo. Dengan menggunakan STB bersertifikat Kominfo, tentu standartnya akan lebih terjamin.

STB dengan sertifikat resmi Kominfo terbukti efektif menangkap sinyal TV digital.

3 dari 8 halaman

Cara Memperkuat Sinyal TV Digital dengan Memakai Antena Khusus

Cara Memperkuat Sinyal TV Digital © Diadona© shutterstock.com

Jangan sembarangan menggunakan antena dalam menangkap sinyal digital. Apalagi jika kamu masih menggunakan antena analog untuk menangkap sinyal digital.

Tidak semua antena akan dengan baik menangkap sinyal TV digital. Jangan kaget jika kualitasnya akan jelek jika masih menggunakan sembarang antena. Maka dari itu, gunakan antena digital khusus untuk menangkap siaran digital agar kualitas gambar jadi lebih jernih.

4 dari 8 halaman

Cara Memperkuat Sinyal TV Digital dengan Tepat Memposisikan Antena

Cara Memperkuat Sinyal TV Digital © Diadona© shutterstock.com

Cara selanjutnya yaitu dengan tepat memposisikan atau meletakkan antena. Jangan remehkan posisi antena karena penting banget dalam hal kekuatan sinyalnya.

Posisi antena yang tepat akan mempengaruhi kualitas sinyal TV digital.

5 dari 8 halaman

Cara Memperkuat Sinyal TV Digital dengan Cek Komponen Alat

Cara Memperkuat Sinyal TV Digital © Diadona© shutterstock.com

Berikutnya yaitu dengan memeriksa komponen pada alat TV digital. Alat ini diantaranya STB, antena, hingga kabel yang digunakan.

Periksa kembali komponen yang digunakan, pakah berfungsi dengan baik atau tidak. Jangan lupa untuk mengecek bagian jack dan kabel konektor. Jika ada yang rusak, segera ganti komponen agar sinyal tetap lancar.

6 dari 8 halaman

Cara Memperkuat Sinyal TV Digital dengan Booster Antena

Cara Memperkuat Sinyal TV Digital © Diadona© unsplash.com/ Erik Mclean

Berikutnya yaitu kamu bisa memanfaatkan booster antena untuk memperkuat sinya TV digital. Booster antena merupakan alat atau perangkat untuk memperkuat sinya pada antena TV jenis indoor (dalam ruangan).

Hasilnya jika menggunakan booster antena akan berbeda dengan antena outdoor atau luar ruang. Kamu bisa membeli bosster antena akan sinya TV digital jadi lebih maksimal.

7 dari 8 halaman

Cara Memperkuat Sinyal TV Digital dengan Menghindari Gangguan

Cara Memperkuat Sinyal TV Digital © Diadona© unsplash.com/Jonas Leupe

Cara terakhir yaitu menyingkirkan berbagai gangguan yang dapat menghambat sinyal TV digital. Banyak hal yang dapat membuat sinyal TV digital melemah, salah satunya keberadaan peralatan elektronik.

Banyak peralatan elektronik yang dapat menghambat sinya TV digital, seperti microwave, router wifi, speaker, dan masih banyak lagi. Maka dari itu, singkirkan terlebih dahulu benda-benda elektronik yang berada di sekitar antena.

8 dari 8 halaman

Keuntungan TV Digital

Sebelumnya, kita telah membahas berbagai cara yang bisa dilakukan untuk memperkuat sinyal TV digital. Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan TV digital. Berikut ini adalah beberapa keuntungan menggunakan TV digital.

Gambar Jernih dan Tajam

TV digital menghadirkan gambar yang lebih jernih, beresolusi tinggi, serta tajam. Sinyal digital membuat transmisi data yang lebih akurat. Transmisi yang akurat ini akan membuat gambar lebih terperinci dan lebih detail. Tentu saja pengalaman menonton akan terasa lebih imersif dengan gambar yang berkualitas jernih serta tajam.

Kualitas Suara Tinggi

Selain gambar yang lebih jernih, TV digital juga memberikan kualitas suara yang tinggi lho. Di format digital, suara dikirimkan dengan kualitas yang lebih konsisten dan tinggi. Nantinya kamu akan merasakan suara stereo yang jernih atau bahkan suara surround. Gabungan antara gambar yang tajam serta suara berkualitas dapat menghadirkan pengalaman audio visual yang lebih imersif.

Saluran TV Lebih Banyak

TV digital membuat transmisi jadi multipleks yang artinya beberapa saluran TV bakal dikompresi dan ditransmisikan di frekuensi yang sama. Dengan begini, kamu bisa mengakses lebih banyak saluran TV berkualitas baik tanpa perlu peralatan tambahan atau berlangganan.

Mudah Menerima Sinyal

Dengan sinyal TV digital yang kuat akan membuat penerimaannya jadi lebih mudah. Kualitas sinyal yang baik dapat membuatmu terhindar dari berbagai masalah seperti kerapuhan, gangguan, atau kehilangan sinyal yang sering terjadi pada TV analog. Nantinya bakal lebih stabil dalam menonton TV tanpa adanya gangguan.

Cara Memperkuat Sinyal TV Digital © Diadona© shutterstock.com

Itulah beberapa cara memperkuat sinyal TV digital beserta keuntungan menggunakannya. Semoga bermanfaat ya Diazens.

Beri Komentar