Cara Pakai ChatGPT di HP Android & iPhone, Langsung Sat Set Nggak Pakai Ribet!

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 17 Januari 2024 14:11
Cara Pakai ChatGPT di HP Android & iPhone, Langsung Sat Set Nggak Pakai Ribet!
Ternyata cara pakai ChatGPT di HP gampang banget, Diazens!

Sudah banyak alat AI atau kecerdasan buat yang bisa membantu berbagai pekerjaan kamu. Salah satu yang paling terkenal adalah ChatGPT, AI ini dinilai sangat canggih dalam menjalankan perintah penggunanya. Banyak orang belum sadar kalau ChatGPT bisa diakses melalui aplikasi HP, banyak yang belum tau cara pakai ChatGPT di HP. 

ChatGPT merupakan salah satu AI yang memungkinkan kamu menanyakan apa saja kepada bot untuk mendapatkan jawaban. Dilansir dari Forbes, ChatGPT adalah AI chatbot yang dibangun dengan dasar LLM (large language mode). Ini memungkinkan ChatGPT untuk bisa menerjemahkan bahasa manusia yang diinput.

Nah, kalau dulu ChatGPT hanya tersedia dalam versi web, sekarang sudah tersedia aplikasinya. Hal ini membuat kamu bisa akses ChatGPT dengan sangat mudah melalui HP. 

Lalu, gimana cara pakai ChatGPT di HP? Berikut Diadona telah mengulas lengkap caranya beserta tips-tips agar hasil ChatGPT kamu lebih maksimal.

1 dari 6 halaman

Cara Pakai ChatGPT di HP Melalui Browser

Cara Menggunakan ChatGPT di HP © Diadona

Cara paling pertama yaitu melalui browser HP kamu. Cara ini sangat mudah dilakukan karena kamu cuma butuh aplikais browser kamu berjalan dengan baik untuk membuka website ChatGPT.

Berikut cara pakai ChatGPT di HP melalui browser:

  • Pertama, buka aplikasi browser di HP kamu dan kunjungi situs https://chat.openai.com/
  • Kedua, lakukanlah login akun ChatGPT kamu. Jika belum punya, kamu bisa mendaftarkan akun menggunakan akun Google, Microsoft, ataupun Apple.
  • Ketiga, kalau sudah berhasil login, maka kamu sudah bisa mengetikkan perintah atau prompt di kolom chat yang tersedia.
  • Terakhir, ketik prompt atau perintah yang kamu inginkan dan tunggu ChatGPT menjawab secara otomatis.

2 dari 6 halaman

Cara Pakai ChatGPT di HP Android

Cara Menggunakan ChatGPT di HP © Diadona

Selain menggunakan website, ChatGPT juga tersedia dalam versi aplikasi. Aplikasi ChatGPT memudahkan kamu untuk akses tanpa harus ribet buka browser. Bagi pengguna Android, berikut cara pakai ChatGPT di HP Android:

  • Pertama, download dan install aplikasi ChatGPT melalui Google Playstore.
  • Kedua, jika sudah terinstal, buka dan jalankan aplikasi ChatGPT.
  • Ketiga, lakukan login akun ChatGPT kamu. Kalau belum punya, kamu bisa mendaftarkan akun menggunakan Google, Apple, atau email lainnya.
  • Keempat, jika sudah login, klik Continue pada tampilan selamat datang.
  • Jika sudah, maka ChatGPT di HP sudah bisa kamu gunakan untuk memasukkan perintah.
  • Terakhir, cobalah untuk menginput perintah dan ChatGPT akan menjawab secara otomatis.

3 dari 6 halaman

Cara Pakai ChatGPT di HP iOS

Cara Menggunakan ChatGPT di HP © Diadona

Untuk pengguna iPhone, aplikasi ChatGPT juga tersedia di Appstore. Cara menggunakannya juga sebenarnya sama dengan HP Android. Kamu hanya perlu mendownload aplikasi ChatGPT via Appstore dan melakukan login atau daftar akun jika belum punya.

