Cara Jualan di TikTok Shop untuk Pemula, Mudah Banget!

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 6 Oktober 2022 22:03
Cara Jualan di TikTok Shop untuk Pemula, Mudah Banget!
Nah, buat kamu yang mau memulai jualan di TikTok, coba ikutin cara di bawah ini deh!

TikTok menjadi salah satu platform media sosial yang populer di Indonesia. Berdasarkan data dari dataindonesia.id, platform untuk berbagi video pendek tersebut telah digunakan oleh 99,1 juta pengguna di Indonesia. Angka tersebut tentunya bukan angka yang sedikit untuk pengguna media sosial.

Selain sebagai platform berbagi video pendek, TikTok juga bisa menjadi platform untuk mencari penghasilan bagi user-nya. Salah satu fitur TikTok yang memungkinkan user-nya menghasilkan uang adalah TikTok Shop, sebuah fitur bagi user untuk berjualan di TikTok.

Namun, bagaimana cara berjualan di TikTok Shop? coba simak informasinya berikut ini kuy!

1 dari 6 halaman

TikTok Rilis Kampanye Mudik Online, Bentuk Kontribusi untuk Hambat Penyebaran COVID-19 © Diadona

Sebelum mengetahui cara jualan di TikTok Shop, ada baiknya kamu memahami apa itu TikTok Shop. Menurut situs Hootsuite, TikTok Shop adalah fitur social commerce yang memudahkan para penggunanya untuk berpromosi dan menjual produknya melalui aplikasi TikTok.

Fitur ini merespons adanya peningkatan penjualan produk secara online melalui aplikasi dan media sosial. Di samping itu, Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki prospek pertumbuhan niaga elektronik tertinggi di dunia.

Jadi, tak heran jika ada banyak pelaku usaha yang mengembangkan bisnisnya ke arah digital, salah satunya melalui TikTok Shop. Bagi kamu yang ingin mengetahui cara jualan di TikTok Shop, simak penjelasan berikut ini.

2 dari 6 halaman

Cara Jualan di TikTok Shop

tiktok © Diadona

Untuk berjualan lewat TikTok Shop, kamu perlu mempunyai akun yang bisa didaftarkan melalui Seller Center TikTok Shop. Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan agar kamu bisa berjualan di TikTok Shop.

  • Buka situs Seller Center TikTok Shop

Buka situs Seller Center TikTok Shop melalui peramban dengan mengunjungi laman https://seller-id.tiktok.com/account/welcome.

  • Daftarkan akun jualan

Setelah masuk ke halaman utama, pilih opsi ‘Sign Up With TikTok Account’ bila sudah mempunyai akun Tiktok untuk berjualan. Selain itu kamu juga bisa mendaftar dengan nomor telepon dan email dengan mengeklik ‘Sign Up with Phone & Email’ yang ada di laman utama.

3 dari 6 halaman

  • Ikuti instruksi

Selanjutnya, ikuti petunjuk yang diberikan pada situs Seller Center TikTok Shop tersebut.

  • Isi formulir

Setelah berhasil membuat akun, kamu akan diminta untuk mengisi formulir yang berkaitan dengan bisnis atau toko yang dimiliki beserta informasi pendukung lainnya.

  • Isi alamat dan kontak yang bisa dihubungi

Cantumkan juga informasi alamat toko atau bisnis kamu, nomor telepon, alamat email, dan lainnya. Pastikan semua kontak tersebut masih aktif.

4 dari 6 halaman

  • Isi informasi produk

Setelah itu, kamu akan diminta untuk mengisi informasi tentang nama toko, jenis bisnis, keterangan produk, dan lain-lain.

  • Isi registrasi bisnis

Langkah selanjutnya, isi registrasi bisnis yang kamu miliki agar mendapat verifikasi dari TikTok Shop. Tunggu Konfimasi dari TikTok
Setelah melakukan langkah-langkah di atas, tunggu hingga TikTok memberikan konfirmasi. Setelah TikTok memberi konfimasi, akun kamu baru bisa memperoleh fitur dari TikTok Shop untuk menjual produk yang dimiliki.

5 dari 6 halaman

Agar produk dilirik pengguna Tiktok, kamu bisa sering melakukan live streaming untuk mempromosikan produk-produk yang dijual. Di samping itu, para pembeli bisa membeli produk kamu secara langsung pada saat live streaming tersebut.

Demikian uraian tentang cara jualan di TikTok Shop. Sekarang kamu tak perlu bingung lagi jika ingin mulai berjualan karena TikTok Shop bisa mewadahi bisnismu. Semoga bermanfaat.

Beri Komentar