8 Cara Laptop Asus Agar Tidak Lemot, Mudah dan Patut Kamu Coba

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Kamis, 21 September 2023 09:11
8 Cara Laptop Asus Agar Tidak Lemot, Mudah dan Patut Kamu Coba
Cara laptop Asus tidak lemot, ternyata gampang banget!

Apabila kamu merasa performa laptopmu sudah tak seperti saat awal membeli alias menjadi lemot, kamu harus tahu cara laptop Asus tidak lemot lagi.

Laptop maupun perangkat teknologi lain performanya akan menurun setelah digunakan secara terus-menerus. Hal ini tentu membuat sebagian orang merasa frustasi apalagi ketika masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan di laptop. 

Mungkin kamu penasaran kenapa lemot lemot saat dinyalakan atau digunakan? Serta bagaimana cara laptop Asus tidak lemot lagi? Tenang aja Diazens, Diadona sudah mengulas beberapa cara agar laptop kamu bekerja optimal kembali. Check this out!

1 dari 7 halaman

Bersihkan Cache Secara Rutin © Diadona

Bersihkan Cache dan Sampah Secara Rutin

Laptop Asus yang lemot dapat disebabkan karena adanya penumpukan cache atau temporary files karena digunakan secara terus-menerus. Dilansir dari TechTarget, cache adalah tempat penyimpanan data sementara waktu dalam komputasi.

Berikut cara untuk menghapus cache agar laptop kamu tidak lemot lagi:

  • Pertama, buka File Explorer / File Manager di laptopmu.

  • Kemudian, cari harddisk (HDD) yang diinginkan, misalnya Drive C, Drive D, dan sebagainya.

  • Klik kanan, kemudian klik ‘properties’

  • Lalu, klik menu general, terakhir klik ‘Disk Cleanup’

Selain itu, kamu juga bisa menggunakkan aplikasi pihak ketiga yang dapat digunakan untuk menghapus cache, seperti CCleaner. 

2 dari 7 halaman

Uninstall atau Hapus Program Tidak Diperlukan © Diadona

Uninstall atau Hapus Program Tidak Diperlukan

Ketika menggunakan laptop, kamu mungkin mendownload aplikasi-aplikasi tertentu yang beberapa diantara nggak kamu pakai. Beberapa produk laptop juga dijual bersamaan dengan aplikasi bawaan atau bloatware yang sudah terinstall sebelumnya.

Aplikasi-aplikasi ini, khususnya yang berukurang hingga gigabyte, menghabiskan ruang RAM dan disk di laptop kamu hingga menjadi lemot. Untuk itu, salah satu cara laptop Asus tidak lemot lagi adalah dengan menghapus program-program tersebut. 

Berikut cara menghapus aplikasi di laptop Asus:

  • Pertama, Klik start > settings > Apps. Kamu juga dapat langsung mencari Apps di kolom pencarian Windows.

  • Kemudian, pilih Apps & Features.

  • Lalu, pilih aplikasi / program yang ingin kamu hapus.

  • Selanjutnya Klik ‘uninstall’ dan lakukan konfirmasi untuk mencopot pemasangan program tersebut.

  • Terakhir, tunggu hingga proses uninstall selesai.

 

3 dari 7 halaman

Gunakan Antivirus yang Ringan © Diadona

Gunakan Antivirus yang Ringan

Cara laptop Asus tidak lemot lainnya adalah menggunakan antivirus. Antivirus penting untuk mengatasi malware yang bisa saja nggak kamu sadari saat melakukan browsing situs-situs tertentu yang dapat membuat laptop menjadi semakin lemot.

Ingat, Usahakan kamu memasang antivirus yang terbaik namun masih terbilang ringan untuk menghindari segala virus dan malware. Sebenarnya, Windows telah memiliki perangkat antivirus bawaan untuk Windows 11, yaitu Windows Defender. Namun, apabila kamu ingin menambah perlindungan lain, kamu dapat menggunakan layanan antivirus pihak ketiga, seperti SMADAV.

Tambah Kapasitas RAM

Salah satu penyebab laptop Asus kamu lemot adalah kapasitas RAM yang cenderung kecil. RAM yang kecil cenderung kurang mampu menyimpan banyak data dari penggunaan aplikasi, file, dan sebagainya.

Cara laptop Asus tidak lemot selanjutnya adalah menambah kapasitas RAM, misalnya dari 4GB menjadi 8GB atau 16GB. Sebelum menambah RAM, kamu harus memastikan spesifikasi chipset RAM yang cocok di laptop Asus kamu dan berapa jumlah maksimal RAM yang dapat ditambahkan.

