Cara Beli iPhone Second yang Berkualitas, Jangan Sampai Keliru dan Tertipu

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 19 Oktober 2022 14:00
Cara Beli iPhone Second yang Berkualitas, Jangan Sampai Keliru dan Tertipu
Cara beli iPhone bekas ini memang cukup rumit. Tapi nggak papa demi dapat HP yang bagus juga hehe

Membeli iPhone second adalah solusi yang tepat buat kamu yang belum bisa membeli yang baru. Tapi ya tetap pastikan iPhone yang hendak kamu beli itu punya kualitas yang bagus. Biar nggak sampai keliru, ada beberapa cara beli iPhone second yang bisa kamu terapkan.

Cara beli iPhone second ini memang sedikit rumit ya. Tapi, ini juga berguna banget kok agar kamu nggak sampai membeli iPhone yang sudah tidak layak. Ya, resiko beli barang bekas ya gini, harus teliti.

Diadona dari berbagai sumber telah merangkum cara beli iPhone second dari berbagai sumber. Meskipun agak rempong dikit nggak papa ya, demi dapat iPhone sesuai kebutuhan. Yuk simak cara-caranya di bawah ini.

1 dari 6 halaman

1. Pastikan iPhone Menyala dengan Baik

Cara Beli iPhone Second © Diadona

Cara beli iPhone second yang pertama dan yang paling uatam adalah pastikan iPhone bisa menyala dengan baik. Kamu bisa mengecek ini dengan mematikan iPhone dan menyalakannya lagi dengan menekan tombol Power. Pastikan iPhone itu bisa masuk ke layar home saat selesai booting.

Jika saat booting hanya berhenti pada logo Apple dalam waktu yang lama, bisa jadi iPhone tersebut bermasalah. Ingat ya, ini langkah dasar, jika sudah bermsalah di langkah ini mending cari yang lain lagi.

2. Pastikan Apple ID Aman

Lalu, cara beli iPhone second yang kedua adalah dengan mengecek Apple ID. Pastikan dalam HP tersebut tidak ada Apple ID yang tertaut.

Jika masih ada Apple ID yang masih tertaut, kamu akan sangat kesulitan mengoperasikan. Bahkan hal sesederhana mendownload aplikasi akan tidak bisa kamu lakukan.

2 dari 6 halaman

3. Cek Activation Lock

Cara Beli iPhone Second © Diadona

Jadi, fitur activation lock ini adalah fitur yang dibuat khusus oleh Apple untuk membantu penggunanya agar orang lain tidak menggunakan perangkat saat hilang atau dicuri. Secara tidak langsung fitur ini bisa menjadi patokan bahwa iPhone tersebut bukan barang curian.

Tentu saja dengan mengecek fitur lock ini akan menjadi cara membeli iPhone second yang aman. Karena, fitur Activation Lock akan aktif secara otomatis bila pengguna menghidupkan fitur Find My iPhone. Jika pengguna sebelumnya tidak menonaktifkannya, maka kamu tidak akan bisa masuk ke iPhone tersebut tanpa Apple ID mereka.

Cara ceknya adalah dengan masuk ke Settings > General > Reset > Erase All Content and Settings. Kemudian masukkan SIM card, dan mulailah proses aktivasi. Jika iPhone tersebut meminta Apple ID dan password, itu artinya activation lock masih diaktifkan.

4. Cek Konektivitas

Cara beli iPhone second yang selanjutnya adalah dengan mengecek konektivitas pada smartphone tersebut. Wifi, jaringan seluler, bluetooth pastikan semuanya berfungsi normal. Jika tidak, siap-siap kamu akan menggunakan iPhone yang nggak berguna.

3 dari 6 halaman

5. Cek Sensor pada iPhone

Cara Beli iPhone Second © Diadona

Kemudian cara beli iPhone second yang nggak kalah penting adalah dengan mengcek sendor yang tersemat pada HP. Semua sensor seperti proximity, gyroscope, haptic, Face ID atau Touch ID dan lainnya pastikan berfungsi dengan baik.

6. Cek Kondisi Layar

Lalu juga jangan lupa untuk mengcek kondisi layar. Sekalian juga cek kondisi respon dari respon touch screennya. coba fungsi layar iPhone dengan mengusapnya di semua sisi. Apabila terdapat sisi yang tidak merespon maka kemungkinan layar iPhone mengalami gangguan.

Di cara beli iPhone second ini pastikan kondisi layar sangat baik dengan tidak adanya bercak apapun. Pasalnya bercak pada layar adalah indikasi kerusakan.

4 dari 6 halaman

7. Cek Fitur-fitur Utama

Cara Beli iPhone Second © Diadona

Cara beli iPhone second yang selanjutnya adalah dengan mengecek fitur-fitur utama seperti kamera depan belakang, port charger, kemudian tombol, power atau home kaualu ada. Speaker dan juga mic harus kamu cek ya.

Biar nggak bingung, nih cara ini bisa kamu lakukan:

  • Layar: masuklah ke Notes atau Settings, pastikan layar benar-benar putih. Jika ada sedikit rona pink atau warna lainnya, berarti ada yang tidak beres. Pastikan pula touchscreen berfungsi dengan smooth;
  • Port: coba semua port yang ada. Pastikan headphone dan tempat charging berfungsi dengan baik. Tak ada salahnya mencoba dengan lebih dari satu kabel;
  • Kamera: coba semua bagian dan fitur kamera yang ada. Jika memungkinkan, bandingkan kualitasnya dengan kamera HP lain yang sepadan. Pastikan pula tidak ada goresan pada lensa;
  • Tombol: home button, tombol kunci, dan volume harus kamu coba, apalagi untuk iPhone yang dilengkapi dengan Touch ID;
  • Speaker dan mikrofon: kamu bisa mengetesnya melalui aplikasi Voice Memo dan Siri.

5 dari 6 halaman

9. Cek Kondisi Baterai

Cara Beli iPhone Second © Diadona

Cara beli iPhone second yang selanjutnya adalah dengan mengecek kondisi baterai. Semuanya ya, mulai dari battery health atau konsumsi daya.

Untuk battery health kamu bisa lihat di pengaturan baterai. Kalau untuk konsumsi daya kamu bisa tes dengan menggunakannya beberapa waktu apakah boros atau tidak.

10. Pastikan Masih Mendapatkan Pembaruan Software

Terakhir cara beli iPhone second adalah pastikan mendpaatkan pembaruan software ya. Pasalnya, kalau tidak dalam beberapa waktu ke depan iPhone akan tidak bisa digunakan untuk beberapa hal.

Selain beberap acara di atas kamu juga bisa mengecek beberapa hal penting lain seperti IMEI dari HP tersebut, lalu asal-usul apakah HP tersebut iBox, Inter, atau pun Distributor.

Jadi itulah beberapa cara beli iPhone second yang bisa kamu terapkan kalau kamu sedang hunting iPhone bekas. Ya pokoknya yang teliti aja dan jangan tergesa-gesa. Gitu aja deh ya hehehe.

Beri Komentar