Cara Daftar Maxim Driver Lengkap dengan Syaratnya, Semua Serba Online dan Gratis

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 6 November 2023 10:15
Cara Daftar Maxim Driver Lengkap dengan Syaratnya, Semua Serba Online dan Gratis
Hanya hitungan menit, ini cara daftar maxim driver

Cara daftar Maxim driver dibutuhkan apabila ingin mendapatkan penghasilan dengan menawarkan jasa ojek atau taxi online. Ojek online adalah salah satu hal yang sangat dibutuhkan banyak orang. 

Saat ini, kita sangat dimudahkan dengan kehadiran aplikasi transportasi online yang menyediakan jasa taxi dan ojek secara online. Aplikasi seperti ini memudahkan orang untuk berpindah tempat dengan satu klik. Ada banyak aplikasi ojek online yang dikenal masyarakat saat ini, salah satunya Maxim. 

Maxim adalah salah satu aplikasi transportasi online yang menawarkan jasa akomodasi secara online. Dilansir dari Kompas, Maxim adalah perusahaan besar asal Rusia yang kemudian mulai masuk ke Indonesia pada tahun 2019. Maxim terkenal karena tarif minimum yang disetting di bawah Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 348. 

Karena cukup populer, Maxim mulai dijadikan ladang pekerjaan bagi sebagian orang. Banyak yang kemudian bekerja menawarkan jasa taxi dan ojek sebagai driver. Persyaratan dan cara daftar Maxim driver juga terbilang cukup mudah.

Berikut Diadona akan memberikan ulasan terkait cara daftar Maxim driver lengkap dengan apa saja persyaratannya.

1 dari 4 halaman

Persyaratan Cara Daftar Maxim Driver

 

Cara Daftar Maxim Driver © Diadona

Sebelum ke bagaimana cara daftar Maxim driver, kamu perlu menyiapkan dulu beberapa persyaratan untuk mendaftar. Berikut adalah persyaratan daftar Maxim Driver untuk mobil dan motor:

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP)

  2. Surat Izin Mengemudi (SIM) sesuai dengan kualifikasi motor atau mobil yang kamu daftarkan.

  3. Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang asli dan sah

  4. Foto diri yang jelas

  5. Foto kendaraan (motor atau mobil) yang akan didaftarkan dari tampak depan dan tampak belakang.

  6. Smartphone Android ataupun iPhone yang kompatibel dengan aplikasi Maxim.

  7. Punya kendaraan yang punya kondisi prima, baik mobil atau motor.

  8. Alamat email dan nomor handphone aktif.

Jadi, sebelum mendaftar, usahakan kamu sudah mempersiapkan persyaratan-persyaratan di atas.

2 dari 4 halaman

Cara Daftar Maxim Driver Motor dan Mobil

Cara Daftar Maxim Driver © Diadona

Setelah menyiapkan persyaratan, kamu bisa mendaftar Maxim driver via laman web resmi Maxim. Berikut adalah langkah-langkahnya!

  • Pertama, buka website resmi Maxim melalui https://id.taximaxim.com/

  • Kedua, kamu akan diminta untuk memilih lokasi wilayah tempat kamu ingin mendaftar. Pilihlah kota lokasi wilayah pendaftaran yang sesuai.

  • Ketiga, klik tombol titik tiga yang ada di pojok kiri atas layar website Maxim. Kemudian, pilih opsi menu ‘Untuk Pengemudi’.

  • Keempat, klik tombol daftar berwarna kuning.

  • Kelima, masukkan nomor handphone aktif dan pastikan lokasi wilayah sudah benar. Lalu, klik berikutnya.

  • Keenam, masukkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS ke nomor handphone yang kamu daftarkan.

  • Ketujuh, masukkan data diri sesuai KTP, mulai dari nama lengkap, tanggal lahir, serta email aktif. Kemudian klik berikutnya.

  • Kedelapan, masukkan data Surat Izin Mengemudi (SIM) kamu beserta masa aktifnya.