Saran Diadona, datangi profesional untuk melakukan penambahan kapasitas RAM agar tidak terjadi hal-hal lain yang dapat membuat laptop kamu semakin parah.

4 dari 7 halaman

Ganti Memori HDD ke SSD © Diadona

Ganti Memori HDD ke SSD

Penyebab laptop Asus kamu lemot mungkin karena masih menggunakan memori HDD (Hard Disk Drive) yang memang memiliki kecepatan yang cenderung lebih lambat dibandingkan SSD (Solid State Drive). 

Mengganti memori dari HDD ke SSD adalah salah satu cara laptop Asus kamu tidak lemot lagi. Memori SSD akan melakuka proses booting dengan lebih cepat karena tidak memiliki komponen yang bergerak di dalamnya. 

Namun, kamu harus berkonsultasi dengan profesional untuk mengganti memori laptop kamu karena biasanya harus membongkar bagian dalam laptop terlebih dahulu. Selain itu, nggak semua laptop yang menggunakan HDD memiliki ruang untuk ditambahkan SSD, jadi kamu harus pastiin dulu ya!

5 dari 7 halaman

Cooling Pad © Diadona

Menggunakan Cooling Pad

Selanjutnya, cara laptop Asus tidak lemot lainnya adalah menggunakan cooling pad. Mengingat, tidak semua perangkat laptop memiliki fitur pendingin atau pada laptop-laptop yang sudah lama, sehingga cepat panas ketika kamu membuka banyak aplikasi. 

Berdasarkan website Lenovo, cooling pad adalah sebuah perangkat tambahan yang befungsi untuk mengatur suhu laptop agar dapat berjalan dengan baik. Kamu dapat membeli cooling pad di berbagai platform e-commerce yang tersedia, atau membelinya langsung di toko elektronik.

Melakukan Defrag Hard Disk

Salah satu cara laptop Asus tidak lemot yang mungkin jarang diketahui adalah melakukan defrag pada hard disk laptop. Dilansir dari TechTarget, defrag adalah proses menata ulang data pada hard disk untuk penyimpanan dan akses yang efisien. 

Untuk melakukan defrag hard disk, kamu dapat mengikut langkah-langkah berikut:

  • Pertama, buka menu Start kemudian pilih pencarian di taskbar.

  • Kedua, cari ‘defrag’ hingga muncul Defragment and Optimize Drive.

  • Ketiga, klik ‘defragment tools’

  • Kemudian, pilih disk drive yang ingin kamu optimalkan, lalu klik tombol ‘optimize’

 

6 dari 7 halaman

Reset Windows © Diadona

Lakukan Reset Windows Jika Diperlukan

Cara laptop Asus tidak lemot lainnya yang dapat kamu coba adalah melakukan reset Windows. Perlu diingat, cara ini disarankan hanya untuk perangkat laptop yang sudah tua / berumur. 

Perangkat yang sudah tua biasanya memang menajdi lemot karena prosesor dan RAM yang digunakan sudah usang, sehingga kesulitan untuk menjalankan aplikasi yang ada di laptop kamu.

Sebelum melakukan reset, pastikan kamu sudah melakukan backup data terlebih dahulu untuk mencegah kehilangan data-data yang penting. Berikut langkah-langkahnya

  • Pertama, buka menu pencarian dan ketik kata kunci ‘Reset this PC’ lalu klik ‘Open’

  • Kemudian, di bagian ‘Reset this PC’ klik ‘Reset PC’.

  • Selanjutnya akan muncul layar biru ‘Choose an option’ yang menampilkan opsi apakah kamu ingin tetap menyimpan file kamu atau menghapus semuanya. Pilih opsi sesuai kebutuhan.

  • Selanjutnya, kamu akan diberikan opsi untuk memilih antara ‘local reinstall’ atau ‘cloud download’. Pilih sesuai kebutuhan.

  • Jika sudah, kamu dapat klik ‘Next’ untuk memastikan bahwa pilihan reset kamu sudah sesuai dengan keinginanmu sebelum lanjut ke reset.

  • Jika sudah, klik ‘reset’ untuk melakuka reset pada laptop kamu.

  • Terakhir, tunggu hingga proses reset selesai. Usahakan jangan sampai laptop kamu mati ketika proses reset sedang berlangsung.

Gimana Diazens? Gampang kan cara laptop Asus tidak lemot lagi. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Penulis: Starky

 

Beri Komentar