Cara Agar Baterai iPhone Awet Tahan Lama, Bisa Banget Kamu Coba nih!

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 19 Oktober 2022 11:00
Cara Agar Baterai iPhone Awet Tahan Lama, Bisa Banget Kamu Coba nih!
Cara agar baterai iPhone awet dan tahan lama nih guys? siapa yang sudah mencari-cari?

iPhone menjelma menjadi produk smartphone yang banyak sekali di gunakan di berbagai negara. Selain karena brang yang sudah terpercaya, kualitasnya juga sudah banyak diakui. Palingan hanya minus di baterai yang borosnya minta ampun. Tapi tenang, ada kok cara agar baterai iPhone awet.

Cara agar baterai iPhone awet ini hanya butuh disiplin saja kok. Kamu nggak perlu beli ini itu untuk membuat baterai iPhone kamu awet. Misal, jangan pakai charger sembarangan dan selalu gunakan yang original dan juga upsdate perangkat lunak secara rutin.

Ada juga yang cukup berpengaruh pada keawetan baterai iPhone yaitu battery health. Pengguna iPhone pasti sudah paham banget. Biar sekalian, nih aku kasih cara agar baterai iPhone awes sekaligus cara menjaha baterai health-nya. Yuk simak cara-caranya di bawah ini.

1 dari 6 halaman

Cara Agar Baterai iPhone Awet

Cara Agar Baterai iPhone Awet © Diadona

Berikut ini adalah beberapa cara agar baterai iPhone awet digunakan. Awet di sini maksudnya adalah daya yang tidak gampang terkuras ya. Kalau masalah battery health kita bahas di bawah ya!

Atur Tingkat Kecerahan Layar

Meski terlihat remeh, kecerahan ini berpengaruh pada keawetan daya baterai loh. Nah salah satu cara agar baterai iPhone awet adalah dengan mengatur tingkat kecerahan layar ini.

Jadi, lebih baik redupkan saja layar iPhone kamu. Kamu juga bisa menonaktifkan menonaktifkan Auto-Brightness. Jika tidak, fitur ini akan secara otomatis meningkatkan kecerahan layar ketika di bawah cahaya matahari yang cerah.

Aktifkan Dark Mode

Selain biar enak dilihat, dark mode pada iPhone ini juga meruapakn cara agar baterai iPhone awet. Cara ubah ke Dark Mode adalah masuk ke Setting > Display & Brightness > pilih Dark. Hal ini bisa menjadi salah satu cara menghemat baterai iPhone.

2 dari 6 halaman

Low Power Mode

Cara Agar Baterai iPhone Awet © Diadona

Low Power Mode adalah fitur yang bekerja dengan baik dalam menghemat baterai. Ketika pengguna mengaktifkan Low Power Mode, sejumlah fitur iPhone dinonaktifkan. Kamu bisa mengaktifkan mode ini dengan masuk ke Setting > Battery > Low Power Mode.

Batasi Akses Lokasi

Setiap aplikasi yang membutuhkan akses lokasi akan mengonsumsi baterai. Kamu bisa mengatur akses lokasi pada pengaturan atau lebih simplenya matikan fitur lokasi yang ada di shortcut.

Hindari Aplikasi yang Boros Baterai

Seperti yang sudah diketahui para pengguna iPhone, iPhone mengumpulkan data tentang aplikasi-aplikasi yang menghabiskan banyak baterai. Untuk memeriksanya, buka Setting > Battery. Bagian ini akan memberi tahu ke pengguna, berapa banyak baterai yang digunakan aplikasi tertentu dalam 24 jam dan 10 hari terakhir.

Nah, jika kamu melihat Background Activity, di bawah nama aplikasi, artinya aplikasi tersebut menghabiskan baterai iPhone meski kamu tidak menggunakannya secara aktif. Untuk mencegahnya, kamu harus mematikan Background App Refresh untuk aplikasi, melalui Setting > General > Background App Refresh.

3 dari 6 halaman

Cara Agar Battery Health iPhone Awet

Cara Agar Baterai iPhone Awet © Diadona

Setelah mengetahui cara agar baterai iPhone awet ada yang cukup penting diketahui terlebuh dahulu yaitu cara biar battery health iPhone awet. Caranya nggak ribet kok dan nggak butuh alat bantuan khusus. Kuncinya disiplin hehehe.

Gunakan Charger Original

Cara yang pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan selalu menggunakan charger original. Hal ini dikarenakan charger orisinal punya output daya yang dirancang sesuai dengan kemampuan baterai iPhone.

Saat ini kamu bisa menggunakan charger di pasaran yang bersertifikat MFI atau Made for iPhone. Jadi, ini adalah kerja sama Aplle dan vendor untuk memenuhi kebutuhan charger original iPhone.

4 dari 6 halaman

Jangan Gunakan iPhone saat Dicas

Cara Agar Baterai iPhone Awet © Diadona

Cara ini juga nggak lah penting ya guys. Menggunakan iPhone saat dicas hanya akan membuat kondisi iPhone panas. Nah, panas ini lah yang akan berdampak buruk pada battery health iPhone milik kamu.

Isi Daya Hingga 80% Saja

Kamu tahu nggak sih, kalau iPhone itu lebih baik diisi dengan tidak sampai penuh 100%. Apalagi kalau iPhone tersebut digunakan secara intens sehari-harinya.

Jadi, Penggunaan intens seperti bermain game atau merekam video dalam waktu lama bisa membuat temperatur iPhone naik, kemudian ditambah mengisi daya dalam waktu yang cukup lama, tentu bakal membuat temperatur iPhone jadi semakin meningkat.

5 dari 6 halaman

Hindari Paparan Suhu Ekstrem

Cara Agar Baterai iPhone Awet © Diadona

Untuk menjaga baterai health iPhone yang selanjutnya adalah dengan tidak menempatkan iPhoe pada suhu yang panas. Hal ini akan membuat battery helath iPhone akan turun dengan drastis.

iPhone dirancang untuk beroperasi dengan baik dalam kisaran suhu dari 16 derajat hingga 22 derajat celcius. Ya mungkin jika sekali dua kali nggak masalah, tapi kalau sampi sering itu yang menjadi masalah.

Update Perangkat Lunak secara Rutin

Perangkat lunak akan selalu hadir untuk memaksimalkan performa iPhone termasuk baterai. Contoh yang paling nyata adalah pembaruan sistem operasi mulai versi iOS 13 dan yang lebih baru.

Dalam pembaruan tersebut, Apple menghadirkan fitur yang memungkinkan iPhone berhenti mengisi baterai secara otomatis saat kondisi dayanya sudah 80 persen, apabila perangkat sedang dipakai secara intens.

Beri Komentar