  • Kesembilan, pilih kualifikasi kendaraan yang kamu ingin daftarkan, yaitu motor atau mobil. Setelah itu, masukkan juga data kendaraan, yaitu jenis, tahun, dan nomor plat.

  • Kesepuluh, klik tombol berikutnya untuk menyelesaikan pendaftaran formulir. Setelah ini kamu akan menerima SMS dari pihak Maxim yang berisi kode dan password untuk login aplikasi Maxim driver.

  • Terakhir, download aplikasi Taxsee Driver dari Google Playstore ataupun Appstore. Lalu, lakukan login pakai kode yang kamu dapat dari SMS. Maka, kamu sudah bisa menerima orderan sebagai driver Maxim.

Nah, untuk mulai menerima orderan ojek atau taxi online. Driver butuh untuk top-up saldo driver. Kamu bisa melakukan top-up saldo dengan berbagai cara sesuai yang disediakan oleh pihak Maxim.

3 dari 4 halaman

Apakah Daftar Maxim Driver Gratis?

Cara Daftar Maxim Driver © Diadona

Ya, seluruh proses pendaftaran Maxim driver tidak dipungut biaya apapun alias gratis ya Diazens. Seluruh proses pendaftaran juga dilakukan secara online dan hanya melalui website Maxim yaitu https://id.taximaxim.com/. Jadi, kalau ada informasi atau permintaan bayar selagi mendaftar, coba cek ualgn website atau pihak tersebut karena bisa jadi penipuan.

Ketentuan Khusus Jadi Driver Maxim

Dilansir dari website Maxim, ada beberapa ketentuan atau anjuran yang perlu kamu taati saat menjadi driver Maxim. Maxim sendiri mengatakan bahwa kamu perlu menjaga kendaraan dalam kondisi baik, memperhatikan kebersihan kabin, serta mengisi bensin tepat waktu.

Selain itu, kamu juga harus bersikap sopan, berperilaku pantas, dan mampu bersikap bijak dalam situasi konflik. Kemudian, akan lebih kalau kamu selalu menyiapkan uang kembalian dan mengingatkan penumpang agar barang bawaan mereka tidak ketinggalan.

4 dari 4 halaman

Perhitungan Tarif Maxim

Kalau kamu penasaran gimana Maxim menghitung tarif orderan. Apalagi, Maxim digadang-gadang punya tarif minimum di bawah peraturan pemerintah. Maxim sendiri menjelaskan bahwa harga satu perjalanan dihitung dari beberapa parameter, yaitu harga bahan bakar, biaya service, asuransi, dan perawatan kendaraan.

Selain itu, harga juga dipertimbangkan berdasarkan permintaan dan penawaran, persaingan, dan tarif angkut di setiap kota masing-masing. Tak jarang juga Maxim memberikan komisi bagi driver jika berhasil mencapai presentasi tertentu yang ditentukan.

Tips Bekerja Sebagai Driver Maxim

Kalau kamu tertarik menjadi driver Maxim dan menawarkan jasa ojek atau taxi online kepada orang lain, berikut adalah beberapa tips simple agar kamu jadi driver yang maksimal.

  1. Selalu memperhatikan kebersihan diri dan kendaraan. Hal ini sangat penting untuk membuat customer kamu nyaman. Cobalah untuk selalu bersih dan wangi, serta pastikan kendaraan yang kamu gunakan tidak jorok.

  2. Bersikap ramah dan profesional. Mungkin kamu banyak melihat komplain customer yang mengatakan bahwa banyak driver ojol tidak ramah, sinis, dan menyusahkan. Ini akan mempengaruhi performa kamu sebagai driver.

Demikian ulasan terkait cara daftar Maxim driver serta apa saja persyaratan yang harus kamu siapkan. Selain itu, ada juga beberapa ulasan yang mungkin bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan kamu.

Semoga bermanfaat ya, Diazens!

Penulis: Starky

Beri Komentar