7 Cara Atasi Memori HP Penuh dengan Mudah dan Cepat

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 17 Oktober 2022 13:03
7 Cara Atasi Memori HP Penuh dengan Mudah dan Cepat
Cara atasi memori HP penuh ini nggak pakai ribet kok guys

Handphone atau smartphone kekinian mungkin sudah tidak begitu familiar dengan memori penuh. Beda dengan smartphone jadul yang dikit-dikit memorinya penuh. Lantas, bagaimana cara atasi memori HP penuh?

Bagi pengguna HP jadul mungkin sudah hafal betul cara-caranya. Tapi tidak menutup kemungkina masih ada yang belum tahu cara atasi memori HP penuh yang mudah dan cepat. Ini juga berguna bagi smartphone modern yang tidak mempunyai kapasitas memori yang besar.

Diadona telah merangkumc ara atasi memori HP penuh dari beberapa sumber. Berikut ini adalah beberapa cara atau tipsnya yang bisa kamu lakukan. Yuk simak deretan tips dan caranya di bawah ini.

1 dari 4 halaman

1. Hapus Aplikasi yang Tidak Perlu

Cara Atasi Memori HP Penuh © Diadona

Cara atasi memori HP penuh yang pertama tentu saja dengan menghapus atau uninstall aplikasi yang tidak berguna. Apalagi aplikasi yang memiliki ukuran yang cukup besar. Pasalnya ini hanya akan memakan ruangmemori jika tidak hapus atau di-uninstall.

2. Bersihkan Cache

Yang kedua untuk cara atasi memori HP penuh adalah dengan rutin membersihkan cache. Cache ini adalah file sampah pada handphone yang juga cukup memakan ruang penyimpanan jika tidak dibersihkan secara rutin.

Caranya gampang kok:

  • Buka menu Pengaturan.
  • Masuk ke menu Apps
  • Pilih aplikasi yang ingin kamu hapus cache-nya.
  • Klik Clear Cache pada menu App Info.

2 dari 4 halaman

3. Pindah Foto, Video, Lagu, ataupun Data

Cara Atasi Memori HP Penuh © Diadona

Meski saat ini zamannya serba streaming tapi masih ada orang yang lebih suka menikmati hasil download. Sayangnya, video, foto, atau lagu hasil download an akan memakan ruang penyimpanan.

Solusinya, untuk atasi memori HP penuh kamu bisa memindahkan file-file yang telah kamu download tersebut ke laptop atau PC. Bisa juga kamu pindahkan ke memori eksternal.

4. Jangan Gunakan Aplikasi Pembersih RAM

Umunya, pengguna awam akan menginstall aplikasi pembersih RAM untuk menjaga performa HP. Tapi, nggak jarang loh aplikasi pembersih RAM ini justru membebani performa atau kinerja HP.

Jadi, cara atasi memori HP penuh adalah dengan tidak menginstall aplikasi tersebut. Cukup pakai cara manual saja untuk membersihkan RAM yakni dengan membersihkan aplikasi yang berjalan namun tidak digunakan.

3 dari 4 halaman

5. Matikan Auto Download dan Auto Update

Cara Atasi Memori HP Penuh © Diadona

Cara atasi memori HP penuh yang selanjutnya yaitu dengan tidak mengaktifkan fitur auto download dan juga auto update. Auto download di WhatsApp ini bisa memakan ruang penyimapanan loh, apalagi kalau yang di-download file berukuran besar.

Auto update aplikasi juga akan memakan ruang penyimpanan. Jadi, update aplikasi jika memang sedang dibutuhkan saja.

6. Gunakan Memori Eksternal

Menggunakan memori eksternal atau micro SD juga bisa jadi cara atasi memori HP penuh kok. Tapi ya gunakan sesuai kapasitas saja. Tidak perlu menggunakan memori yang besar banget, yang ada nanti malah lemot HP-nya hehe.

4 dari 4 halaman

7. Factory Reset

Cara terakhir untuk atasi memori HP penuh adalah dengan melakukan factory reset. Tapi ingat ya, ini akan menghapus semua file dan data yang ada di smartphone kamu. Jadi siapkan dulu back-upnya dengan baik.

Ya, itulah beberapa cara atasi memori HP penuh yang bisa kamu lakukan. Semoga kamu yang masih butuh cara ini segera bisa mendapatkan smartphone baru yang nantinya tidak perlu menggunakan cara ini lagi haha.

Beri Komentar