Tata Cara Bayar Pajak Motor dan Mobil di Tokopedia, Praktis Banget!

Reporter : Yoyok
Jumat, 23 Februari 2024 14:25
Tata Cara Bayar Pajak Motor dan Mobil di Tokopedia, Praktis Banget!
Kamu tidak perlu lagi panas-panasan antri di Samsat.

Cara bayar pajak motor bisa via online lho, salah satunya bisa dilakukan di Tokopedia. Di era serba teknologi seperti sekarang ini, antri untuk membayar pajak kendaraan bermotor di Samsat terasa sangat melelahkan. Selain menghabiskan banyak waktu, tidak jarang orang-orang harus antri panjang hanya untuk membayar hak dan kewajibannya.

Karena harus antri sambil menghabiskan waktu yang cukup banyak, membuat banyak orang jadi ogah untuk membayar pajak kendaraan bermotor di Samsat. Padahal, bayar pajak itu hukumnya wajib lho Diazens. Kalau ogah bayar pajak bisa kena denda dan nantinya bayarnya jadi makin besar deh.

Pihak Samsat pun paham akan hal ini. Makanya, mereka berbenah dengan sistem pembayaran. Kini, kamu tidak perlu lagi pergi ke samsat hanya untuk bayar pajak motor atau mobil. Semua pembayaran bisa dilakukan lewat online. E-commerce Tokopedia pun bisa menjadi tempat kamu bayar pajak motor dan mobil lho.

Nyatanya, banyak orang bingung bayar pajak motor atau mobil di Tokopedia. Padahal, caranya gampang banget lho. Berikut ini adalahtata cara membayar pajak motor atau mobil di Tokopedia.

1 dari 3 halaman

Apa Itu SIGNAL?

Cara Bayar Pajak Motor di Tokopedia © Diadona

Tetapi, sebelum bayar pajak di Tokopedia, Diazens harus memiliki kode bayar dari SIGNAL. SIGNAL merupakan singkatan dari Samsat Digital Nasional. SIGNAL adalah serangkaian layanan Samsat yang terdiri dari STNK tahunan, pembayaran PKB (Pajak Kendaraan Bermotor), serta Pembayaran Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).

Aplikasi SIGNAL memanfaatkan database kendaraan bermotor yang dimiliki Polri serta database induk kependudukan yang ada di Dirjen Dukcapil Kemendagri, serta sistem informasi pajak kendaraan bermotor yang dikelola oleh tiap-tiap Bapenda Provinsi.

Dengan kehadiran SIGNAL, dapat memudahkan masyarakat untuk mengurus pembayaran yang berhubungan dengan kendaraan bermotor, seperti halnya pajak motor atau mobil.

2 dari 3 halaman

Cara Menggunakan SIGNAL

Cara Bayar Pajak Motor di Tokopedia © Diadona

Buat kamu yang masih awam atau baru pertama kali menggunakan SIGNAL, sebelumnya harus registrasi akun terlebih dahulu di aplikasi tersebut. Berikut ini adalah cara registrasi akun SIGNAL:

1. Masukkan data-data pribadi anda seperti NIK, Nama sesuai eKTP, alamat e-mail, nomor handphone.
2.Masukkan kata sandi, lalu ulangi kata sandi.
3. Masukkan foto e-KTP.
4. Lakukan verifikasi biometrik wajah dengan melakukan selfie.
5. Masukkan OTP yang dikirimkan lewat SMS.
6. Registrasi berhasil. Selanjutnya kamu akan melakukan verifikasi ulang dengan mengklik link yang dikirimkan oleh SIGNAL ke e-mail yang telah didaftarkan.

Setelah registrasi akun, kamu sudah bisa mendaftarkan kendaraan ke SIGNAL. Berikut ini cara mendaftarkan kendaraan ke aplikasi SIGNAL:

1. Pilih menu Tambah Data Kendaraan Bermotor.
2. Pilih kendaraan atas nama sendiri.
3. Masukan Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor.
4. Masukan 5 digit terakhir nomor rangka.

Tidak hanya milik sendiri, kamu juga bisa mendaftarkan kendaraan milik orang lain di aplikasi SIGNAL ini lho. Caranya pun cukup mudah, berikut langkah-langkahnya:

1. Pilih tombol tambah untuk menambah data kendaraan dokumen digital. Setelahnya, akan muncul tampilan form tambah dokumen data kendaraan.
2. Masukkan nama pemilik kendaraan pada kolom pemilik kendaraan, jika kendaraan tersebut milik istri atau anak dalam satu KK maka pilih Milik Keluarga satu KK.
3. Masukkan NRKB (Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor) pada kolom NRKB.
4. Masukkan Nomor Rangka 5-digit terakhir pada kolom Nomor Rangka.
5. Masukkan NIK pemilik kendaraan dan menggugah foto KTP.
6. Setelah semua kolom diisi maka klik tombol 'Lanjut'. Selanjutnya akan tampil peringatan bahwa dokumen berhasil ditambahkan.

3 dari 3 halaman

Cara Bayar Pajak Motor atau Mobil di Tokopedia

Cara Bayar Pajak Motor di Tokopedia © Diadona

Pada aplikasi SIGNAL, kamu akan mendapatkan kode bayar untuk melakukan pembayaran pajak motor atau mobil di Tokopedia. Berikut ini adalah cara membayar pajak motor atau mobil di Tokopedia:

1. Buka laman website Tokopedia Samsat Online.
2. Masukan kode bayar yang kamu dapatkan dari aplikasi SIGNAL.
3. Klik tombol Beli/Bayar. Selanjutnya, akan muncul detail Tagihan SIGNAL yang harus kamu bayar. Kemudian klik tombol Lanjut.
4. Terakhir, pilih metode pembayaran melalui internet banking, kartu kredit, atau metode pembayaran instan seperti e-Pay BRI, Mandiri Clickpay, Klik BCA. Kamu juga bisa bayar langsung di Alfamart atau Indomaret. Dan yang paling menarik, kamu bisa bayar Tagihan SIGNAL melalui Tokopedia lewat metode cicilan.
5. Setelah pembayaran berhasil, silahkan dapat cek aplikasi SIGNAL untuk pengaturan pengiriman Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran (TBPKP).
6. Maksimal 30 hari untuk tukarkan struk dengan Surat Ketetapan Pajak Daerah (SKPD).

Itulah cara bayar pajak motor atau mobil di Tokopedia. Semoga membantu ya Diazens.

Beri Komentar