Kalau sudah berhasil login, kamu sudah bisa menggunakan aplikasi ChatGPT selayaknya menggunakan di website. Masukkan perintah atau prompt yang kamu inginkan, maka bot ChatGPT akan membalas secara otomatis.

4 dari 6 halaman

Cara Pakai ChatGPT di HP Agar Maksimal

Cara Menggunakan ChatGPT di HP © Diadona

Nah, menggunakan ChatGPT memang terbilang sangat mudah. Namun, banyak orang kadang merasa jawaban ChatGPT kurang memuaskan atau terlalu kaku. Sebenarnya ada tips khusus biar hasil jawaban ChatGPT bisa lebih maksimal.

Dilansir dari zdnet, semakin baik prompt yang kamu ketik, akan semakin baik juga respon dari bot ChatGPT. Jadi, kamu perlu memerhatikan prompt perintah yang kamu gunakan dalam ChatGPT. 

Berikut beberapa tips cara pakai ChatGPT di HP maupun laptop agar hasilnya bagus sesuai prompt.

Posisikan Bot Dengan Jelas

Saat kamu ingin menuliskan prompt, hal pertama yang bisa kamu lakukan yaitu menjelaskan posisi bot sebagai apa. Misalnya, kamu ingin menanyakan ide konten instagram dalam seminggu. Kamu bisa menuliskan “ Anda adalah seorang spesialis media sosial dengan 5 tahun pengalaman”.

Dengan ini, bot akan memiliki posisi yang relevan dan hasil jawabannya akan lebih terkesan profesional. 

Buat Prompt yang Jelas & Spesifik

Setelah meposisikan, tulislah prompt yang kamu inginkan secara spesifik dan detail. Kalau kamu pengen buat esai, tulislah topik, judul, tata bahasa, jumlah kata, hingga referensi secara lengkap. Semakin detail perintah, semakin bagus juga hasil jawabannya.

Lakukan Trial and Error

Hasil jawaban ChatGPT mungkin nggak selalu bagus pada percobaan pertama. Untuk itu, kamu bisa mencoba kembali dengan menambahkan prompt apabila kamu merasa jawaban yang diberikan kurang memuaskan.

Gunakan Referensi Sendiri

Untuk keperluan akademik atau profesional, sangat disarankan kamu sudah punya referensi sendiri sebelum meminta ChatGPT menulis sesuatu. Hal ini membuat hasil jawaban akan mengacu pada referensi yang kam berikan, tidak pada sumber acak di internet.

Perhatikan Tata Bahasa dan Gaya Penulisan

Sebagai sebuah robot, sangat mungkin ChatGPT akan menghasilkan tulisang yang kaku dan terlalu formal. Untuk itu, kamu bisa memasukkan prompt terkait gaya bahasa apa yang kamu butuhkan, misalnya formal, semiformal, atau santai.

5 dari 6 halaman

Apakah ChatGPT Bisa Pakai Bahasa Indonesia?

Cara Menggunakan ChatGPT di HP © Diadona

Kamu mungkin bertanya, apakah ChatGPT bisa gunakan dalam bahasa Indonesia? Jawabannya sudah pasti bisa. ChatGPT adalah AI yang mendukung berbagai bahasa termasuk bahasa Indonesia.

Jadi, kalau kamu ingin menggunakan ChatGPT dalam bahasa Indonesia, kamu bisa memasukkan prompt menggunakan bahasa Indonesia juga. Namun, kalaupun kamu menggunakan prompt bahasa Inggris, kamu bisa menggunakan fitur translate di Google Chrome untuk menjadikannya berbahasa Indonesia. 

Gimana Diazens? Sudah paham kan gimana cara pakai ChatGPT di HP baik melalui browser maupun aplikasi. Kalau pengen pakai ChatGPT, jangan lupa perhatiin beberapa tips tadi biar jawaban botnya lebih memuaskan. 

Penulis: Starky

Beri Komentar